makanan khas malaysia
freepik.com

makanan khas Malaysia yang kaya akan cita rasa dan keunikan

Posted on

Malaysia merupakan negara yang kaya akan keanekaragaman budaya dan makanan khas yang bisa dijumpai di seluruh penjuru negara ini.

Jika Anda berkunjung ke Malaysia, jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipi beberapa makanan khas yang bisa memanjakan lidah Anda.

Nasi Lemak

Nasi lemak salah satu makanan khas Malaysia yang terdiri dari nasi yang dimasak dengan santan dan dibungkus dengan daun pisang.

Biasanya disajikan dengan ikan teri, telur, kacang tanah, acar timun, dan sambal. Kombinasi bahan-bahan tersebut memberikan cita rasa yang unik dan lezat.

Anda bisa mencari nasi lemak di seluruh penjuru Malaysia, tetapi beberapa tempat yang terkenal dengan nasi lemak-nya adalah Warung Pak Nasi Lemak di Kuala Lumpur dan Nasi Lemak Antarabangsa di Ampang.

Mee Goreng Mamak

Mee goreng mamak adalah makanan khas India-Muslim yang menjadi populer di Malaysia. Makanan ini dibuat dengan mie telur yang digoreng dengan bumbu rempah khas India seperti kari dan cabai.

Biasanya ditambahkan dengan tauge, udang, daging ayam atau kambing, telur, dan kerupuk. Anda bisa menemukan mee goreng mamak di berbagai kedai mamak di seluruh Malaysia.

Laksa

Makanan khas Malaysia ini terdiri dari mie atau vermicelli yang disajikan dengan kuah kental dan pedas. Kuahnya terbuat dari santan, rempah kari, udang kering dan tambahkan tauge, daun bawang serta irisan bawang merah.

Beberapa jenis laksa yang terkenal di Malaysia antara lain laksa Penang, laksa Johor, dan laksa Sarawak.

Anda bisa menemukan laksa di seluruh Malaysia, tetapi jika Anda ingin mencicipi laksa yang terkenal, Anda bisa mencarinya di Restoran Penang Road Famous Teochew Chendul di Penang atau Restoran Laksa Sarawak di Kuching.

Artikel Menarik:  Makanan Khas NTB: Kelezatan Kuliner Lombok dan Sumbawa

Rendang

Rendang adalah masakan khas Minangkabau yang menjadi populer di seluruh Indonesia dan Malaysia. Makanan ini terbuat dari daging sapi yang dimasak dengan rempah khas Indonesia seperti serai, lengkuas, cabai, dan santan.

Memasak membutuhkan waktu yang cukup lama hingga kuahnya menyusut dan bumbunya meresap ke dalam daging.

Rendang biasanya disajikan dengan nasi putih atau ketupat. Beberapa tempat yang terkenal dengan rendang-nya di Malaysia antara lain Restoran Rebung Chef Ismail di Kuala Lumpur dan Restoran Sari Ratu di Johor Bahru.

Satay

Satay terdiri dari potongan daging yang ditusuk dengan tusuk sate dan dibakar dengan arang. Biasanya disajikan dengan bumbu kacang atau saus kecap pedas.

Beberapa jenis daging yang biasa digunakan untuk satay antara lain daging sapi, daging ayam, dan daging kambing.

Anda bisa menemukan satay di seluruh penjuru Malaysia, tetapi beberapa tempat yang terkenal dengan satay-nya adalah Satay Kajang Haji Samuri di Selangor dan Satay Station di Kuala Lumpur.

Roti Canai

Roti canai adalah makanan khas India yang menjadi populer di Malaysia. Dimana terbuat dari adonan tepung terigu yang digiling dan diputar-putar hingga tipis. Biasanya roti ini disajikan dengan kuah kari atau daging, atau bisa juga dimakan dengan sambal atau selai.

Anda bisa menemukan roti canai di seluruh penjuru Malaysia, tetapi beberapa tempat yang terkenal dengan roti canai-nya adalah Restoran Raju di Kuala Lumpur dan Roti Canai Beratur di Penang.

Asam Pedas

Asam pedas salah satu masakan khas Melayu yang menjadi populer di Malaysia. Masakan ini terbuat dari ikan atau daging yang dimasak dengan bumbu asam dan pedas. Beberapa bahan yang biasa digunakan untuk membuat asam pedas antara lain belimbing wuluh, tomat hijau, dan bunga kantan.

Artikel Menarik:  Kerajaan Waigeo: Menelusuri Sejarah dan Budaya

Anda bisa menemukan asam pedas di seluruh penjuru Malaysia, tetapi beberapa tempat yang terkenal dengan asam pedas-nya adalah Restoran Asam Pedas Selera Kampung di Melaka dan Asam Pedas Claypot di Johor Bahru.

Nasi Kerabu

Makanan khas Malaysia yang terakhir ini terdiri dari nasi yang dimasak dengan bunga telang yang memberikan warna biru pada nasi. Biasanya disajikan dengan sayur-sayuran seperti kobis, tauge, dan ulam-ulaman, serta daging atau ikan.

Anda bisa mencari nasi kerabu di seluruh penjuru Malaysia, tetapi beberapa tempat yang terkenal dengan nasi kerabu-nya adalah Nasi Kerabu Kak Yah di Kota Bharu dan Restoran Nasi Kerabu Azmi di Kelantan.</p

Kesimpulan

Makanan khas Malaysia sangat beragam dan memiliki cita rasa yang kaya karena pengaruh dari berbagai budaya yang ada di negara ini.

Jangan lupa untuk mencoba makanan khas Malaysia saat berkunjung ke negara ini. Nikmati keunikan dari setiap daerah yang memiliki makanan khasnya sendiri.

Dengan menikmati makanan khas Malaysia, Anda juga dapat merasakan keindahan dari keberagaman budaya dan tradisi yang ada di negara ini.