Makanan Khas Medan yang Lezat dan Menggugah selera

Posted on

Medan adalah kota yang terkenal dengan keanekaragaman kuliner yang menggugah selera. Berbagai jenis makanan khas Medan sangat beragam dan memikat hati siapa saja yang mencobanya.

Selain itu, makanan khasnya juga memiliki cita rasa yang unik dan menggoda lidah. Di artikel ini, kita akan membahas beberapa makanan khas Medan yang paling populer dan wajib dicoba.

Soto Medan

Soto Medan salah satu makanan khas Medan yang terkenal, sebab memiliki kuah yang kental dan berwarna kuning.

Kuahnya disajikan bersama mie, tauge, potongan ayam, dan telur. Rasanya sangat gurih dan nikmat, jadi sangat cocok disantap saat cuaca sedang dingin atau hujan.

Bika Ambon

Bika Ambon adalah kue khas Medan yang sangat terkenal. Kue ini terbuat dari tepung terigu, telur, santan, dan gula.

Teksturnya lembut dan kenyal, bahkan memiliki aroma yang khas karena penggunaan daun pandan. Bika Ambon sangat cocok dijadikan oleh-oleh atau camilan ketika berada di Medan.

Mie Gomak

Mie Gomak merupakan makanan khas Medan yang sangat populer di semua kalangan. Makanan ini terbuat dari mie kuning yang disajikan dengan kuah santan dan bumbu rempah-rempah.

Dengan rasa yang sangat gurih dan pedas, jadi sering disajikan dengan potongan daging sapi, emping, tauge, dan irisan cabai.

Martabak Mesir

Makanan khas Medan satu ini terbuat dari adonan tepung terigu yang dibentuk seperti kulit lumpia.

Isi martabaknya terdiri dari daging sapi yang dicincang halus, bawang merah, bawang putih, dan telur. Biasanya disajikan dengan kuah kacang yang pedas dan khas.

Artikel Menarik:  3 Rumah Adat Papua Barat Dengan Pesona Alam yang Khas

Bihun Bebek Asie

Bihun Bebek Asie salah satu makanan khas Medan yang enak dan lezat. Makanan ini terbuat dari bihun yang disajikan dengan potongan daging bebek yang sudah diolah dengan bumbu rempah-rempah.

Biasanya makanan ini disajikan dengan tauge, kecambah, dan irisan cabai.

Sate Padang

Sate Padang terbuat dari daging sapi yang dipotong kecil-kecil dan ditusuk pada tusukan bambu. Biasanya disajikan dengan kuah kacang yang kental dan pedas, serta irisan ketupat atau nasi.

Sate ini memiliki cita rasa yang unik dan kuahnya sangat cocok disantap bersama dengan nasi atau ketupat.

Sop Buntut

Makanan khas Medan yang terkenal selanjutnya yaitu sop buntut.  Sop ini terbuat dari daging sapi bagian ekor yang dimasak dengan bumbu rempah-rempah.

Dengan cita rasa yang kaya dan nikmat, biasanya disajikan bersama dengan potongan wortel dan kentang.

Durian Medan

Durian salah satu buah yang terkenal dari kota Medan. Buah ini memiliki aroma yang khas dan rasanya sangat manis.

Biasanya dijual dalam bentuk daging buah yang sudah dipotong-potong atau dalam bentuk kue, jadi sangat cocok dijadikan oleh-oleh ketika berkunjung ke Medan.

Roti Terang Bulan

Makanan khas yang cukup populer ini terbuat dari tepung terigu, telur, susu, dan gula, serta diisi dengan berbagai bahan seperti kacang, cokelat, keju, dan susu kental manis.

Roti ini biasanya dijual di kios-kios pinggir jalan pada saat malam hari.

Kue Lapis

Kue Lapis khas Medan yang terkenal ini terbuat dari tepung beras, santan, gula, dan pewarna alami.

Seperti namanya, dimana kue ini memiliki lapisan yang tipis-tipis dan rasanya sangat manis. Biasanya dijadikan oleh-oleh ketika berkunjung ke Medan.

Artikel Menarik:  Kerajaan Medang Kamulan: Kisah Bersejarah Jawa Tengah

Kesimpulan

Makanan khas Medan memiliki cita rasa yang kaya dan unik karena pengaruh berbagai budaya seperti Melayu, Cina, India, dan Belanda. Selain menjadi tujuan wisata kuliner, makanan Medan juga bisa menjadi oleh-oleh yang sangat cocok untuk dibawa pulang.

Secara keseluruhan, makanan di atas adalah sebuah warisan budaya yang sangat berharga bagi masyarakat Indonesia.

Rasanya yang khas dan cita rasa yang unik akan membuat Anda terpesona dan ingin mencobanya lagi. Jangan lupa untuk mencoba makanan khas Medan saat berkunjung ke kota ini, karena Anda tidak akan menyesalinya!