Oleh-Oleh Khas Banjarmasin

Temukan 10 Oleh-Oleh Khas Banjarmasin yang Lezatnya Autentik 

Posted on

Tengahviral.comOleh-Oleh Khas Banjarmasin – Apakah Anda sedang merencanakan perjalanan ke Banjarmasin? Jika iya, jangan lewatkan untuk mencicipi berbagai oleh oleh khas yang ditawarkan oleh kota ini.

Banjarmasin, ibu kota Provinsi Kalimantan Selatan, tidak hanya terkenal dengan pesona alamnya yang menakjubkan, tetapi juga kuliner yang menggugah selera serta berbagai souvenir unik yang dapat Anda bawa pulang.

Dalam artikel ini, kami akan mengulas tentang beberapa oleh oleh khas Banjarmasin yang wajib Anda coba.

Ragam Jenis Oleh-Oleh Khas Banjarmasin

Bagi para pecinta kuliner, tidak ada yang lebih memuaskan daripada mencicipi oleh-oleh khas Banjarmasin yang menggoda lidah.

Beberapa oleh-oleh khas Banjarmasin yang patut Anda coba, di antaranya sebagai berikut. 

1. Batik Sasirangan

Salah satu warisan budaya Banjarmasin yang bisa Anda jadikan oleh oleh khas adalah batik sasirangan.

Batik Sasirangan merupakan seni kain batik yang dihasilkan melalui teknik ikat celup dengan motif-motif tradisional.

Kain batik ini memiliki keunikan dalam warna dan pola yang mencerminkan keindahan budaya lokal.

Dengan membawa pulang batik sasirangan, Anda tidak hanya memiliki karya seni yang indah, tetapi juga mendukung keberlanjutan budaya dan industri kreatif di Banjarmasin.

2. Dodol Ketan Hitam

Untuk pecinta makanan manis, dodol ketan hitam adalah pilihan yang tepat. Dodol ini terbuat dari beras ketan hitam yang dikukus dan kemudian dicampur dengan gula kelapa.

Artikel Menarik:  Makanan Khas Jawa Barat yang Menggugah Selera

Rasanya yang lezat dan teksturnya yang kenyal membuat dodol ketan hitam menjadi oleh oleh yang tidak boleh Anda lewatkan saat mengunjungi Banjarmasin.

3. Kue Sarang Semut

Jika Anda mencari oleh oleh yang unik, kue sarang semut adalah pilihan yang menarik. Kue ini terbuat dari campuran tepung beras, gula merah, dan kelapa parut yang diolah menjadi bentuk seperti sarang semut.

Rasanya manis dan gurih, dan teksturnya renyah. Jangan lupa untuk mencoba kue khas Banjarmasin yang satu ini!

4. Kue Bingka

Untuk Anda yang menyukai makanan manis, jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipi kue bingka saat mengunjungi Banjarmasin.

Kue ini terbuat dari campuran tepung beras, santan, dan gula, yang kemudian dipanggang hingga matang.

Bingka memiliki tekstur yang lembut dan rasa yang manis serta legit. Anda dapat menemukan kue bingka di berbagai toko oleh-oleh khas Banjarmasin atau pasar tradisional di sekitar kota.

5. Lepet

Saat berkunjung ke Banjarmasin, jangan lupa mencicipi lepet, sebuah makanan tradisional yang terbuat dari ketan dan kelapa parut.

Lepet memiliki tekstur yang kenyal dan gurih, dengan rasa manis yang lezat. Makanan ini biasanya dibungkus dengan daun pisang dan dapat bertahan cukup lama.

Lepet juga sering dijadikan sebagai oleh-oleh saat lebaran atau perayaan khusus di Banjarmasin.

6. Savoro

Bagi pecinta makanan laut, savoro adalah oleh-oleh khas Banjarmasin yang wajib dicoba.

Savoro adalah ikan asap khas Banjarmasin yang memiliki cita rasa yang unik dan menggoyang selera.

Ikan segar seperti ikan mujair atau ikan baung diolah dengan cara diasap dengan kayu bakar, memberikan aroma dan rasa yang khas.

Artikel Menarik:  5 Tari Kalimantan Timur Memiliki Corak & Budaya Masyarakat

Anda dapat menemukan Savoro di pasar tradisional atau toko oleh-oleh khas Banjarmasin di sekitar kota.

7. Apam Barabai

Apam Barabai adalah oleh oleh khas Banjarmasin yang terbuat dari tepung beras dan santan. Kue ini memiliki tekstur yang lembut dan manis dengan aroma pandan yang khas.

Biasanya, disajikan dalam bentuk bulat dengan warna kuning kecoklatan. Rasanya yang lezat membuatnya menjadi oleh oleh khas yang tidak boleh terlewatkan saat berkunjung ke Banjarmasin.

8. Klepon 

Jika Anda menginginkan sesuatu yang manis dan lezat, jangan lewatkan untuk mencicipi klepon Banjarmasin. Klepon adalah bola-bola ketan yang berisi gula merah cair di dalamnya.

Setelah direbus, klepon diberi taburan kelapa parut yang membuatnya semakin nikmat. Sensasi meletusnya gula merah di dalam mulut akan membuat Anda ketagihan.

9. Luti Gendang

Luti Gendang adalah Makanan khas Banjarmasin yang terbuat dari gula aren. Hidangan ini memiliki bentuk bundar pipih dengan tekstur yang kenyal dan rasa gula aren yang khas.

Biasanya dihidangkan dalam acara-acara adat atau perayaan sebagai simbol keberuntungan. Nikmati kelezatan gula aren dalam setiap gigitan luti gendang dan bawa pulang kemanapun Anda pergi sebagai oleh-oleh istimewa.

10. Pulut Serundeng

Pulut Serundeng salah satu oleh-oleh khas Banjarmasin yang tak kalah menggugah selera.

Terbuat dari ketan yang dikukus dan disajikan dengan taburan serundeng, hidangan ini memiliki rasa gurih dan tekstur yang kenyal.

Serundeng sendiri terbuat dari kelapa parut yang dicampur dengan bumbu rempah khas Banjarmasin seperti kemiri, cabai, bawang merah, dan bawang putih. Pulut Serundeng sangat cocok dinikmati sebagai camilan atau sarapan.

Kesimpulan

Oleh-oleh khas Banjarmasin menawarkan kelezatan dan keunikan tersendiri bagi para pengunjung. Dari kue kering yang renyah hingga makanan manis yang menggoyang lidah, Banjarmasin memiliki beragam oleh oleh yang dapat memuaskan selera Anda.

Artikel Menarik:  10 Oleh-Oleh Khas Jepang yang Bikin Kangen Negeri Sakura

Selain itu, kerajinan tangan dan souvenir khas Banjarmasin juga menjadi pilihan yang tepat sebagai oleh oleh untuk dibawa pulang.

Jadi, jangan lupa mencoba oleh oleh khas Banjarmasin dan menjelajahi segala keunikan saat Anda berkunjung ke sana.