makanan khas kamboja
freepik.com

Makanan Khas Kamboja: Nikmati Kuliner dari Tanah Khmer

Posted on

Kamboja, negara kecil yang terletak di Asia Tenggara, memiliki kekayaan budaya dan sejarah yang menarik untuk dipelajari. Selain itu, terkenal juga makanan khas Kamboja yang memiliki ciri khas tersendiri.

Dimana hasil perpaduan dari berbagai pengaruh budaya yang memengaruhi negara ini.

Amok Trey

Amok Trey salah satu makanan khas Kamboja yang paling terkenal. Makanan ini terdiri dari ikan yang dibumbui dengan rempah-rempah seperti serai, kunyit, dan bawang putih, lalu dimasak dalam santan kelapa dan diberi tambahan daun pandan untuk memberikan aroma yang khas.

Rasanya yang lezat dan unik membuat Amok Trey menjadi makanan favorit wisatawan yang berkunjung ke Kamboja.

Bai Sach Chrouk

Makanan khas Kamboja ini terdiri dari nasi putih, irisan daging babi panggang, dan mentimun serta bawang merah sebagai pelengkap.

Biasanya disajikan di pagi hari dan sering dijadikan sarapan oleh masyarakat Kamboja. Rasanya yang gurih dan tekstur daging yang empuk membuat Bai Sach Chrouk menjadi makanan yang sangat disukai oleh orang-orang di Kamboja.

Kralan

Kralan terbuat dari beras ketan, kelapa parut, dan gula merah. Semua bahan ini dicampur lalu dimasukkan ke dalam bambu yang kemudian dipanggang di atas api hingga matang.

Rasanya yang manis dan aromanya yang harum membuat Kralan menjadi makanan khas Kamboja yang sangat populer dan menjadi oleh-oleh favorit bagi para wisatawan.

Lap Khmer

Lap Khmer adalah makanan khas Kamboja yang terdiri dari daging sapi atau daging ayam yang diiris tipis, lalu dicampur dengan jeruk nipis, bawang merah, cabai, dan rempah-rempah.

Artikel Menarik:  Makanan Khas Ponorogo: Perpaduan Rasa yang Memikat Lidah

Makanan ini biasanya disajikan sebagai hidangan pembuka dalam acara-acara penting atau pesta keluarga. Lap Khmer memiliki rasa yang segar dan asam yang khas, sehingga menjadi hidangan yang sangat disukai di Kamboja.

Num Banh Chok

Makanan khas Kamboja satu ini terdiri dari mi kuning yang disajikan dengan saus kuah yang terbuat dari bahan-bahan seperti bawang putih, serai, jahe, cabai, dan ikan teri.

Biasanya disajikan dengan tambahan sayuran seperti kubis, mentimun, dan tauge. Rasanya yang gurih dan segar membuat Num Banh Chok menjadi salah satu makanan yang wajib dicoba ketika berlibur ke Kamboja.

Cha Kdav

Cha Kdav merupakan makanan khas Kamboja yang terbuat dari kaki sapi atau ayam yang dimasak dengan bumbu-bumbu seperti bawang putih, lada hitam, dan jahe.

Setelah dimasak, dagingnya diiris tipis dan disajikan dengan saus yang terbuat dari gula merah, cabai, dan cuka. Cha Kdav memiliki rasa yang manis, asam, dan pedas yang khas, sehingga menjadi banyak disukai masyarakat Kamboja.

Sach Ko Ang

Sach Ko Ang terdiri dari daging sapi yang diiris tipis dan dimasak dengan bumbu-bumbu seperti bawang putih, lada hitam, dan kecap asin.

Setelah dimasak, dagingnya disajikan dengan mentimun, tomat, dan bawang merah. Sach Ko Ang memiliki rasa yang gurih dan lezat, sehingga menjadi makanan yang wajib dicoba ketika berkunjung ke Kamboja.

Prahok Ktis

Prahok Ktis adalah makanan khas Kamboja yang terdiri dari udang kecil yang dicampur dengan bumbu-bumbu seperti bawang putih, serai, cabai, dan rempah-rempah.

Udang ini kemudian dihaluskan dan dicampur dengan prahok, sebuah saus yang terbuat dari ikan yang difermentasi. Biasanya disajikan dengan sayuran mentimun, kubis, dan tauge.

Artikel Menarik:  Makanan Khas Kendal: Nikmati Kelezatan Kuliner Lokal

Bai Cha

Makanan Kamboja ini terdiri dari nasi putih yang dicampur dengan daun kemangi, irisan cabai, dan bawang goreng.

Biasanya disajikan sebagai hidangan pendamping dalam acara-acara penting seperti pesta pernikahan atau pesta keluarga. Rasanya yang harum dan segar menjadi makanan yang sangat disukai di Kamboja.

Num Pang

Num Pang salah satu makanan khas Kamboja yang mirip dengan roti lapis. Roti yang digunakan adalah roti yang empuk dan gurih, yang kemudian diisi dengan daging sapi, daging ayam, atau sayuran.

Biasanya disajikan sebagai sarapan atau makanan ringan di siang hari. Rasa yang dimilikinya sangat gurih dan teksturnya empuk menjadi makanan favorit di Kamboja.

Bok L’hong

Bok L’hong terdiri dari irisan daging sapi mentah yang dicampur dengan bawang merah, bawang putih, dan bahan lain.

Campuran ini kemudian dicampur dengan air jeruk nipis dan gula, sehingga menghasilkan rasa asam manis yang khas.

Bok L’hong biasanya disajikan dengan mentimun, tomat, dan nasi putih. Meskipun terlihat tidak lazim, namun rasanya yang unik dan segar menjadi makanan yang sangat populer di Kamboja.

Kuy Teav

Kuy Teav adalah makanan khas Kamboja yang terdiri dari mi kuning yang dicampur dengan irisan daging sapi, daging ayam, atau udang.

Mi kemudian disajikan dalam kuah yang terbuat dari kaldu tulang sapi atau ayam, bawang putih, dan rempah-rempah. Biasanya disajikan sebagai sarapan atau makanan ringan di siang hari.

kesimpulan

Demikianlah beberapa makanan khas Kamboja yang wajib dicoba ketika berlibur ke negeri Khmer. Setiap hidangan memiliki ciri khas dan cita rasa yang berbeda-beda, namun semuanya memiliki kesamaan yaitu bahan-bahan alami yang segar dan berkualitas tinggi.

Artikel Menarik:  Yuk Jelajahi 10 Oleh-Oleh Khas Ambon, Pulau Seribu Pintu

Selain itu, makanan-makanan khas Kamboja juga memiliki pengaruh budaya dan sejarah yang kuat, sehingga tidak hanya memberikan kelezatan bagi lidah tetapi juga pengalaman yang berharga bagi para wisatawan.

Jangan lupa untuk mencoba makanan-makanan khas Kamboja tersebut ketika berkunjung ke sana dan membiarkan perut dan hati puas dengan kelezatan dan keindahan yang ditawarkan.