makanan khas inggris
freepik.com

Makanan Khas Inggris yang Harus di Coba

Posted on

Makanan Inggris selalu terkenal dengan citra tradisional dan klasiknya yang khas. Bahkan sudah menjadi salah satu daya tarik bagi wisatawan yang berkunjung ke Inggris.

Makanan Inggris yang terkenal seperti fish and chips, pie, dan Sunday roast telah menjadi favorit banyak orang.

Namun, Inggris memiliki banyak makanan khas yang tidak kalah lezat. Di artikel ini, kita akan membahas beberapa makanan khas yang patut dicoba.

Shepherd’s Pie

Shepherd’s Pie salah satu makanan khas Inggris yang terbuat dari daging cincang, sayuran, dan kentang. Potongan daging yang digunakan bisa berupa daging sapi atau domba.

Shepherd’s Pie sering disajikan dalam potongan yang dipanggang, sehingga kentangnya menjadi renyah di luar namun lembut di dalam. Makanan ini cocok untuk dinikmati di hari yang dingin dan memuaskan rasa lapar.

Bubble and Squeak

Makanan khas ini terbuat dari sayuran seperti kol, wortel, dan kentang. Biasanya, sayuran-sayuran ini dicampur dengan sisa-sisa daging yang tersisa dari Sunday roast.

Sayuran dan daging kemudian diaduk bersama dan dipanggang hingga matang. Nama Bubble and Squeak sendiri diambil dari suara yang dihasilkan ketika sayuran dipanggang.

Toad in the Hole

Toad in the Hole adalah makanan khas Inggris yang terdiri dari sosis yang diletakkan di dalam adonan kue dan dipanggang.

Adonan kue ini biasanya terbuat dari tepung terigu, telur, dan susu. Ketika dipanggang, adonan kue akan mengembang dan menutupi sosis. Makanan ini biasanya disajikan dengan kentang panggang dan saus gravy.

Artikel Menarik:  Pengertian dan Manfaat Belajar Peta Buta Indonesia

Bangers and Mash

Bangers and Mash adalah makanan khas Inggris yang terdiri dari sosis panggang dan kentang tumbuk. Sosis yang digunakan bisa berupa sosis ayam, sapi, atau babi.

Kentang tumbuk biasanya dicampur dengan mentega dan susu, sehingga menjadi lembut dan lezat. Makanan ini biasanya disajikan dengan saus gravy dan kacang polong.

Scotch Egg

Scotch Egg adalah makanan khas Inggris yang terdiri dari telur rebus yang dibalut dengan daging cincang dan tepung roti, kemudian digoreng. Makanan ini biasanya disajikan dalam suhu ruangan dan cocok sebagai camilan.

Ploughman’s Lunch

Ploughman’s Lunch merupakan kuliner khas Inggris yang terdiri dari roti, keju, dan ham. Makanan ini biasanya disajikan dengan apel, selada , dan chutney.

Makanan ini terinspirasi dari makan siang petani Inggris yang membawa makanan mereka ke ladang.

Cornish Pasty

Cornish Pasty adalah makanan khas Inggris yang terdiri dari adonan pastri yang diisi dengan daging cincang, kentang, dan sayuran. Makanan ini berasal dari Cornwall dan dikenal sebagai makanan ringan yang praktis dan lezat.

Black Pudding

Black Pudding adalah makanan khas Inggris yang terbuat dari darah babi atau domba yang dicampur dengan tepung roti, lemak babi, dan bumbu.

Makanan ini biasanya dipanggang atau digoreng dan disajikan sebagai camilan atau hidangan sarapan.

Haggis

Haggis adalah makanan khas Skotlandia yang juga populer di Inggris. Makanan ini terbuat dari jantung, hati, dan paru-paru domba yang dicampur dengan oatmeal, lemak domba, dan bumbu.

Makanan ini biasanya disajikan dengan kentang tumbuk dan neeps (rutabaga).

Welsh Rarebit

Welsh Rarebit adalah makanan khas Inggris yang terdiri dari roti panggang yang disiram dengan saus keju dan bawang putih.

Artikel Menarik:  Makanan Khas Ambon: Nikmati Kelezatan Kuliner Nusantara

Saus keju yang digunakan biasanya terbuat dari keju Cheddar, bir, dan mustard. Makanan ini cocok untuk disajikan sebagai camilan atau hidangan sarapan.

Eton Mess

Hidangan penutup khas Inggris biasaaya terdiri dari whipped cream, strawberry, dan meringue yang hancur. Makanan ini terinspirasi oleh dessert tradisional Eton College dan cocok untuk dinikmati pada musim panas.

Sticky Toffee Pudding

Sticky Toffee Pudding salah satu hidangan penutup khas Inggris yang terdiri dari kue yang lembut dan manis yang dibuat dengan kismis dan saus toffee. Makanan ini biasanya disajikan dengan whipped cream atau vanilla ice cream.

Trifle

Trifle adalah hidangan penutup khas Inggris yang terdiri dari lapisan kue sponge, buah-buahan, jelly, dan custard. Makanan ini biasanya disajikan dalam mangkuk besar dan cocok untuk disajikan dalam acara-acara spesial.

Fish and Chips

Fish and Chips adalah makanan khas Inggris yang terdiri dari ikan goreng yang disajikan dengan kentang goreng.

Makanan ini biasanya disajikan dengan saus tartar atau saus vinegar dan cocok untuk dinikmati di tempat-tempat wisata atau di pantai.

Kesimpulan

Makanan khas Inggris memiliki banyak variasi dan ciri khas yang menarik untuk dicicipi.  Dalam menjelajahi makanan khas di atas, pengunjung juga dapat menikmati tradisi dan budaya yang unik dari masing-masing daerah.

Makanan ini juga bisa menjadi pengalaman yang menghibur bagi wisatawan untuk mengeksplorasi Inggris dan menikmati keindahan dari setiap sudutnya.