makanan khas mesir
pixabay.com

Makanan Khas Mesir: Nikmati Kuliner yang Kaya Rasa

Posted on

Mesir merupakan salah satu negara yang memiliki kekayaan kuliner yang luar biasa. Setiap daerah di Mesir memiliki makanan khas yang sangat terkenal dan menggugah selera.

Jika kamu sedang berkunjung ke Mesir, jangan lewatkan untuk mencicipi berbagai macam makanan khas yang disajikan di sana.

Kebab

Salah satu makanan khas Mesir yang paling terkenal adalah kebab. Makanan ini terbuat dari daging sapi atau ayam yang dipanggang diatas arang.

Biasanya, kebab disajikan dengan roti pipih dan sayuran segar seperti tomat dan selada.

Koshari

Selain kebab, koshari salah satu makanan khas Mesir yang berasal dari berbagai sumber karbohidrat. Koshari terbuat dari perpaduan nasi, makaroni, kacang hijau, dan bawang goreng.

Makanan ini sangat populer di Mesir dan sering dijadikan sebagai makanan sehari-hari oleh penduduk setempat.

Falafel

Bagi kamu yang vegetarian, falafel bisa menjadi pilihan yang tepat. Hal ini karena makanan ini terbuat dari kacang-kacangan yang dihaluskan dan dicampur dengan rempah-rempah, kemudian digoreng.

Biasanya disajikan dengan roti pita, sayuran segar, dan saus yogurt atau hummus.

Fattah

Fattah salah satu makanan khas Mesir yang menggugah selera, sebab terbuat dari nasi, daging sapi, dan roti panggang yang dipotong-potong.

Semua bahan tersebut disiram dengan kuah kari atau saus tomat yang kaya akan rasa, sehingga cocok dijadikan sebagai hidangan utama.

Mahshi

Makanan khas satu ini terbuat dari sayuran yang diisi dengan campuran beras, daging cincang, dan rempah-rempah.

Sayuran yang digunakan adalah paprika, terong, dan tomat. Mahshi disajikan dengan kuah tomat atau saus yoghurt.

Artikel Menarik:  10 Oleh-Oleh Khas Balikpapan yang Membuat Selera Pengunjung

Shawarma

Makanan yang terbilang cukup sederhana di Mesir yaitu Shawarma. Shawarma terbuat dari daging yang dipanggang diatas arang dan diiris tipis-tipis.

Kemudian daging tersebut disajikan dengan roti pita, sayuran segar, saus tomat atau saus yogurt. Walaupun cukup sederhana, namun sangat enak dan cocok dijadikan sebagai makanan ringan atau sarapan pagi.

Ful Medames

Ful medames adalah makanan khas Mesir yang cocok dijadikan sebagai sarapan.

Makanan ini terbuat dari kacang hijau yang direbus bersama rempah-rempah dan dihidangkan dengan roti pita, bawang merah, dan saus tomat.

Basbousa

Bagi kamu yang menyukai makanan manis, basbousa bisa menjadi pilihan yang tepat.

Hal ini karena basbousa terbuat dari semolina, gula, dan air mawar. Jadi makanan ini sering disajikan dengan madu atau sirup gula.

Umm Ali

Umm Ali salah satu hidangan khas Mesir yang mirip dengan pudding. Makanan ini terbuat dari roti puff pastry yang dipanggang bersama susu, kacang-kacangan, dan rempah-rempah.

Biasanya disajikan hangat dan sangat cocok dijadikan sebagai hidangan penutup.

Kunafa

Makanan khas Mesir selanjutnya yaitu kunafa yang terbuat dari semolina dan disajikan dalam bentuk gulungan yang dipanggang.

Di dalam gulungan tersebut terdapat keju atau kacang-kacangan yang memberikan rasa gurih. Makanan ini biasanya disajikan dengan sirup gula.

Feteer Meshaltet

Feteer meshaltet salah satu makanan khas yang mirip dengan croissant.

Makanan ini terbuat dari adonan yang tipis dan renyah yang dipanggang diatas arang. Biasanya disajikan dengan keju atau madu.

Hawawshi

Hawawshi adalah makanan Mesir yang terbuat dari roti Arab dan diisi dengan daging cincang dan rempah-rempah.

Roti tersebut kemudian dipanggang diatas arang sehingga terlihat garing dan renyah. Biasanya makanan ini disajikan dengan saus tomat dan sayuran segar.

Artikel Menarik:  Aneka Resep Puding Susu yang Lezat

Molokhia

Makanan khas yang terbuat dari sayuran hijau atau daun jute adalah molokhia. Sayuran tersebut diiris tipis-tipis dan dimasak bersama bawang putih dan kaldu ayam.

Biasanya makanan ini disajikan dengan nasi atau roti Arab.

Samak Mashwi

Makanan khas Mesir satu ini terbuat dari ikan yang dipanggang diatas arang dengan bumbu rempah-rempah sehingga memberikan rasa gurih dan pedas.

Biasanya makanan ini disajikan dengan nasi dan sayuran segar.

Kofta

Makanan khas Mesir selanjutnya yaitu kofta yang terbuat dari daging cincang dan dicampur dengan rempah-rempah serta bawang merah.

Kemudian daging tersebut dibentuk seperti bola dan dipanggang atau digoreng. Biasanya disajikan dengan nasi dan saus yogurt.

Baba Ganoush

Baba ghanoush adalah makanan khas Mesir yang terbuat dari terong yang dipanggang dan dihaluskan bersama bawang putih, lemon, dan minyak zaitun.

Makanan ini biasanya disajikan sebagai hidangan pembuka atau makanan ringan.

Kesimpulan

Makanan khas Mesir sangat bervariasi dan unik. Dari hidangan berat hingga hidangan ringan, dari makanan pedas hingga makanan manis, semua dapat ditemukan di Mesir.

Jadi, jika kamu sedang berlibur ke Mesir, jangan lupa mencoba makanan-makanan khasnya yang lezat dan menggugah selera.

Semoga artikel ini dapat membantu kamu menemukan makanan khas Mesir yang tepat untuk kamu nikmati. Selamat mencoba!