oleh oleh khas bangka belitung

Lezat! 10 Oleh-Oleh Khas Bangka Belitung dengan Rasa Autentik

Posted on

Tengahviral.comOleh-Oleh Khas Bangka Belitung – Bangka Belitung, dua pulau yang terletak di sebelah timur Sumatera, adalah surga kuliner yang kaya dengan oleh-oleh khas yang menggugah selera.

Kepulauan ini terkenal dengan keindahan alamnya dan makanan lezat yang membuat perut terasa kenyang hingga lidah tak henti-hentinya bergoyang.

Jika Anda sedang berlibur ke Bangka Belitung, jangan lupa membawa pulang beberapa oleh-oleh khas dari tempat ini untuk dijadikan kenang-kenangan.

Ragam Jenis Oleh-Oleh Bangka Belitung

Selain terkenal dengan keindahan alamnya, Bangka Belitung juga terkenal dengan beberapa jenis oleh-oleh khasnya.

Beberapa ragam jenis oleh-oleh yang populer di Bangka Belitung:

1. Belacan

Belacan adalah bumbu khas Bangka Belitung yang sangat terkenal. Bumbu ini terbuat dari udang fermentasi yang dikeringkan dan dihaluskan menjadi bubuk.

Belacan memiliki aroma yang kuat dan rasa yang gurih. Biasanya digunakan dalam masakan tradisional Bangka Belitung, seperti Mie, Gulai Ketan, atau Sambal Belacan.

Jika Anda ingin membawa pulang oleh-oleh khas Bangka Belitung yang unik, belilah beberapa paket belacan untuk dijadikan bumbu masakan di rumah.

2. Lempok Durian

Di antara oleh-oleh khas Bangka Belitung, lempok durian yang tidak boleh dilewatkan, terutama bagi pecinta durian.

Lempok Durian adalah jajanan tradisional yang terbuat dari daging durian yang dipadatkan dan diolah dengan campuran gula kelapa.

Rasanya manis, lembut, dan memiliki aroma khas durian yang kuat. Sehingga menjadi salah satu pilihan yang sempurna bagi mereka yang ingin membawa pulang rasa buah raja dari Bangka Belitung.

Artikel Menarik:  Makanan Khas Sumbawa: Kuliner Sederhana yang Memikat

3. Kemplang

Salah satu oleh-oleh khas Bangka Belitung yang tak boleh dilewatkan selanjutnya adalah kemplang.

Camilan ini terbuat dari ikan tenggiri yang digiling halus dan dicampur dengan tepung kanji serta bumbu rahasia.

Setelah itu, adonan dipanggang hingga menghasilkan kemplang yang gurih dan renyah. Kemplang tersedia dalam berbagai varian rasa, seperti original, udang, atau pedas.

Selain enak untuk dinikmati langsung, kemplang juga bisa menjadi pelengkap sempurna untuk hidangan seperti mie goreng atau bubur.

4. Cincalok

Cincalok adalah oleh-oleh khas Bangka Belitung yang memiliki rasa unik, sebab hasil fermentasi udang kecil dengan garam.

Proses fermentasi ini menghasilkan cincalok yang memiliki rasa asam dan gurih. Biasanya digunakan sebagai bumbu penyedap dalam hidangan seperti sambal atau kuah.

Rasanya yang khas membuat cincalok menjadi oleh-oleh yang unik dan menarik untuk dicoba. Jika Anda tertarik dengan cita rasa yang berbeda, jangan lewatkan cincalok saat mengunjungi Bangka Belitung.

5. Batik Belitung

Batik Belitung merupakan warisan budaya Bangka Belitung yang patut Anda jadikan oleh-oleh.

Warisan budaya ini memiliki motif dan corak yang khas, menggambarkan keindahan alam dan kehidupan masyarakat setempat.

Anda dapat menemukan berbagai produk batik seperti kain, baju, dan aksesori lainnya.

Dengan membeli Batik Belitung, Anda tidak hanya mendapatkan karya seni yang eksotis, tetapi juga ikut melestarikan kebudayaan tradisional Bangka Belitung.

6. Tempoyak

Tempoyak salah satu oleh-oleh khas Bangka Belitung yang terbuat dari hasil fermentasi daging durian.

Dalam proses pembuatannya, daging durian dicampur dengan garam dan kemudian dijaga dalam tempat tertutup selama beberapa hari hingga menghasilkan bau dan rasa yang khas.

Artikel Menarik:  17 Ide Jualan Makanan Kekinian yang Menarik untuk Dicoba

Tempoyak biasanya disajikan sebagai pelengkap hidangan, seperti sambal atau bahan tambahan untuk masakan ikan.

Rasanya yang unik dan kuat membuat tempoyak menjadi oleh-oleh yang unik untuk dibawa pulang.

7. Olahan Ikan Asin

Bangka Belitung dikelilingi oleh lautan yang kaya akan hasil laut dan salah satu oleh-oleh yang populer adalah olahan ikan asin.

Ikan asin merupakan ikan yang diawetkan dengan menggunakan garam. Di Bangka Belitung, Anda dapat menemukan berbagai jenis ikan asin, seperti ikan teri, ikan belida, atau ikan bilis.

Ikan asin ini memiliki rasa yang gurih dan bisa diolah menjadi hidangan lezat seperti sambal, pecel, atau lauk pauk.

8. Keripik Belut

Keripik belut merupakan oleh-oleh khas Bangka Belitung yang memiliki cita rasa gurih dan renyah.

Belut dipotong tipis-tipis, kemudian digoreng hingga kering. Keripik belut memiliki tekstur yang renyah dan rasa yang gurih.

Makanan khas Bangka Belitung ini cocok disantap saat bersantai atau sebagai teman minum teh di sore hari. Jangan lupa membeli keripik belut saat berkunjung ke Bangka Belitung.

9. Dodol Belitung

Dodol adalah oleh-oleh khas Belitung, terbuat dari bahan dasar ketan yang dikukus dan dicampur dengan gula kelapa.

Rasanya manis, teksturnya kenyal dan aroma kelapa yang khas membuat dodol Belitung menjadi camilan yang disukai oleh banyak orang.

Jika Anda ingin mencicipi rasa otentik khas daerah ini, jangan lupa membeli dodol Belitung sebagai oleh-oleh.

10. Seruit

Seruit adalah oleh-oleh khas Bangka Belitung yang memiliki bentuk unik dan rasa yang lezat.

Makanan ini terbuat dari campuran tepung ketan, gula merah, kelapa parut, dan bumbu rempah pilihan, seruit diolah dengan cara digoreng hingga matang.

Artikel Menarik:  Yuk Jelajahi 10 Oleh-Oleh Khas Ambon, Pulau Seribu Pintu

Biasanya dihidangkan sebagai hidangan penutup atau camilan di acara-acara khusus. Pastikan Anda mencoba seruit saat berkunjung ke Bangka Belitung.

Kesimpulan

Oleh-oleh khas Bangka Belitung menawarkan kelezatan kuliner yang menggugah selera.

Setiap oleh-oleh tersebut membawa cita rasa yang lezat dan menjadi kenangan yang tak terlupakan dari perjalanan Anda ke Bangka Belitung.

Jangan lupa untuk membawa pulang beberapa oleh-oleh sebagai buah tangan untuk keluarga dan teman.

Dengan begitu, Anda dapat mengingat kembali pengalaman kuliner yang luar biasa di Bangka Belitung dan juga memberikan kesempatan kepada orang lain untuk menikmati kelezatan khas pulau ini.