makanan khas rembang
unsplash.com

Makanan Khas Rembang: Hidangan Sederhana yang Nikmat

Posted on

Rembang, sebuah kabupaten yang terletak di Jawa Tengah, memiliki kekayaan kuliner yang menggoda lidah. Makanan khas Rembang tidak hanya lezat, tetapi juga mengandung cita rasa yang unik dan autentik.

Dalam artikel ini, kita akan mengungkap beberapa makanan khas Rembang yang patut dicoba jika Anda berkunjung ke daerah ini.

Nasi Babat

Salah satu makanan khas Rembang yang paling terkenal adalah Nasi Babat. Hidangan ini berupa nasi putih yang disajikan dengan daging babat yang dimasak dengan bumbu pedas.

Daging babat yang empuk dan bumbu pedas yang kaya akan rempah memberikan sensasi yang luar biasa di lidah Anda.

Menggabungkan cita rasa pedas dan gurih, Nasi ini menjadi favorit bagi pecinta kuliner yang menyukai makanan pedas. Anda dapat menemukannya di berbagai warung makan dan rumah makan di Rembang.

Tahu Gimbal

Jika Anda mengunjungi Rembang, jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipi Tahu Gimbal yang sangat populer di daerah ini.

Tahu Gimbal terbuat dari tahu yang digoreng renyah dan disajikan dengan bumbu kacang yang gurih dan segar.

Keunikan makanan ini bisa dilihat penambahan gimbal, yaitu sejenis kerupuk yang terbuat dari tepung tapioka dan diolah dengan cara digoreng.

Kombinasi antara tahu, bumbu kacang, dan gimbal menciptakan sensasi rasa yang menggugah selera.

Rujak Petis

Saat cuaca panas, Rujak Petis adalah hidangan yang sempurna untuk menyegarkan diri Anda. Rujak Petis adalah campuran buah-buahan segar seperti mangga, nanas, kedondong, dan jambu air yang dipotong-potong dan disiram dengan bumbu asam manis.

Bumbu yang khas memberikan rasa gurih dan asam yang segar, sehingga memperkaya cita rasa buah-buahan yang digunakan. Rujak Petis dapat ditemukan di banyak penjual kaki lima dan warung makan di Rembang.

Artikel Menarik:  Mengulik Sejarah Dan Perkembangan Internet di Dunia

Telur Petis

Telur Petis adalah hidangan sederhana namun menggugah selera yang populer di Rembang.

Hidangan ini terdiri dari telur rebus yang disajikan dengan bumbu petis. Bumbu petis memberikan rasa gurih dan sedikit pedas pada telur rebus yang telah dikupas.

Biasanya telur ini disajikan dengan nasi putih hangat dan lalapan segar. Rasakan kelezatan hidangan ini ketika Anda memotong telur rebus dan merendamnya dalam bumbu petis.

Perpaduan tekstur lembut telur dan rasa gurih petis menciptakan sensasi yang memikat pada setiap gigitan.

Soto Rembang

Jika Anda mencari hidangan yang hangat dan menyehatkan, jangan lewatkan Soto Rembang. Soto ini terdiri dari kuah kaldu ayam yang gurih dengan tambahan daging ayam, tauge, daun seledri, dan bawang goreng.

Kuah kaldu yang lezat dan kaya rasa merupakan inti dari Soto Rembang. Rasakan aroma harum yang menggugah selera ketika hidangan ini disajikan di hadapan Anda.

Anda dapat menambahkan kecap, jeruk nipis, dan sambal sesuai dengan selera masing-masing.

Klepon

Sebagai penutup makanan khas Rembang, jangan lewatkan untuk mencicipi Klepon. Klepon adalah jajanan tradisional yang terbuat dari ketan yang diisi dengan gula merah dan ditaburi dengan parutan kelapa.

Ketan yang kenyal dan manisnya gula merah yang meleleh di mulut menciptakan perpaduan yang sempurna. Kelezatan Klepon terletak pada sensasi rasa gula merah yang manis dan aroma kelapa yang segar.

Kesimpulan

Makanan khas Rembang tidak hanya menggugah selera, tetapi juga memberikan pengalaman kuliner yang autentik.

Jika Anda berkesempatan untuk mengunjungi Rembang, jangan ragu untuk mencoba makanan khas yang telah disebutkan di atas.

Rasakan kenikmatan kuliner Rembang yang tak terlupakan dan eksplorasilah kelezatan hidangan-hidangan tersebut.

Artikel Menarik:  Harus Diketahui, Inilah Tari Kalimantan yang Sangat Beragam

Selamat menikmati kuliner Rembang yang lezat dan semoga artikel ini menjadi panduan Anda dalam mengeksplorasi makanan khas Rembang!