oleh oleh khas balikpapan

10 Oleh-Oleh Khas Balikpapan yang Membuat Selera Pengunjung

Posted on

Tengahviral.comOleh-Oleh Khas Balikpapan – Balikpapan, sebuah kota yang terletak di Provinsi Kalimantan Timur, tak hanya dikenal dengan keindahan alamnya yang mempesona, tetapi juga dengan kelezatan kuliner khasnya.

Bagi yang ingin membawa pulang oleh-oleh khas Balikpapan, artikel ini akan membantu Anda menemukan beberapa pilihan yang menggugah selera.

Dari makanan ringan tradisional hingga hidangan utama yang menggoda, Balikpapan memiliki banyak opsi yang sayang untuk dilewatkan.

Ragam Macam Oleh-Oleh Balikpapan

Bagi Anda yang berkunjung ke Balikpapan, jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipi oleh-oleh khas yang tak kalah menggugah selera.

Oleh-oleh yang dapat dinikmati, di antaranya sebagai berikut.

1. Kue Amplang

Jika Anda mengunjungi Balikpapan, jangan lewatkan untuk mencicipi kue amplang, salah satu oleh-oleh khas yang sangat populer di kota ini.

Kue ini terbuat dari campuran ikan tenggiri yang diasinkan, tepung sagu dan bumbu rahasia yang memberikan cita rasa yang unik.

Kemudian, kue tersebut digoreng hingga renyah dan garing. Rasanya yang gurih dan krenyes-krenyes membuatnya menjadi camilan yang sangat menggugah selera.

2. Manisan Karamel Kelapa

Untuk pecinta makanan manis, manisan karamel kelapa adalah pilihan yang tepat. Manisan ini terbuat dari kelapa parut yang dikaramelisasi dengan gula, sehingga memiliki tekstur yang renyah dan rasa manis yang lezat.

Anda dapat menemukan manisan karamel kelapa ini di berbagai toko oleh-oleh di Balikpapan.

Artikel Menarik:  Oleh-oleh Khas Blitar: Nikmati Kuliner & Keindahan Kerajinan Lokal

Bawa pulang beberapa paket manisan karamel kelapa dan nikmati kelezatannya sebagai cemilan di rumah.

3. Kerupuk Gangan

Balikpapan, sebagai kota yang terletak di pesisir, juga terkenal dengan kerupuk gangan, camilan khas laut yang patut dicoba.

Kerupuk gangan terbuat dari ikan tenggiri yang diasinkan, kemudian digoreng hingga menjadi kerupuk yang renyah.

Rasanya yang gurih dan asin membuat kerupuk gangan menjadi camilan yang cocok disantap saat bersantai di pantai atau sebagai lauk pendamping hidangan.

Anda dapat menemukan kerupuk gangan di berbagai toko oleh-oleh di Balikpapan.

4. Lempeng Manis Kelapa

Lempeng manis merupakan oleh-oleh khas Balikpapan yang telah melegenda. Makanan ini terbuat dari adonan tepung beras, gula merah, santan dan bumbu-bumbu lainnya. 

Lempeng memiliki tekstur yang lembut dan rasa manis yang khas. Biasanya disajikan dengan taburan kelapa parut di atasnya.

Rasanya yang manis dan aroma kelapa yang harum membuat lempeng manis menjadi camilan tradisional yang selalu dinantikan oleh pengunjung Balikpapan.

5. Sagu Lempeng

Sagu lempeng adalah oleh-oleh khas Balikpapan yang terbuat dari tepung sagu, gula merah, dan santan.

Adonan ini kemudian dipanggang hingga matang dan memiliki tekstur yang kenyal. Biasanya memiliki rasa manis yang lezat dan dapat dinikmati sebagai camilan di siang atau sore hari.

Rasakan kelezatan khas sagu Balikpapan dengan mencoba sagu lempeng yang lezat ini.

6. Cucur Bontang

Jika Anda mencari camilan yang renyah dan menggugah selera, cucur bontang adalah pilihan yang tepat.

Cucur ini terbuat dari adonan tepung terigu, santan, dan bumbu-bumbu lainnya. Kemudian, adonan digoreng hingga menjadi camilan yang renyah dan gurih.

Artikel Menarik:  Kerajaan Banjar: Sejarah, Budaya, dan Peninggalannya

Anda dapat menemukan cucur Bontang di berbagai warung atau pasar tradisional di Balikpapan.

Nikmati kelezatan cucur yang dapat menjadi oleh-oleh atau camilan di tengah perjalanan Anda.

7. Emping Melinjo

Selain makanan khas Surabaya, Kalimantan timur juga memiliki makanan khas yang bisa dijadikan oleh-oleh, salah satunya emping melinjo.

Makanan ini terbuat terbuat dari biji melinjo yang dijemur terlebih dahulu, kemudian digoreng hingga renyah.

Emping ini memiliki rasa yang gurih dan renyah, dan sering dijadikan sebagai teman makan nasi atau sebagai camilan di waktu senggang.

Rasanya yang khas dan teksturnya yang renyah menjadikan emping melinjo sebagai oleh oleh yang cocok untuk Anda nikmati dan bawa pulang sebagai oleh oleh khas Balikpapan.

8. Ampiran

Ampiran merupakan oleh oleh khas Balikpapan terbuat dari udang kering yang diolah menjadi abon. Rasanya yang gurih dan tekstur yang lembut membuat Ampiran menjadi camilan yang disukai banyak orang.

Selain itu, ampiran juga bisa dijadikan bumbu tambahan pada hidangan seperti nasi goreng atau mie goreng untuk memberikan cita rasa yang khas.

Jika Anda ingin membawa pulang oleh oleh yang unik dan menggugah selera, jangan lupa mencoba Ampiran saat mengunjungi Balikpapan.

9. Apem Balikpapan

Apem Balikpapan adalah sejenis kue tradisional yang terbuat dari campuran tepung beras, santan, telur, dan gula merah. Kue ini memiliki tekstur yang lembut dan rasa yang manis.

Kue ini dibuat dalam cetakan khusus yang memberikan bentuk bundar dengan bagian tengah yang berlubang.

Anda bisa menikmati apem Balikpapan sebagai camilan atau hidangan penutup yang lezat.

Pastikan untuk membeli beberapa potong sebagai oleh-oleh untuk keluarga dan teman Anda.

Artikel Menarik:  Makanan Khas Ambon: Nikmati Kelezatan Kuliner Nusantara

10. Kue Jongkong

Kue Jongkong adalah oleh-oleh khas Balikpapan yang terdiri dari lapisan-lapisan manis yang menggugah selera. Oleh-oleh ini terbuat dari campuran tepung beras, kelapa parut dan gula yang dibakar hingga matang. Setiap lapisan kue memiliki tekstur yang lembut dan rasa yang kaya.

Keunikannya bisa dilihat dari cara penyajiannya yang menarik. Biasanya disajikan dalam bentuk bulat dengan lapisan berwarna-warni. Tidak hanya lezat, tetapi juga menjadi hiasan yang cantik saat disajikan di atas meja makan.

Kesimpulan

Oleh-oleh khas Balikpapan menawarkan berbagai kelezatan yang dapat memanjakan lidah Anda. Jadi, ketika Anda mengunjungi Balikpapan, jangan lewatkan kesempatan untuk mencoba dan membawa pulang oleh-oleh khasnya.

Dengan beragam pilihan camilan, Anda dapat membawa pulang kenangan kuliner yang menggugah selera dari Balikpapan. Selamat menikmati kelezatan khas Balikpapan dan jangan lupa berbagi dengan keluarga dan teman!