makanan khas kalimantan selatan
pixabay.com

Kelezatan Makanan Khas Kalimantan Selatan yang Tak Tertandingi

Posted on

Indonesia memiliki beragam makanan khas dari setiap daerahnya, dan Kalimantan Selatan tidak kalah dengan daerah-daerah lainnya dalam hal kelezatan masakan tradisionalnya.

Makanan khas Kalimantan Selatan mempunyai cita rasa yang khas dan unik yang membuat para penggemar kuliner selalu ingin mencoba. Berikut ini adalah beberapa makanan khas Kalimantan Selatan yang wajib dicoba.

Soto Banjar, Sajian Hangat dan Gurih

Soto Banjar salah satu makanan khas Kalimantan Selatan yang sangat terkenal. Dimana terbuat dari daging ayam atau sapi yang disajikan dalam kuah kaldu yang gurih dan bumbu rempah-rempah.

Biasanya disajikan dengan ketupat atau nasi putih, daun bawang, dan irisan bawang merah. Sajian yang hangat ini cocok dinikmati pada pagi atau malam hari.

Patin Bakar, Menu Ikan Panggang yang Lezat

Patin Bakar adalah menu ikan panggang khas Kalimantan Selatan yang paling banyak di gemari masyarakat. Ikan patin yang digunakan biasanya berasal dari sungai-sungai di Kalimantan Selatan.

Ikan tersebut akan dipanggang dengan bumbu rempah dan daun pisang sehingga rasanya lebih gurih dan sedap. Biasanya patin bakar disajikan dengan sambal dan nasi putih yang hangat.

Pindang Tulang, Kuah Gurih Berbumbu Rempah

Pindang Tulang adalah hidangan khas Kalimantan Selatan berupa kuah kaldu yang gurih dan bumbu rempah-rempah.

Artikel Menarik:  Makanan Khas Magelang: Nikmati Kelezatan yang Memukau

Dalam sajian ini, terdapat daging tulang sapi atau kerbau direbus dengan bumbu rempah yang lezat. Kuah kaldu yang dihasilkan biasanya disajikan dengan irisan tomat, daun bawang, dan sambal.

Ketupat Kandangan, Sajian Khas untuk Hari Raya

Makanan khas Kalimantan Selatan ini biasanya disajikan saat hari raya Idul Fitri. Dimana terbuat dari beras yang dibungkus dengan daun kelapa dan direbus hingga matang.

Sajian ini biasanya disajikan dengan opor ayam atau sayur labu siam yang gurih dan nikmat.

Sate Banjar

Sate Banjar terbuat dari daging ayam atau daging sapi yang dipotong kecil-kecil dan ditusuk dengan bambu-bumbu khas Kalimantan.

Nantinya akan disajikan dengan bumbu kacang yang khas dan rasanya sangat lezat. Kemudian disajikan juga dengan ketupat atau nasi putih, acar mentimun dan bawang merah.

Balapis,Kue Khas Kalimantan Selatan yang Gurih dan Manis

Balapis adalah kue khas Kalimantan Selatan yang terbuat dari ketan hitam dan ketan putih yang diaduk bersama gula merah.

Kemudian, campuran ketan dan gula merah tersebut dimasukkan ke dalam cetakan dan ditekan hingga padat. Balapis biasanya disajikan dengan parutan kelapa atau dengan gula pasir.

Barongko

Kue khas Kalimantan Selatan selanjutnya yaitu barongko, dimana terbuat dari pisang raja yang dibungkus dengan daun pisang kemudian dipanggang.

Rasa yang dimilikinya cukup manis dan gurih, sebab terbuat dari campuran kelapa, gula merah, dan tepung ketan. Barongko biasanya disajikan pada saat acara adat atau acara keluarga.

Lemang, Nasi Khas Kalimantan Selatan yang Gurih

Lemang adalah nasi khas Kalimantan Selatan yang terbuat dari beras ketan yang dimasukkan ke dalam bambu yang kemudian dipanggang di atas api. Nasi Lemang memiliki aroma yang sangat khas dan gurih. Nasi Lemang biasanya disajikan bersama dengan rendang atau gulai.

Artikel Menarik:  Makanan Khas Mojokerto: Kelezatan yang Menggoyang Lidah

Gangan, Sayur Khas Kalimantan Selatan yang Segar

Gangan salah satu sayur khas Kalimantan Selatan yang terbuat dari berbagai jenis sayuran seperti kangkung, daun singkong, terong dan lain sebagainya.

Nantinya sayur tersebut dimasak dengan santan kelapa dan bumbu khas seperti lengkuas serta daun salam. Gangan biasanya disajikan dengan nasi putih dan sambal terasi.

kesimpulan

Dari berbagai masakan khas Kalimantan Selatan yang telah disebutkan di atas, terlihat bahwa masakannya memiliki rasa yang unik dan lezat.

Berbagai masakan ini bisa menjadi pilihan bagi siapa saja yang ingin mencicipi cita rasa kuliner Kalimantan Selatan yang autentik. Semoga artikel ini dapat membantu dalam menemukan dan mencicipi masakan khas Kalimantan Selatan.