oleh oleh khas china

Mengenal 10 Jenis Oleh-Oleh Khas China yang Menggugah selera

Posted on

Tengahviral.comOleh-Oleh Khas China – Jika Anda adalah pecinta kuliner dan sedang berkunjung ke China, tidak lengkap rasanya jika nggak membawa pulang oleh-oleh khas dari negeri tirai bambu ini.

China terkenal dengan kekayaan budaya dan kuliner yang menggugah selera. Dari makanan ringan hingga makanan khas yang mengandung cita rasa unik.

Artikel ini akan membawa Anda dalam perjalanan melalui dunia oleh-oleh khas China yang memikat hati dan lidah Anda.

Oleh-Oleh Khas China

Ada banyak oleh-oleh khas China yang bisa kamu bawa pulang sebagai kenang-kenangan dari perjalananmu.

Berikut ini beberapa contoh oleh-oleh yang populer dari China:

1. Teh China

China terkenal dengan tehnya yang memiliki beragam jenis dan kualitas yang tinggi.

Jika Anda adalah penggemar teh, jangan lewatkan kesempatan untuk mencoba teh khas China seperti Teh Hijau Longjing, Teh Putih Baihao, atau Teh Oolong.

Rasakan kenikmatan meminum teh segar yang dipetik dari perkebunan teh terbaik di China. Teh juga merupakan oleh-oleh yang cocok untuk dibagikan kepada teman dan keluarga.

2. Bakpao

Siapa yang tidak kenal dengan Bakpao? Roti isi yang terkenal ini juga merupakan oleh-oleh khas China yang wajib Anda coba. Bakpao memiliki berbagai varian isi, seperti daging babi, kacang merah, atau kelapa.

Kombinasi antara kulit roti yang lembut dan isi yang gurih menciptakan harmoni cita rasa yang tak terlupakan.

Artikel Menarik:  Kerajaan Samudera Pasai: Sejarah dan Kekuasaan

Bakpao mudah disimpan dimana saja, bahkan bisa menjadi menu makanan arisan. Jadi, jangan lupa untuk membawa beberapa Bakpao pulang saat berkunjung ke China!

4. Permen Suzhou

Permen Suzhou merupakan oleh-oleh manis yang berasal dari kota Suzhou di China. Biasanya, permen ini terkenal dengan tekstur yang kenyal dan rasa manis yang lezat.

Dalam proses pembuatannya, permen Suzhou menggunakan bahan-bahan alami seperti beras ketan, gula, dan pati. Keunikan permen ini terletak pada motif-motif tradisional China yang diukir di permukaannya.

Permen Suzhou adalah pilihan oleh-oleh yang sempurna untuk melengkapi pengalaman kuliner Anda di China.

5. Miniatur Bonsai

Miniatur bonsai adalah pilihan oleh-oleh yang unik dan indah dari China. Bonsai merupakan pohon-pohon kecil yang dipotong dan dibentuk agar menyerupai pohon besar.

Miniatur ini menjadi salah satu hasil seni taman yang membutuhkan ketelatenan dan kesabaran dalam perawatannya.

Bawa pulang miniatur bonsai dan letakkan di meja kerja atau ruang tamu Anda sebagai dekorasi alami yang menawan.

6. Obat Herbal Tradisional

China memiliki warisan pengobatan tradisional yang menggunakan bahan-bahan alami seperti tumbuhan, akar, atau rempah-rempah. Obat herbal tradisional China dikenal akan manfaat kesehatan dan penyembuhannya yang efektif.

Jika Anda tertarik dengan pengobatan alami, Anda dapat membawa pulang obat herbal tradisional China sebagai oleh-oleh yang bermanfaat bagi kesehatan Anda dan keluarga.

7. Perhiasan Manik-Manik Miao

Suku Miao di China terkenal dengan keterampilan mereka dalam membuat perhiasan manik-manik yang indah.

Perhiasan ini terbuat dari manik-manik yang disusun dengan rapi untuk menciptakan desain yang rumit dan warna-warna cerah. Perhiasan manik-manik Miao sering digunakan dalam upacara adat dan merupakan simbol kecantikan dan keanggunan.

Bawa pulang perhiasan manik-manik Miao sebagai oleh-oleh yang memikat dan menambah sentuhan etnis dalam gaya berpakaian Anda.

7. Kue Kering Khas China

Jika Anda adalah pecinta kue kering, maka oleh-oleh khas China yang satu ini tidak boleh Anda lewatkan.

China memiliki beragam jenis kue kering yang begitu menggoda lidah, seperti almond biscuit, pineapple tart, dan mooncake.

Setiap jenis kue memiliki cita rasa yang khas dan menggugah selera. Bawa pulang beberapa kotak kue kering ini, dan pastikan Anda akan memiliki camilan yang sempurna untuk menemani waktu santai di rumah.

8. Kain Sutera

China terkenal dengan keindahan dan kualitas kain sutera yang diproduksinya. Kain sutera China dihargai karena teksturnya yang lembut dan warnanya yang indah.

Anda dapat menemukan berbagai jenis produk dari kain sutera, seperti pakaian, aksesori, dan perlengkapan rumah tangga.

Bawa pulang beberapa kain sutera yang cantik sebagai oleh-oleh yang tak hanya fungsional, tetapi juga bernilai seni.

9. Porcelain Jingdezhen

Jingdezhen di China terkenal sebagai pusat produksi porselen berkualitas tinggi sejak berabad-abad yang lalu. Porselen Jingdezhen dihargai karena kehalusan, keindahan, dan detail-detail halus yang diukir di setiap produknya.

Anda dapat memilih berbagai jenis barang dari porselen Jingdezhen, seperti piring, cangkir teh, vas bunga, atau patung-patung kecil.

Dengan membawa pulang beberapa produk porselen Jingdezhen, Anda akan memiliki keindahan yang mewah dan eksklusif di rumah Anda sendiri.

10. Souvenir Khas

Ketika berbicara tentang oleh-oleh khas China, sulit untuk tidak menyebut patung panda yang menggemaskan.

Panda adalah simbol negara China, dan oleh karena itu, patung panda kecil atau mainan panda menjadi pilihan yang populer sebagai cinderamata.

Artikel Menarik:  9 Lagu Daerah Jawa Barat Terpopuler Lengkap + Lirik & Maknanya

Tidak hanya menggemaskan, patung panda juga mewakili kesetiaan dan kelembutan. Jadi, pastikan untuk membawa pulang patung panda kecil untuk mengingat perjalanan Anda ke China.

Kesimpulan

Oleh-oleh khas China tidak hanya memanjakan lidah dengan cita rasa yang lezat, tetapi juga menghadirkan keindahan budaya dan seni yang khas.

Dari makanan ringan hingga karya seni, setiap oleh-oleh memiliki cerita dan makna yang unik. Ketika berkunjung ke China, jangan lupa untuk mencoba dan membawa pulang beberapa oleh-oleh ini.

Dengan memilih oleh-oleh yang tepat, Anda dapat mengabadikan pengalaman Anda di China dan berbagi kelezatan serta keindahan budaya dengan orang-orang terdekat Anda. Selamat berbelanja dan menikmati keindahan oleh-oleh khas China!