makanan khas brazil
freepik.com

Makanan Khas Brazil: Kenikmatan yang Membuat Lidah Bergoyang

Posted on

Brazil dikenal sebagai negara yang memiliki keanekaragaman budaya dan kuliner yang kaya akan rempah-rempah. Salah satu daya tarik dari Brazil adalah makanan khas nya yang sangat terkenal di dunia.

Mulai dari penganan, makanan ringan, hingga hidangan utama, Brazil memiliki banyak pilihan kuliner yang tidak hanya lezat tetapi juga unik. Berikut ini beberapa makanan khas Brazil yang wajib dicoba saat berkunjung ke sana.

Pão de Queijo

Salah satu penganan yang sangat populer di Brazil adalah Pão de Queijo. Pão de Queijo adalah roti keju kecil yang terbuat dari campuran tepung singkong, mentega, telur, dan keju parut.

Biasanya, roti ini dihidangkan sebagai camilan atau sarapan. Tapi jangan salah, kelezatannya bisa membuat Anda ketagihan dan ingin mencobanya lagi dan lagi.

Feijoada

Feijoada adalah hidangan khas Brazil yang terbuat dari kacang hitam, daging babi, dan daging sapi. Hidangan ini dihidangkan dengan nasi putih, irisan jeruk, dan sayuran.

Meskipun terlihat sederhana, Feijoada memiliki cita rasa yang kaya dan kuat karena diolah dengan rempah-rempah seperti bawang putih, paprika, dan daun salam.

Hidangan ini biasanya disajikan pada hari Sabtu dan menjadi hidangan utama dalam acara-acara spesial.

Brigadeiro

Brigadeiro adalah makanan ringan yang terbuat dari campuran kentalan susu, coklat bubuk, mentega, dan gula. Makanan ini sering dihidangkan pada acara-acara spesial seperti ulang tahun dan pernikahan.

Teksturnya yang lembut dan manisnya yang pas membuat Brigadeiro menjadi makanan ringan yang sangat digemari di Brazil.

Churrasco

Churrasco adalah hidangan daging panggang khas Brazil. Hidangan ini terdiri dari berbagai macam daging panggang, seperti daging sapi, ayam, dan babi yang disajikan dengan berbagai saus dan rempah-rempah.

Artikel Menarik:  Sejarah Renang di Dunia dan Indonesia: Jenis Gaya dan Manfaatnya

Biasanya, Churrasco disajikan dalam acara makan malam keluarga atau acara-acara spesial. Rasanya yang gurih dan empuk membuat hidangan ini menjadi favorit di seluruh Brazil.

Coxinha

Coxinha adalah makanan khas Brazil yang terbuat dari adonan tepung terigu yang diisi dengan daging ayam atau udang dan kemudian digoreng.

Penganan ini memiliki bentuk yang unik seperti bulan sabit, dan biasanya dihidangkan sebagai makanan ringan. Rasanya yang gurih dan teksturnya yang renyah membuat Coxinha menjadi pilihan yang tepat saat ingin mencoba kuliner khas Brazil.

Acarajé

Acarajé adalah penganan khas Brazil yang berasal dari wilayah Bahia. Penganan ini terbuat dari adonan kacang-kacangan yang digoreng dan diisi dengan acar (campuran bawang, tomat, cabai, dan rempah-rempah).

Acarajé biasanya dijual oleh para pedagang kaki lima dan dihidangkan dalam mangkuk daun pisang. Rasanya yang pedas dan gurih membuat Acarajé menjadi hidangan yang sangat populer di Brazil.

Moqueca

Moqueca adalah hidangan khas Brazil yang terbuat dari ikan atau udang yang dimasak dengan bawang putih, paprika, dan tomat. Hidangan ini biasanya dimasak dengan santan dan rempah-rempah khas Brazil seperti daun salam, jeruk nipis, dan bumbu lengkuas.

Moqueca disajikan dengan nasi putih dan sajian sayuran yang segar. Rasanya yang kaya dan segarnya membuat Moqueca menjadi hidangan yang sangat nikmat dan cocok dinikmati pada hari-hari yang cerah.

Caipirinha

Caipirinha adalah minuman khas Brazil yang terbuat dari cachaça (minuman keras dari tebu), gula, dan perasan jeruk nipis. Minuman ini biasanya dihidangkan dalam gelas kaca yang dipenuhi es batu.

Caipirinha memiliki cita rasa yang segar dan kuat karena terbuat dari bahan-bahan yang segar dan alami. Minuman ini sangat cocok dinikmati saat sedang berada di pantai atau acara-acara santai.

Artikel Menarik:  10 Oleh-Oleh Khas Jepang yang Bikin Kangen Negeri Sakura

Açaí

Açaí salah satu makanan khas Brazil berbentuk buah yang berasal dari hutan Amazon. Buah ini memiliki rasa yang manis dan teksturnya yang lembut.

Açaí biasanya dihidangkan dalam bentuk smoothie atau mangkuk dengan tambahan granola, pisang, dan madu. Açaí juga dikenal sebagai makanan sehat karena kandungan antioksidannya yang tinggi.

Quindim

Quindim adalah makanan penutup khas Brazil yang terbuat dari campuran telur, gula, dan kelapa parut. Makanan ini dipanggang dalam cetakan kecil yang membuatnya memiliki bentuk bundar dan berwarna kuning cerah.

Quindim memiliki tekstur yang lembut dan rasanya yang manis dan gurih membuatnya menjadi pilihan yang tepat saat ingin mencoba kuliner khas Brazil.

Kesimpulan

Kuliner khas Brazil menawarkan berbagai macam hidangan yang lezat dan unik. Dari Acarajé yang pedas dan gurih, hingga Pão de Queijo yang lembut dan gurih, dan Caipirinha yang segar dan kuat, Brazil memiliki banyak hidangan yang patut dicoba.

Tak hanya itu, kuliner Brazil juga mengandung banyak bahan-bahan segar dan alami seperti ikan, daging, dan buah-buahan yang berasal dari hutan Amazon.

Dengan menggabungkan bahan-bahan ini dengan rempah-rempah khas Brazil, hidangan khas Brazil memiliki cita rasa yang unik dan menggugah selera.

Jika kamu ingin mencoba kuliner khas Brazil, cobalah untuk mencari restoran atau pedagang kaki lima yang menyajikan hidangan-hidangan ini.

Kamu juga bisa mencoba membuatnya sendiri di rumah dengan membeli bahan-bahan di toko-toko khusus atau supermarket. Selamat mencoba dan nikmati kelezatan kuliner khas Brazil!

Artikel Menarik:  Jelajahi 10 Oleh-Oleh Khas Gresik yang Unik & Menggoda Rasa