makanan khas kalimantan tengah
pixabay.com

Makanan Khas Kalimantan Tengah: Nikmati Kuliner yang Beragam

Posted on

Kalimantan Tengah adalah sebuah provinsi di Indonesia yang kaya akan budaya dan kuliner. Salah satu yang menjadi daya tarik adalah makanan khas Kalimantan Tengah yang sangat beragam dan lezat.

Dari daging hingga sayur, dari pedas hingga manis, semua rasa dan aroma ada di sini. Inilah beberapa makanan khas Kalimantan Tengah yang harus Anda coba.

Sate Maranggi

Sate Maranggi salah satu makanan yang terkenal di Kalimantan Tengah. Makanan ini berbeda dengan sate pada umumnya sebab dagingnya dipotong agak besar dan dimasak dengan cara dipanggang.

Biasanya disajikan dengan nasi, acar, dan sambal kacang. Rasanya sangat enak dan lezat, cocok untuk dijadikan makanan ringan atau hidangan utama saat makan malam.

Gule Kambing

Hidangan khas Kalimantan Tengah ini berupa gulai daging kambing yang dimasak dengan rempah-rempah khas.

Daging kambingnya sangat empuk dan lezat, bumbunya pun sangat meresap. Biasanya disajikan dengan nasi dan lalapan. Dengan rasa yang lezat, jadi cocok untuk dijadikan hidangan saat makan siang atau makan malam.

Pansuh

Pansuh adalah makanan khas Kalimantan Tengah yang berasal dari suku Dayak. Makanan ini berupa daging, ikan atau ayam yang dimasak dengan cara dikukus dalam bambu yang telah diisi dengan rempah-rempah dan sayur-sayuran.

Rasanya sangat lezat dan segar, cocok untuk disantap saat makan siang atau makan malam.

Amplang

Amplang terbuat dari ikan tenggiri atau ikan gabus yang diolah dengan tepung sagu dan rempah-rempah khas.

Biasanya makanan ini disajikan sebagai makanan ringan atau camilan. Rasanya sangat renyah dan gurih, jadi pas untuk dijadikan teman minum teh atau kopi.

Artikel Menarik:  Doa Nabi Sulaiman

Ayam Tangkap

Makanan khas Kalimantan Tengah ini terbuat dari ayam yang telah digoreng kering dan dimasak dengan rempah-rempah khas. Ayam tangkap biasanya disajikan dengan nasi, lalapan, dan sambal terasi.

Ikan Kuah Asam Pedas

Ikan kuah asam pedas adalah makanan khas Kalimantan Tengah yang terbuat dari ikan yang dimasak dengan bumbu asam pedas. Biasanya menggunakan ikan patin atau ikan tenggiri.

Kuahnya sangat segar dan asam, cocok untuk disantap saat cuaca panas. Ikan kuah asam pedas biasanya disajikan dengan nasi dan lalapan.

Martabak Manis

Martabak khas Kalimantan Tengah ini terbuat dari adonan tepung yang dicampur dengan telur, gula, dan susu.

Biasanya disajikan dengan topping yang beragam, seperti cokelat, keju, atau kacang. Rasanya sangat manis dan lezat, cocok untuk dijadikan makanan ringan atau camilan.

Lindri

Lindri adalah camilan khas Kalimantan Tengah yang terbuat dari ketan dan kelapa yang dicampur dengan gula merah dan rempah-rempah khas. Kemudian dibungkus dengan daun pisang dan dikukus.

Rasa dimilikinya sangat manis dan gurih, sehingga sering  disajikan sebagai makanan ringan atau camilan.

Bistik Jawa

Bistik Jawa salah satu makanan khas Kalimantan Tengah yang terbuat dari daging sapi yang digoreng dan dimasak dengan bumbu kecap manis dan bawang bombay.

Biasanya disajikan dengan nasi dan sayur-sayuran. Rasanya sangat gurih dan cocok untuk dijadikan hidangan saat makan malam.

Kesimpulan

Makanan khas Kalimantan Tengah memiliki beragam jenis dan cita rasa yang unik. Dari semua makanan diatas tentu memiliki ciri khas tersendiri dan tak kalah lezat dari hidangan dari daerah lain di Indonesia.

Semoga artikel ini memberikan informasi yang bermanfaat dan membuat Anda tertarik untuk mencicipi makanan yang ada di Kalimantan Tengah. Selamat menikmati!

Artikel Menarik:  Makanan Khas Purwokerto: Menikmati Kelezatan Kuliner