makanan khas kalimantan timur
freepik.com

Makanan Khas Kalimantan Timur yang Nikmati dan lezat

Posted on

Kalimantan Timur memiliki kekayaan kuliner yang tak kalah lezat dari daerah lain di Indonesia. Dari makanan berat hingga makanan ringan, semua tersedia di sini. Dalam artikel ini, kami akan membahas beberapa makanan khas Kalimantan Timur yang patut dicoba.

Nasi Kuning

Nasi kuning salah satu hidangan nasi yang disajikan dengan beragam lauk, seperti ayam goreng, telur, ikan, dan sambal.

Biasanya dihidangkan dalam acara-acara tertentu seperti pernikahan, khitanan, dan acara adat lainnya. Rasanya yang gurih dan wangi membuat nasi kuning menjadi hidangan yang sangat populer di Kalimantan Timur.

Sambal Lapeh

Sambal khas Kalimantan Timur ini terbuat dari cabe merah, bawang putih, dan tomat.

Biasanya disajikan sebagai pelengkap hidangan seperti nasi goreng atau sate. Rasanya yang pedas dan segar membuat hidangan menjadi semakin nikmat.

Pepes Ikan

Pepes ikan merupakan hidangan ikan yang dibungkus dalam daun pisang dan dikukus atau dibakar.

Ikan yang digunakan biasanya ikan nila atau ikan mujair. Nantinya akan dihidangkan sebagai lauk pauk dalam acara makan bersama keluarga atau teman.

Kue Lumpur

Kue Lumpur terbuat dari tepung beras, kelapa parut, dan gula kelapa. Biasanya dibungkus dalam daun pisang dan dikukus.

Rasanya yang manis dan lembut membuat kue lumpur menjadi camilan yang sangat populer di Kalimantan Timur.

Kue Cucur

Kue cucur adalah kue khas Kalimantan Timur yang terbuat dari tepung beras, kelapa parut, dan gula kelapa.

Biasanya kue ini digoreng dan disajikan dalam keadaan panas. Rasanya yang gurih dan manis membuat kue cucur menjadi camilan yang sangat lezat.

Artikel Menarik:  Makanan Khas Tanjung Pinang: Lezatnya Keunikan Nusantara

Tahu Telur

Hidangan ini terbuat dari tahu dan telur yang digoreng dan dilengkapi dengan saus kacang dan acar timun. Tahu telur sering dijual di warung-warung makan di Kalimantan Timur.

Sayur Asem

Sayur asem adalah hidangan yang terbuat dari beragam sayuran seperti kacang panjang, jagung, dan labu siam. Hidangan ini memiliki rasa yang asam karena penggunaan asam jawa.

Biasanya disajikan dengan nasi putih dan dilengkapi dengan pelengkap seperti telur pindang.

Nasi Uduk

Nasi uduk adalah hidangan nasi yang dimasak dengan santan dan rempah-rempah seperti serai dan daun pandan.

Biasanya disajikan dengan beragam lauk seperti ayam goreng, telur, dan sambal. Hidangan ini biasanya dihidangkan pada acara-acara tertentu seperti pernikahan dan acara adat.

Lempok Durian

Lempok durian salah satu makanan ringan yang terbuat dari durian yang dihaluskan dan dicampur dengan tepung ketan. Makanan ini kemudian dibungkus dalam daun pisang dan dikukus.

Rasanya yang manis dan aromanya yang kuat membuat lempok durian menjadi camilan yang sangat disukai di Kalimantan Timur.

Kue Bingka

Kue bingka khas Kalimantan Timur ini terbuat dari tepung ketan, gula merah, dan kelapa parut.

Biasanya dibungkus dalam daun pisang dan dikukus. Rasanya yang manis dan aromanya yang harum membuat kue bingka menjadi camilan yang sangat populer di Kalimantan Timur.

Kesimpulan

Makanan khas Kalimantan Timur memiliki beragam rasa dan cita rasa yang unik. Dari hidangan berat seperti nasi rawon dan soto Banjar, hingga camilan seperti kue lumpur dan lempok durian, setiap hidangan memberikan pengalaman kuliner yang tak terlupakan. Selain itu, makanan khas Kalimantan Timur juga merefleksikan keragaman budaya dan adat istiadat di daerah tersebut. Jika Anda sedang berkunjung ke Kalimantan Timur, jangan lupa mencoba hidangan-hidangan khas yang sudah disebutkan di atas.

Artikel Menarik:  Tari Gandrung, Menunjukkan Eksistensi Masyarakat Osing