makanan khas gorontalo
pixabay.com

Makanan Khas Gorontalo: Nikmati Kuliner Sulawesi Utara

Posted on

Gorontalo adalah sebuah provinsi kecil di Sulawesi Utara yang memiliki banyak makanan khas yang enak dan lezat. Masakan Gorontalo sangat terkenal dengan rasa gurih dan pedasnya yang khas.

Banyak makanan khas yang telah diakui oleh dunia sebagai hidangan lezat dan unik.

Coto Makassar

Coto Makassar adalah makanan khas Gorontalo yang sangat populer. Makanan ini terbuat dari daging sapi yang dimasak dengan bumbu rempah-rempah seperti ketumbar, cengkeh, dan kayu manis.

Coto Makassar biasanya disajikan dengan ketupat dan irisan daun bawang.

Kue Klepon

Kue Klepon salah satu hidangan khas Gorontalo yang manis dan lezat. Biasanya terbuat dari ketan yang dibentuk bulat dan diisi dengan gula merah.

Kemudian kue ini dicelupkan ke dalam parutan kelapa yang telah dicampur dengan sedikit garam.

Sate Maranggi

Makanan khas Gorontalo ini terbuat dari daging sapi yang dipotong kecil-kecil dan ditusuk dengan tusukan bambu. Sate Maranggi biasanya disajikan dengan bumbu kacang yang pedas dan kuah sate yang gurih.

Sambal Colo-colo

Sambal Colo-colo adalah sambal khas Gorontalo yang terbuat dari cabai, tomat, dan bawang merah yang dihaluskan. Sehingga sangat cocok dijadikan sebagai tambahan pada makanan seperti nasi goreng, ayam goreng, dan sejenisnya.

Induk Garupa Bakar

Induk Garupa Bakar merupakan makanan khas Gorontalo yang terbuat dari ikan Garupa yang diisi dengan bumbu rempah-rempah dan dipanggang di atas bara api.

Biasanya disajikan dengan nasi putih dan sambal khas Gorontalo.

Cumi Bakar

Hidangan khas Gorontalo ini terbuat dari cumi yang dipanggang di atas bara api. Cumi ini biasanya disajikan dengan bumbu kacang yang pedas dan kuah sate yang gurih.

Artikel Menarik:  Syarat, Prosedur, dan Biaya Balik Nama Mobil

Bubur Tinutuan

Bubur Tinutuan salah satu makanan Gorontalo yang terbuat dari nasi yang dicampur dengan berbagai jenis sayuran seperti jagung, labu, bayam, dan kangkung.

Nantinya akan disajikan dengan bawang goreng dan kerupuk.

Gule Kambing

Gule Kambing adalah makanan khas Gorontalo yang terbuat dari daging kambing yang dimasak dengan bumbu rempah-rempah seperti jahe, kayu manis, dan cengkeh. Biasanya disajikan dengan nasi putih dan sambal khas Gorontalo.

Kue Bingka

Makanan khas Gorontalo yang manis dan lezat ini terbuat dari ubi kayu yang dihaluskan dan dicampur dengan santan dan gula. Kemudian kue ini dipanggang di dalam oven dan disajikan dengan irisan pisang.

Sop Kambing

Sop Kambing ini terbuat dari daging kambing yang dimasak dengan bumbu rempah-rempah seperti jahe, kayu manis, dan cengkeh. Biasanya disajikan dengan nasi putih dan irisan daun bawang.

Uta’anga

Uta’anga adalah makanan khas Gorontalo yang terbuat dari sagu yang dicampur dengan air dan kemudian dibentuk seperti mie. Biasanya disajikan dengan sayur labu dan daging sapi.

Kesimpulan

Dari berbagai makanan khas Gorontalo yang telah dibahas di atas, kita bisa melihat betapa kaya dan lezatnya masakan Gorontalo.

Setiap makanan memiliki cita rasa yang khas dan berbeda-beda, dan semuanya menggunakan bahan-bahan segar dan rempah-rempah yang menyehatkan.

Kebanyakan makanan di atas menggunakan daging kambing dan sapi, serta bahan-bahan seperti sagu, kelapa, dan rempah-rempah tradisional yang kaya akan nutrisi.

Artikel Menarik:  Makanan Khas Mojokerto: Kelezatan yang Menggoyang Lidah