makanan khas filipina
freepik.com

Makanan Khas Filipina: Nikmati Kelezatan Cita Rasa Asia Tenggara

Posted on

Filipina merupakan negara yang terkenal dengan kekayaan budaya dan makanan khas nya. Masakan Filipina memiliki cita rasa yang unik dengan perpaduan pengaruh dari budaya Melayu, Tionghoa, Spanyol, dan Amerika. Berikut adalah beberapa hidangan khas Filipina yang patut dicoba.

Adobo

Adobo adalah hidangan khas Filipina yang terbuat dari daging ayam atau babi yang dimasak dalam bumbu kecap, cuka, dan bawang putih. Hidangan ini memiliki rasa asin, asam, dan manis yang khas.

Lechon

Lechon merupakan hidangan khas Filipina yang terbuat dari babi yang dipanggang dengan bumbu rempah-rempah. Hidangan ini biasanya disajikan saat acara-acara khusus seperti pernikahan atau Natal.

Sinigang

Sinigang adalah sup khas Filipina yang terbuat dari daging, ikan, atau seafood yang dimasak dengan sayuran seperti bayam, tomat, dan kacang panjang. Sup ini memiliki rasa yang asam segar dan sangat cocok disajikan pada musim hujan.

Halo-Halo

Halo-Halo adalah minuman dingin khas Filipina yang terbuat dari es serut, susu kental manis, buah-buahan, dan jelly. Minuman ini sangat cocok untuk menyejukkan tubuh pada saat cuaca panas.

Sisig

Sisig adalah hidangan khas Filipina yang terbuat dari daging babi yang diiris-iris dan dicampur dengan bawang merah, cabe hijau, dan cuka. Hidangan ini biasanya disajikan sebagai lauk pada saat makan.

Kare-Kare

Kare-Kare adalah hidangan khas Filipina yang terbuat dari daging sapi atau kambing yang dimasak dengan saus kacang dan sayuran seperti terong dan kacang panjang. Hidangan ini disajikan dengan nasi putih dan bagoong (sambal udang asin).

Artikel Menarik:  Kenali Tari Bondan yang Mengisahkah Kasih Sayang Seorang Ibu

Lumpia

Lumpia adalah hidangan khas Filipina yang terbuat dari kulit lumpia yang diisi dengan daging, sayuran, dan telur. Hidangan ini mirip dengan lumpia dari Indonesia, tetapi memiliki rasa yang sedikit berbeda.

Bistek Tagalog

Bistek Tagalog adalah hidangan khas Filipina yang terbuat dari irisan daging sapi yang dimasak dengan bawang bombay dan kecap. Hidangan ini disajikan dengan nasi putih dan kentang goreng.

Bibingka

Bibingka adalah kue khas Filipina yang terbuat dari tepung ketan, telur, santan, dan gula. Kue ini biasanya disajikan pada saat perayaan Natal.

Balut

Balut adalah hidangan khas Filipina yang terbuat dari telur bebek yang sudah berusia 17-21 hari dan kemudian direbus. Hidangan ini biasanya disajikan sebagai makanan ringan dan memiliki rasa yang unik dan khas.

Pancit

Pancit adalah hidangan mie khas Filipina yang terbuat dari mie tipis yang dimasak dengan sayuran dan daging. Hidangan ini sangat populer di Filipina dan sering disajikan pada acara-acara khusus.

Pinakbet

Pinakbet adalah hidangan sayur khas Filipina yang terbuat dari campuran sayuran seperti terong, kacang panjang, dan labu yang dimasak dengan bagoong (sambal udang asin).

Chicharon

Chicharon adalah camilan khas Filipina yang terbuat dari kulit babi yang digoreng hingga renyah. Camilan ini sangat populer di Filipina dan biasanya disajikan sebagai teman makan nasi.

Longganisa

Longganisa adalah sosis khas Filipina yang terbuat dari daging babi yang dicampur dengan bawang putih, lada hitam, dan asam. Hidangan ini biasanya disajikan pada saat sarapan.

Tapa

Tapa adalah hidangan khas Filipina yang terbuat dari irisan daging sapi yang dipotong tipis dan kemudian diawetkan dengan garam. Hidangan ini biasanya disajikan pada saat sarapan dengan nasi dan telur mata sapi.

Artikel Menarik:  Tari Manipuren, Gabungan dari Gerakan India dan Jawa¬†

Ube

Ube adalah buah-buahan khas Filipina yang memiliki warna ungu dan memiliki rasa manis. Buah ini biasanya diolah menjadi kue atau minuman.

Buko Pie

Buko Pie adalah kue khas Filipina yang terbuat dari kelapa dan gula. Kue ini biasanya disajikan sebagai hidangan penutup.

Taho

Taho adalah makanan khas Filipina yang terbuat dari tahu sutra yang dipotong dadu dan disajikan dengan sirup gula merah dan bola-bola kolang-kaling. Makanan ini biasanya dijual sebagai makanan jalanan.

Kamayan

Kamayan adalah cara makan khas Filipina yang menggunakan tangan sebagai pengganti sendok dan garpu. Hidangan biasanya disajikan di atas daun pisang dan dimakan bersama-sama dengan teman atau keluarga.

Halo-Halo

Halo-Halo adalah hidangan penutup khas Filipina yang terbuat dari es serut, susu kental manis, buah-buahan, dan jelly. Hidangan ini sangat cocok untuk menyejukkan tubuh pada saat cuaca panas.

Kesimpulan

Makanan khas Filipina memiliki cita rasa yang unik dan kaya akan pengaruh budaya. Dari adobo yang asin-asam, lechon yang renyah, hingga halo-halo yang menyegarkan, hidangan-hidangan ini patut untuk dicoba. Jangan lupa untuk mencari rekomendasi tempat makan terbaik dan menikmati kelezatan makanan khas Filipina ketika mengunjungi negara tersebut. Selamat menikmati!