makanan khas vietnam
pixabay.com

Makanan Khas Vietnam: Kenikmatan yang Menggoda Selera

Posted on

Perjalanan kuliner yang tak boleh dilewatkan di Vietnam adalah menjelajahi keanekaragaman makanan khas nya. Negara ini terkenal dengan hidangan lezat yang menggoda selera dan memanjakan lidah pengunjungnya.

Dari mi pho yang harum hingga segarnya salad gỏi cuốn, Vietnam memiliki sesuatu yang cocok untuk setiap pecinta kuliner.

Mi Pho

Salah satu makanan khas Vietnam yang paling terkenal adalah mi pho. Mi pho sejenis mie yang disajikan dengan kuah kaldu yang kaya dan aromatik.

Biasanya dilengkapi dengan irisan daging sapi, potongan ayam, atau udang segar. Tambahkan sedikit cabai segar, perasan jeruk nipis, dan segenggam herba segar seperti mint atau ketumbar.

Dengan begitu, Anda akan mendapatkan hidangan yang menggoda selera dan menyegarkan.

Gỏi Cuốn

Jika Anda mencari sesuatu yang lebih segar, jangan lewatkan gỏi cuốn. Gỏi cuốn merupakan gulungan salad yang terbuat dari lembaran beras yang dibungkus dengan berbagai bahan segar seperti sayuran, daging, atau udang.

Biasanya disajikan dengan saus kacang yang kaya rasa, memberikan sentuhan gurih pada kelezatan segar gulungan salad tersebut.

Bánh Mì

Jika Anda mencari makanan khas Vietnam yang lebih berat, jangan lewatkan bánh mì. Bánh mì adalah roti panggang yang diisi dengan berbagai bahan seperti daging panggang, daging babi, atau udang.

Roti ini memiliki kerak yang renyah dan empuk di dalamnya, menciptakan perpaduan tekstur yang sempurna. Dilengkapi dengan daun ketumbar, mentimun, dan saus mayones pedas, bánh mì adalah hidangan yang tak terlupakan.

Artikel Menarik:  Mengulas Sejarah Uang di Berbagai Bangsa Serta Jenis-Jenisnya

Bún Chả

Untuk pecinta daging, bún chả adalah pilihan yang tepat. Hidangan ini terdiri dari bola daging babi panggang yang disajikan dengan mi vermicelli, sayuran segar, dan saus yang kaya rasa.

Dengan aroma yang menggugah selera dan kombinasi rasa yang sempurna, bún chả adalah hidangan yang menggoda dan memanjakan lidah.

Phở Cuốn

Phở cuốn adalah hidangan unik yang menggabungkan elemen dari mi pho dan gỏi cuốn. Hidangan ini terdiri dari mi pho yang digulung dengan sayuran segar, potongan daging, dan daun hijau.

Gulungan ini biasanya disajikan dengan saus kacang atau saus ikan yang memberikan sentuhan rasa gurih yang lezat. Phở cuốn adalah pilihan sempurna jika Anda ingin mencoba sesuatu yang baru dan menggugah selera.

Bánh Xèo

Jika Anda menginginkan hidangan gurih dan renyah, cobalah bánh xèo. Bánh xèo adalah pancake yang terbuat dari adonan beras yang diberi isian seperti daging babi, udang, kacang hijau, dan kecambah.

Pancake ini digoreng hingga renyah dan disajikan dengan berbagai jenis sayuran segar seperti mentimun, selada, dan daun mint. Tambahkan saus kacang atau saus ikan untuk menciptakan perpaduan rasa yang lezat.

Chả Giò

Chả giò, atau yang dikenal sebagai lumpia goreng Vietnam, adalah hidangan yang sangat populer di Vietnam. Hidangan ini terdiri dari adonan tepung yang diisi dengan daging cincang, udang, sayuran, dan jamur.

Lumpia ini digoreng hingga kecoklatan dan renyah di luar, namun tetap lembut di dalamnya.

Disajikan dengan saus nuoc cham, chả giò adalah camilan yang sempurna atau hidangan pembuka untuk menjelajahi kelezatan Vietnam.

Bánh Cuốn

Bánh cuốn adalah hidangan khas Vietnam yang terdiri dari lembaran tepung beras tipis yang diisi dengan adonan daging cincang, jamur, dan bawang merah.

Artikel Menarik:  Makanan Khas Kediri: Nikmati Sensasi yang Menggugah Selera

Lembaran tepung ini digulung dan disajikan dengan bawang merah goreng dan minyak wijen.

Kelezatan gurih bánh cuốn akan memanjakan lidah Anda dan membuat Anda ingin mencicipi lebih banyak lagi.

Chè

Jika Anda menyukai makanan manis, jangan lewatkan chè, manisan tradisional Vietnam yang terkenal.

Chè terdiri dari berbagai jenis makanan penutup yang umumnya terbuat dari beras ketan, buah-buahan, kacang-kacangan, biji-bijian, dan manisan.

Chè disajikan dalam bentuk minuman dingin atau hidangan penutup hangat, tergantung pada variasi yang dipilih. Rasakan kelezatan gurih dan manisnya chè yang akan memanjakan lidah Anda.

Nem Nướng

Nem nướng adalah hidangan sate Vietnam yang terdiri dari daging cincang yang dibumbui dengan rempah-rempah dan dibentuk menjadi skewer.

Skewer kemudian dipanggang hingga matang dan disajikan dengan gulungan lembaran beras, sayuran segar, dan saus kacang pedas.

Rasakan kombinasi rasa pedas, gurih, dan segar yang menggoda dari nem nướng yang pasti akan memuaskan selera Anda.

Bánh Bao

Bánh bao adalah semacam bola roti berukuran besar yang diisi dengan adonan daging cincang, telur, dan berbagai bahan tambahan seperti jamur atau wortel.

Roti ini dikukus hingga matang dan menghasilkan tekstur yang lembut dan kenyal. Ketika Anda menggigitnya, Anda akan merasakan kelezatan berlimpah yang meleleh di mulut.

Bánh bao adalah hidangan yang cocok untuk sarapan atau camilan yang memuaskan.

Chả Cá Lã Vọng

Chả cá Lã Vọng adalah hidangan ikan panggang khas Vietnam yang terkenal di kawasan Hanoi. Hidangan ini terdiri dari irisan ikan tenggiri yang dibumbui dengan rempah-rempah khas dan dipanggang.

Ikan panggang disajikan dengan mi vermicelli, kacang tanah, daun ketumbar, dan saus nuoc cham yang kaya rasa. Rasakan kelezatan ikan panggang yang gurih dan segar dalam setiap suapan chả cá Lã Vọng.

Artikel Menarik:  Makanan Khas Perancis yang Lezat dan Populer di Seluruh Dunia

Bánh Da Lợn

Bánh da lợn adalah kue tradisional Vietnam yang terdiri dari lapisan tepung beras putih dan tepung beras ketan berwarna hijau bergantian.

Setiap lapisan kue dilapisi dengan lapisan manis dan gurih yang terbuat dari kelapa parut dan gula merah.

Bánh da lợn memiliki tekstur kenyal dan rasa yang lezat, membuatnya menjadi hidangan penutup yang sempurna setelah makan siang atau makan malam.

Kesimpulan

Makanan khas Vietnam menawarkan kelezatan yang tak dapat disangkal. Rasakan kombinasi unik dari rempah-rempah, bumbu, sayuran segar, daging, dan tekstur yang beragam dalam setiap suapan.

Jadi, jika Anda ingin menjelajahi dunia kuliner yang berbeda dan memuaskan, jangan ragu untuk mencoba makanan khas Vietnam.

Dengan berbagai pilihan hidangan yang disajikan, pasti ada sesuatu yang cocok dengan selera Anda. Jadilah penjelajah kuliner dan nikmatilah kelezatan makanan khas Vietnam yang menggoda selera!