makanan khas surabaya
freepik.com

Makanan Khas Surabaya yang Lezat dan Menggugah Selera

Posted on

Surabaya, kota terbesar di Jawa Timur, tak hanya terkenal dengan sejarah dan budayanya yang kaya, tetapi juga dengan makanan khas nya yang lezat.

Makanan khas Surabaya memikat lidah banyak orang, baik lokal maupun turis. Dari hidangan berat hingga jajanan pasar tradisional, Surabaya memiliki segalanya untuk memanjakan selera Anda.

Rawon

Salah satu makanan khas Surabaya yang wajib dicoba yaitu rawon. Rawon adalah sup daging berkuah hitam pekat yang dihasilkan dari campuran bumbu khas.

Aroma kuahnya yang harum dan citarasa gurihnya membuat rawon menjadi hidangan yang sangat populer di Surabaya.

Biasanya disajikan dengan nasi putih, daging sapi empuk, tauge, telur asin, dan bawang goreng.

Rujak Soto

Rujak Soto merupakan hidangan unik yang menjadi kebanggaan kuliner Surabaya. Hidangan ini menggabungkan rujak dengan soto dalam satu piring.

Anda akan menemukan campuran buah-buahan segar seperti mangga, nanas, dan kedondong yang dilengkapi dengan soto ayam yang kaya rempah.

Perpaduan antara rasa manis, asam, dan gurih membuat Rujak Soto menjadi hidangan yang menarik dan menggugah selera.

Tahu Tek

Bagi pecinta tahu, Tahu Tek adalah hidangan yang harus Anda coba. Hidangan ini terdiri dari tahu goreng yang diiris tipis-tipis dan disajikan dengan campuran irisan mentimun, tauge, kerupuk udang, dan bumbu kacang yang khas.

Perpaduan antara tekstur tahu yang renyah, kerupuk yang garing, dan rasa gurih bumbu kacang menciptakan sensasi makan yang memanjakan lidah.

Pecel

Pecel merupakan hidangan sayuran yang terkenal di Surabaya. Dimana terdiri dari campuran sayuran seperti kacang panjang, kangkung, tauge, dan daun singkong, pecel disiram dengan sambal kacang yang pedas dan gurih.

Artikel Menarik:  Tari Bedhaya Warisan Budaya dari Keraton Kasunanan Surakarta

Biasanya disajikan dengan nasi dan dilengkapi dengan rempeyek atau kerupuk sebagai pelengkap. Pecel merupakan makanan sehat yang kaya akan nutrisi dan memiliki rasa yang menggugah selera.

Kerupuk Cemilan

Surabaya juga terkenal dengan kerupuk cemilan yang lezat. Ada berbagai jenis kerupuk yang bisa Anda temui di Surabaya, mulai dari kerupuk udang, kerupuk mie, hingga kerupuk kulit.

Kerupuk-kerupuk tersebut memiliki rasa gurih dan tekstur renyah yang membuatnya menjadi camilan yang disukai oleh banyak orang.

Nikmati kerupuk cemilan ini sebagai pendamping saat bersantai atau sebagai pelengkap hidangan lainnya.

Kue Lapis

Bagi pecinta kue tradisional, Kue Lapis Surabaya adalah pilihan yang sempurna. Kue ini terbuat dari lapisan sponge cake yang lembut dengan isi selai kacang hijau di tengahnya.

Kue Lapis ini memiliki cita rasa manis yang lezat dan sering dijadikan sebagai oleh-oleh khas Surabaya. Selain itu, keindahan tampilannya dengan motif lapisan yang berbeda juga menambah daya tariknya.

Tahu Telor

Hidangan yang terkenal di Surabaya ini terbuat dari tahu yang digoreng bersama dengan telur. Hidangan ini memiliki tekstur yang renyah di luar dan lembut di dalam.

Biasanya disajikan dengan acar timun, irisan mentimun, dan bumbu petis yang khas. Nikmati kelezatan gurih tahu telor sebagai makanan ringan atau hidangan pendamping saat makan siang.

Roti Kepiting

Roti Kepiting salah satu makanan yang unik dan lezat di Surabaya. Makanan ini terbuat dari adonan tepung yang lembut dan renyah, dengan isian daging kepiting yang gurih dan lezat.

Biasanya disajikan dengan saus mayo atau saus sambal sebagai pelengkap. Kombinasi tekstur roti yang garing dan daging kepiting yang lembut menciptakan sensasi makan yang memuaskan.

Artikel Menarik:  Makanan Khas Karawang: Nikmati Sensasi Kuliner Jawa Barat

Kesimpulan

Makanan khas Surabaya menawarkan kelezatan yang tak dapat disaingi. Semua hidangan di atas memperkaya pengalaman kuliner di Surabaya, dan membuatnya menjadi surga bagi para pecinta makanan.

Tidak hanya menggugah selera, makanan khas Surabaya juga menjadi bagian dari kebudayaan dan identitas kota ini. Mereka mencerminkan keanekaragaman budaya dan kekayaan rempah-rempah Indonesia.

Selain itu, makanan diatas juga menjadi daya tarik wisata kuliner bagi wisatawan, menambah kepopuleran kota ini sebagai tujuan kuliner yang tak terlupakan.