makanan khas maluku utara
pexels.com

Makanan Khas Maluku Utara yang Menggugah Selera

Posted on

Maluku Utara merupakan provinsi yang terletak di bagian timur Indonesia. Provinsi ini terdiri dari beberapa pulau, seperti Halmahera, Ternate, Tidore, dan Bacan. Salah satu kekayaan budaya yang dimiliki oleh Maluku Utara adalah makanan khas nya.

Makanan khas Maluku Utara memiliki citarasa yang unik dan kaya akan rempah-rempah. Berikut ini adalah beberapa makanan Maluku Utara yang patut dicoba.

Sambal Terasi

Sambal terasi adalah salah satu jenis sambal yang cukup populer di Indonesia. Namun, sambal terasi dari Maluku Utara memiliki cita rasa yang berbeda dengan sambal terasi dari daerah lainnya.

Sambal ini terbuat dari terasi, cabai merah, bawang merah, tomat, dan gula merah. Rasa pedas yang dimilikinya cukup kuat, jadi sangat enak dimakan bersama nasi putih dan lauk-pauk lainnya.

Papeda

Papeda merupakan makanan khas Maluku Utara yang terbuat dari sagu. Makanan ini sering dihidangkan bersama ikan kuah kuning atau kuah asam pedas.

Papeda memiliki tekstur yang kenyal dan rasanya yang cukup netral. Biasanya disajikan dalam sebuah wadah dan dimakan bersama-sama dengan kuah ikan.

Sate Maluku

Makanan khas Maluku Utara ini terbuat dari daging sapi atau ayam yang dipotong-potong dan ditusuk dengan tusuk sate.

Rasa yang dimilikinya cukup khas, karena dibumbui dengan rempah-rempah seperti kemiri, ketumbar, dan jahe. Biasanya makanan ini disajikan bersama sambal kecap dan irisan bawang merah.

Bobengka

Makanan khas Maluku Utara yang terbuat dari tepung sagu dan gula merah yaitu Bobengka.

Dengan tekstur yang kenyal dan rasanya manis, biasanya makanan ini dihidangkan sebagai camilan atau makanan penutup.

Artikel Menarik:  Kerajaan Kota Kapur: Kota yang Terlupakan di Indonesia

Ayam Rica-rica

Makanan khas satu ini terbuat dari ayam yang dibumbui dengan cabai merah, bawang merah, bawang putih, jahe, dan kemiri.

Rasa yang pedas dan gurih, membuat makanan ini sering disajikan bersama-sama dengan nasi putih dan sayuran.

Sayur Pakis

Pakis salah satu sayur khas Maluku Utara yang terbuat dari pucuk daun paku yang diiris-iris. Kemudian direbus dengan santan dan rempah-rempah seperti kunyit, jahe serta daun salam.

Sayur ini memiliki cita rasa yang gurih dan sedikit pedas. Jadi sering disajikan bersama-sama dengan nasi putih dan lauk-pauk lainnya.

Soto Ternate

Ternyata Soto Ternate merupakan makanan khas Maluku Utara yang terbuat dari daging ayam atau daging sapi yang dimasak dengan rempah-rempah seperti lengkuas, kunyit, dan ketumbar.

Soto ini disajikan bersama-sama dengan mie, irisan telur rebus, irisan daun bawang, dan kerupuk.

Bubur Manado

Bubur Manado terbuat dari beras ketan yang dimasak dengan kaldu ayam, santan, dan rempah-rempah seperti kunyit, lengkuas, dan daun jeruk.

Biasanya disajikan bersama-sama dengan irisan ayam suwir, bawang goreng, dan sambal.

Cakalang Fufu

Cakalang Fufu adalah makanan khas Maluku Utara yang terbuat dari ikan cakalang yang diolah dengan cara direbus dan dihancurkan.

Biasanya disajikan bersama-sama dengan nasi dan sayuran.

Pallubasa

Pallubasa salah satu makanan khas yang terbuat dari daging sapi atau daging kerbau yang dimasak dengan rempah-rempah seperti kayu manis, kapulaga, dan cengkeh.

Biasanya disajikan bersama-sama dengan nasi dan sayuran.

Sate Babi

Seperti namanya, dimana sate ini terbuat dari daging babi yang dipotong-potong dan ditusuk dengan tusuk sate.

Namun biasanya dibumbui dengan rempah-rempah seperti ketumbar dan garam, kemudian dipanggang dan disajikan bersama-sama dengan sambal kecap dan irisan bawang merah.

Artikel Menarik:  Kerajaan Champa: Sejarah dan Budaya yang Menawan

Kesimpulan

Makanan khas Maluku Utara menawarkan cita rasa yang khas dan beragam. Semua makanan di atas tentu memiliki karakteristik dan bahan-bahan yang unik.

Ketika berkunjung ke Maluku Utara, jangan lupa untuk mencoba makanan-makanan khasnya. Selain dapat memuaskan perut, makanan-makanan ini juga akan membawa Anda pada pengalaman kuliner yang tidak akan terlupakan.