Alat Musik Harmonis
celebrities.id

Ini Dia 11 Jenis Alat Musik Harmonis Tradisional dan Modern

Posted on

AAlat musik harmonis merupakan sebuah kategori terdiri dari alat musik melodis, ritmis dan harmonis. Sebelumnya tentu saja kita sudah tahu bahwa alat musik ritmis adalah instrumen musik yang nggak bernada.

Pada alat musik melodis yaitu salah satu instrumen musik yang mempunyai nada atau irama (do re mi fa sol la si). Namun secara garis besar, alat musik harmonis yaitu suatu instrumen musik yang biasa digunakan untuk memainkan harmoni disuatu lagu.

Sebab, memainkan harmoni biasanya memiliki ciri yang ada pada alat musik harmonis. Cirinya tersebut yaitu bisa memainkan tiga nada atau lebih secara bersamaan.

Nah, kali ini saya akan membahas tentang alat musik harmonis. 

Saat ini, alat musik harmonis menjadi salah satu alat musik yang bernada, namun nggak bisa dibentuk.

Selain berguna untuk membunyikan melodi suatu lagu, alat musik ini juga nggak bisa memainkan chord dengan sendirian, namun secara bersamaan.

Jadi bisa disimpulkan bahwa, alat musik ini bisa digunakan sebagai pengiring dan memperindah dari suatu lagu dan musik yang bisa mengeluarkan paduan nada secara bersamaan.

Selain itu, perlu diketahui bahwa alat musik harmonis terbagi ke dalam dua jenis, yaitu tradisional dan modern. untuk mengetahui alat musik nya, Anda bisa menyimak penjelasan dibawah ini! 

Jenis Alat Musik Harmonis Tradisional

Jenis Alat Musik Harmonis Tradisional
gramedia.net

Indonesia terkenal kaya akan keanekaragaman alam dan budayanya, salah satunya alat musik tradisional. Berikut ini jenis-jenis alat harmonis tradisional antara lain yaitu:

Artikel Menarik:  Makanan Khas Banjarmasin: 9 Hidangan Lezat yang Wajib Dicoba

1. Gambus

Gambus merupakan alat musik harmonis yang bentuknya hampir sama dengan gitar. Perbedaanya, gambus alat musik tradisional, sedangkan gitar alat musik modern.

Alat musik ini menjadi salah satu adalah alat musik adaptasi dari Arab yang bernama Al’ud.

Alat musik ini berasal dari Riau yang dimainkan dengan cara dipetik menggunakan jari. Senar yang dimiliki alat musik ini pun berbeda-beda, mulai dari 3 hingga 12 senar.

2. Sasando Alat Musik Harmonis

Sasando
gurupendidikan.co.id

Alat musik ini berasal dari tanah timur dengan bentuk yang sangat unik. Dimana, untuk membuatnya menggunakan bambu yang berbentuk silinder dan daun lontar. Kemudian, keduanya akan dipadukan dengan senar yang berjumlah 28 sampai 58.

3. Kecapi

Kecapi adalah salah satu alat musik tradisional yang berasal dari Jawa.Dimana, alat musik ini mempunyai 5 tangga nada yang disebut pentatonis. Tangga nadanya yaitu Da, Mi, Na, Ti dan La.

Teknik bermainnya dengan cara dipetik menggunakan jari tangan. Alat musik ini biasanya dimainkan bersama dengan alat musik seruling.

4. Bonang

Alat musik khas Jawa ini dibuat dari bahan logam. Jika dilihat sekilas, hampir mirip dengan gong, namun ukurannya lebih kecil.

Biasanya, alat musik ini dimainkan secara bersamaan dengan alat musik lain dalam satu kesatuan, contohnya seperti gamelan.

5. Angklung

Angklung adalah alat musik harmonis tradisional yang sudah berkembang di daerah Sunda dan beberapa bagian di pulau Jawa.

Istilah angklung berasal dari kata angkleung-angkleungan yang berarti gerakan bergoyang dan kalung berarti bunyi bambu dipukul. Jadi kalau disimpulkan, angklung adalah alat musik yang dimainkan dengan cara digoyangkan maupun dipukul.

Selain itu, alat musik ini juga sering dimainkan secara ansambel dengan beberapa alat musik lain, contohnya seperti ansambel arumba dan padaeng.

Artikel Menarik:  Makanan Khas Probolinggo: Kelezatan yang Menggoda

Biasanya, alat musik ini terbuat dari pipa-pipa bambu yang ujungnya dipotong dan diikat di suatu rangkaian dengan mempunyai tangga nada pentatonis.

Ada beberapa teknik dasar dalam bermain angklung, yaitu:

  • Kurulung, berarti getar. Teknik ini merupakan teknik yang paling dasar dalam memainkan angklung. Dimana, tangan kanan akan memegang tabung dasar dan tangan kiri  menggoyangkannya angklung ke kiri maupun ke kanan dengan beberapa kali.
  • Centok, berarti sentak. Teknik ini ditarik dengan cepat menggunakan jari dan didorong ke telapak tangan kanan. Sehingga nada yang dikeluarkan berbunyi satu kali (staccato).
  • Tengkep,  mirip dengan teknik centok. Akan tetapi salah satu tabungnya  ditahan supaya nggak ikut bergetar juga.  Menggunakan teknik ini bisa mengeluarkan  nada murni (satu nada melodi saja).

Jenis Alat Musik Harmonis Modern

Jenis Alat Musik Harmonis Modern
blibli.com

Alat musik  merupakan sebuah musik yang dapat menghasilkan paduan harmoni dengan akor. Berikut ini ada beberapa alat musik harmonis modern, yaitu:

1. Saxophone

Saxophone adalah salah satu alat musik harmonis modern yang berasal dari belgia. Pada tahun 1840, alat musik ini dibuat oleh pemain clarinet yang bernama Adolphe Sax.

Teknik memainkannya dengan cara ditiup dan ditekan secara bersamaan. Dimana, alat musik ini sering dimainkan pada musik jazz. 

2. Piano

Piano merupakan alat musik harmonis modern yang sangat populer saat ini. Dimana cara bermainnya dengan menekan jumlah tuts yang terdiri dari warna hitam dan putih.

Namun harus diketahui bahwa, jumlah tuts di setiap piano berbeda-beda dan di bagian bawah pianonya ada pedal yang memiliki fungsi untuk memberikan sustain atau efek perpanjangan nada.

3. Gitar Alat Musik Harmonis

Dalam pertunjukan musik, tentu saja alat musik ini selalu ada yang berfungsi sebagai pengiring. Walaupun tergolong alat musik modern, tetapi alat musik ini juga dapat dikombinasikan dengan alat musik tradisional.

Artikel Menarik:  Kerajaan Bone: Sejarah, Budaya, dan Keindahan di Ujung Sulawesi

4. Marimba

Marimba
slatic.net

Marimba adalah instrumen musik yang tergolong kedalam keluarga alat musik perkusi. Dimana, terdiri dari satu set balok kayu yang dipukul dengan palu sehingga dapat menghasilkan bunyi maupun nada musik.

Alat ini musik ini tersusun dari batang yang mirip seperti piano dengan kelompok dua dan tiga aksidental. Selain itu, ada juga pipa-pipa yang tergantung di bawah jeruji fungsinya untuk resonator suara.

Bahkan, alat musik ini juga bisa dimainkan secara solo maupun secara ansambel, contohnya seperti jazz, marching band, orkestra dan sebagainya.

Bukan cuma itu saja, komposer kontemporer pun saat ini menggunakan marimba sebab bisa menghasilkan suara yang sangat unik.

5. Recorder

Recorder merupakan alat musik harmonis yang paling banyak diajarkan kepada siswa sekolah. Dimana, alat musik ini mirip dengan suling, namun jumlah dan letak lubangnya berbeda.

Alat musik ini mempunyai 7 lubang yang berada di bagian atas sampai bawah. Sedangkan, suling recorder mempunyai bentuk yang sederhana dan mempunyai enam buah lubang sebagai sumber penghasil suara yang berbeda-beda

6. Harpa 

Alat musik ini dapat dimainkan dengan cara dipetik menggunakan jari tangan. Akan tetapi, ada juga yang menggunakan secara bersamaan dengan jari kaki dan tangan.

Alat musik ini memiliki ukuran yang cukup tinggi, besar dan sering dijumpai berwarna emas. Selain itu, alat musik ini mempunyai banyak senar yang bisa menghasilkan nada. Bahkan, harpa biasanya juga digunakan dalam musik orkestra.

Ternyata, sejak zaman dulu nenek moyang sudah mengenal berbagai jenis alat musik dan mempunyai semangat cinta kesenian. Oleh sebab itu kita harus menjaga dan melestarikannya agar terus berkembang. Terima kasih atas kunjungan Anda.