makanan khas kalimantan utara
freepik.com

Makanan Khas Kalimantan Utara: Menikmati Kuliner Nusantara

Posted on

Kalimantan Utara adalah sebuah provinsi yang terletak di wilayah Indonesia bagian timur. Makanan khas Kalimantan Utara juga memiliki cita rasa yang unik dan berbeda dari daerah lainnya.

Berikut adalah beberapa makanan khas Kalimantan Utara yang patut dicoba:

Sate Bulayak

Sate bulayak adalah makanan khas Kalimantan Utara yang terbuat dari daging sapi atau daging ayam yang dipotong kecil-kecil dan ditusuk menggunakan bambu.

Kemudian dibungkus menggunakan daun bulayak dan dipanggang hingga matang. Sate bulayak biasanya disajikan dengan kuah kacang yang pedas dan gurih.

Rasanya yang lezat membuat sate bulayak menjadi salah satu makanan yang wajib dicoba jika berkunjung ke Kalimantan Utara.

Luti Gendang

Luti gendang terbuat dari nasi yang diaduk dengan bumbu rempah khas Kalimantan Utara dan dibungkus menggunakan daun pisang.

Sealin itu, dikukus hingga matang dan siap disajikan dengan sambal, lauk pauk seperti ikan asin atau ayam goreng. Rasanya yang enak dan lezat membuat luti gendang menjadi makanan favorit di Kalimantan Utara.

Sambal Bilis

Sambal khas Kalimantan Utara ini terbuat dari ikan bilis yang digoreng kering dan dicampur dengan bumbu rempah.

Biasanya sambal ini disajikan dengan nasi dan lauk pauk seperti ayam goreng atau tempe goreng. Rasanya yang pedas dan gurih menjadi makanan yang cocok sebagai cemilan atau lauk pauk.

Amplang

Amplang adalah makanan khas Kalimantan Utara yang terbuat dari ikan tenggiri yang dihaluskan dan dicampur dengan tepung sagu.

Kemudian digoreng hingga matang dan siap disajikan. Makanan ini memiliki tekstur yang renyah dan rasanya yang gurih membuat amplang menjadi salah satu hidangan Kalimantan Utara yang paling terkenal.

Artikel Menarik:  Fakta Unik Dibalik Sejarah Indonesia

Ayam Pansuh

Ayam pansuh salah satu hidangan khas Kalimantan Utara yang terbuat dari ayam yang dimasak menggunakan bambu.

Setelah ayam yang dibersihkan, masukkan ke dalam bambu bersama dengan rempah-rempah dan daun-daun aromatik. Kemudian dibakar hingga matang dan siap disajikan dengan nasi panas.

Kue Gabus

Kue khas Kalimantan Utara ini terbuat dari tepung ketan, gula, dan kelapa parut yang dicampur menjadi satu dan dibentuk seperti kue.

Kemudian dipanggang hingga matang dan siap disajikan. Rasanya yang manis dan teksturnya yang kenyal membuat kue gabus menjadi salah satu makanan yang banyak disukai oleh masyarakat setempat.

Pansip

Pansip terbuat dari mie kuning yang disajikan dengan kuah kaldu sapi yang gurih. Biasanya disajikan dengan daging sapi atau ayam yang telah dimasak dan sayuran seperti sawi dan daun bawang.

Rasanya yang lezat dan kaya akan rempah membuat pansip menjadi salah satu makanan khas Kalimantan Utara yang paling terkenal.

Apam Balik

Apam balik adalah makanan khas Kalimantan Utara yang terbuat dari tepung beras, gula, dan kelapa parut. Adonan kemudian dipanggang hingga matang dan kemudian ditambahkan dengan isian seperti kacang atau pisang.

Dengan rasa yang manis dan renyah membuat menjadi salah satu makanan yang sangat populer di Klaimantan Utara.

Balut Kepiting

Makanan khas ini terbuat dari kepiting yang dibalut dengan adonan tepung dan digoreng hingga matang. Balut kepiting biasanya disajikan dengan sambal kecap dan irisan cabai.

Rasanya yang renyah dan gurih membuat makanan ini patut dicoba.

Nasi Goreng Kambing

Nasi goreng kambing adalah makanan khas Kalimantan Utara yang terbuat dari nasi goreng yang diberi bumbu rempah dan daging kambing yang telah dimasak.

Artikel Menarik:  Mengenal Rumus ABC dan Penerapannya

Biasanya disajikan dengan telur mata sapi dan kerupuk. Rasanya yang gurih dan kaya akan rempah membuat nasi goreng kambing menjadi salah satu hidangan Kalimantan Utara yang enak dan nikmat.

Kesimpulan

Secara keseluruhan, Kalimantan Utara memiliki banyak sekali makanan khas yang enak dan lezat. Semua makanan tersebut memiliki rasa dan aroma yang khas dan berbeda dari makanan daerah lain di Indonesia.

Jika Anda sedang berada di Kalimantan Utara, jangan lupa untuk mencicipi makanan-makanan khasnya. Selain menambah pengalaman kuliner, mencicipi makanan Kalimantan Utara juga dapat memberikan wawasan dan pengetahuan baru tentang kekayaan kuliner Indonesia.