Oleh-Oleh Khas Hongkong

10 Oleh-Oleh Khas Hongkong yang Bikin Lidah Bergoyang

Posted on

Tengahviral.comOleh-Oleh Khas Hongkong – Hongkong, sebuah wilayah yang memikat dengan pesonanya, menawarkan pemandangan yang menakjubkan dan kehidupan perkotaan yang sibuk.

Di balik kilauannya, kota ini juga memiliki beragam oleh-oleh yang menggambarkan kekayaan budayanya.

Oleh-oleh khas Hongkong tidak hanya memanjakan lidah, tetapi juga membawa cerita dan keunikan yang tidak dapat Anda lewatkan.

Mari kita eksplorasi beberapa oleh-oleh istimewa yang bisa Anda bawa pulang sebagai kenang-kenangan dari perjalanan Anda ke Hongkong.

Oleh-Oleh Khas Hongkong

Hongkong terkenal dengan berbagai makanan, minuman dan barang-barang khasnya. Beberapa oleh-oleh khas Hongkong yang populer, yaitu:

1. Egg Tart

Egg Tart atau kue telur salah satu oleh-oleh khas yang paling ikonik dari Hongkong.

Makanan internasional dan asalnya dari Hongkong ini terdiri dari kulit kue yang renyah dan manis, kemudian diisi dengan campuran telur serta susu yang lembut.

Rasanya yang gurih dan manis membuat egg tart menjadi camilan yang sempurna di tengah padatnya kegiatan berkeliling Hongkong.

Anda bisa menemukan egg tart di berbagai toko kue dan restoran di seluruh kota ini.

2. Pineapple Bun

Salah satu cemilan populer di Hongkong adalah pineapple bun atau roti nanas. Meskipun namanya mengandung kata “nanas”, roti ini sebenarnya tidak mengandung nanas dalam isian atau adonannya.

Artikel Menarik:  Makanan Khas Tuban: Nikmati Kuliner Tradisional di Bumi Wali

Namun, roti ini dinamakan demikian karena tekstur kulit luar yang renyah menyerupai kulit nanas.

Biasanya, roti ini disajikan dengan irisan mentega di tengahnya, dan saat disantap, sensasi renyah dan manisnya membuat siapa pun ketagihan.

3. Milk Tea

Oleh-oleh khas Hongkong selanjutnya yaitu milk tea atau teh susu yang merupakan minuman legendaris dan sangat populer di wilayahnya.

Teh hitam yang kuat diseduh, kemudian dicampur dengan susu kental manis, sehingga menciptakan minuman yang nikmat dan menyegarkan.

Banyak warung teh di Hongkong yang menyajikan milk tea dengan berbagai varian seperti panas atau dingin, dan manis atau tidak.

Cobalah minuman ini saat bersantai di kedai teh lokal dan Anda akan langsung merasakan kenikmatannya.

4. Oleh-oleh Souvenir Khas Hongkong

Berbelanja oleh-oleh di Hongkong tak lengkap tanpa mengunjungi temple street night market.

Pasar malam yang terkenal ini menawarkan beragam souvenir unik seperti patung-patung kecil Buddha, boneka beruang panda, pernak-pernik tradisional dan banyak lagi.

Jangan ragu untuk menawar harga saat berbelanja di pasar ini, karena itu adalah bagian dari tradisi dan bisa membuat pengalaman belanja Anda lebih seru!

5. Pottery 

Jika Anda mencari oleh-oleh yang unik dan berkesan, pertimbangkan untuk membeli karya seni tangan khas Hongkong. Pottery atau kerajinan keramik ini menjadi salah satu pilihan yang menarik.

Beberapa lokasi di Hongkong menawarkan kerajinan keramik yang indah, seperti patung-patung miniatur, cangkir teh, atau piring dengan motif khas.

Setiap potongan pottery ini dihasilkan dengan sentuhan tangan pengrajin lokal, sehingga memiliki nilai estetika dan nilai sentimental yang tinggi.

6. Oleh-Oleh Pakaian Sutra Khas Hongkong

Jika Anda mencari oleh-oleh yang mewah dan eksklusif, pakaian sutra adalah pilihan yang sempurna.

Artikel Menarik:  Makanan Khas Myanmar yang Wajib Kamu Cicipi

Pakaian ini terbuat dari serat sutra yang lembut dan halus, memberikan kenyamanan dan kesan mewah saat digunakan.

Anda dapat menemukan berbagai pilihan pakaian sutra, mulai dari pakaian tradisional hingga busana modern dengan sentuhan sutra yang elegan.

Berbelanja pakaian sutra di Hongkong bukan hanya tentang membeli pakaian, tetapi juga tentang mengenang keindahan kain khas negeri ini.

7. Buku Sajak Klasik (Tang Shi)

Bagi para pecinta sastra dan puisi, buku sajak klasik menjadi oleh-oleh yang sangat berharga.

Tang Shi adalah kumpulan puisi klasik Tiongkok yang termasuk dalam salah satu dari “Tiga Puisi Tertinggi” dalam tradisi sastra Tiongkok.

Buku ini berisi sajak-sajak indah yang mencerminkan keindahan bahasa dan emosi manusia.

Dengan membawa pulang buku ini, tentu Anda juga membawa pulang kekayaan budaya dan kebijaksanaan dari zaman Tiongkok kuno.

8. Kalender Tradisional (Bing Liang)

Kalender tradisional atau Bing Liang salah satu oleh-oleh khas Hongkong yang unik dan bernilai historis.

Berbeda dari kalender biasa, karena kelender ini menggunakan sistem penanggalan tradisional Tiongkok, yang didasarkan pada siklus bulan dan matahari.

Biasanya, Bing Liang dihiasi dengan gambar-gambar indah, seperti lukisan alam, karakter keberuntungan, atau simbol-simbol kebahagiaan.

Jadi cocok untuk orang yang menyukai budaya dan sejarah, karena Bing Liang mencerminkan perpaduan harmonis antara budaya Tiongkok dan modenitas Hongkong. Baca juga: Makanan Khas Indonesia Paling Terkenal Hingga Luar Negeri.

9. Oleh-Oleh Curry Fish Balls Khas Hongkong

Curry Fish Balls adalah hidangan jalanan yang paling ikonik di Hongkong. Hidangan ini terdiri dari bola ikan yang dimasak dalam kuah kari kental yang gurih.

Artikel Menarik:  3 Rumah Adat Papua Barat Dengan Pesona Alam yang Khas

Rasanya yang lezat dan pedas membuat curry iish balls menjadi camilan yang sempurna saat berjalan-jalan di kawasan jalanan di kota ini.

Anda akan menemukan banyak penjual curry fish balls yang berjajar di tepi jalan, siap menyajikan hidangan menggugah selera ini.

10. Kipas Lipat (San Pian)

Kipas lipat atau yang disebut San Pian merupakan oleh-oleh tradisional yang masih populer di Hongkong. San Pian ini terbuat dari kertas halus yang dilengkapi dengan rangka bambu.

Selain memiliki fungsi praktis untuk mendinginkan udara, kipas lipat juga sering digunakan sebagai aksesori fashion yang elegan.

Anda dapat menemukan berbagai desain kipas lipat yang menarik, mulai dari pola klasik hingga motif modern yang menawan.

Kesimpulan

Itulah beberapa oleh oleh khas Hongkong yang dapat menggoyang lidah Anda. Dari camilan manis hingga hidangan gurih, Hongkong menawarkan beragam pilihan makanan yang lezat dan unik.

Jangan lupa untuk mencicipi berbagai hidangan saat berkunjung ke Hongkong, sehingga perjalanan kuliner Anda akan menjadi lebih lengkap dan tak terlupakan.

Selamat menikmati kuliner khas Hongkong dan semoga artikel ini membantu Anda menemukan hidangan yang paling sesuai dengan selera Anda!

Sumber referensi: https://genemil.com/