makanan khas kalimantan barat
freepik.com

Makanan Khas Kalimantan Barat yang Wajib Dicoba

Posted on

Bagi para pecinta kuliner, makanan khas daerah selalu menjadi magnet tersendiri untuk dicoba. Begitu pun dengan makanan khas Kalimantan Barat.

Provinsi yang terkenal dengan kekayaan alamnya ini memiliki banyak makanan khas yang patut untuk dicicipi. Berikut adalah beberapa makanan Kalimantan Barat yang wajib dicoba.

Sate Kelinci

Sate kelinci merupakan makanan khas yang berasal dari Sintang, Kalimantan Barat. Makanan ini terbuat dari daging kelinci yang dibumbui dengan rempah-rempah khas Indonesia kemudian dibakar hingga matang.

Biasanya sate ini akan disajikan dengan bumbu kacang dan kecap manis. Dengan rasa yang lezat dan dagingnya empuk membuat sate kelinci menjadi makanan yang sangat populer di Kalimantan Barat.

Pelalah

Pelalah salah satu makanan khas Kalimantan Barat yang terbuat dari daging ayam atau daging sapi yang diiris tipis-tipis dan dicampur dengan bumbu rempah-rempah.

Setelah itu, daging tersebut direbus hingga matang dan disajikan dengan nasi hangat serta sayuran segar. Rasa yang dimilikinya sangat pedas dan gurih hingga cocok dijadikan sebagai hidangan utama.

Soto Banjar

Makanan satu ini juga tidak kalah populer di Kalimantan Barat. Dimana terbuat dari kaldu ayam yang disajikan dengan irisan daging ayam, telur rebus, dan mie kuning.

Biasanya soto ini disajikan dengan kerupuk dan bawang goreng. Rasanya yang lezat dan kaya akan rempah ini menjadi hidangan yang sangat nikmat dan cocok disantap pada saat cuaca dingin.

Udang Asam Manis

Makanan khas Kalimantan Barat yang satu ini memiliki rasa yang unik dan segar. Udang asam manis terbuat dari udang yang dimasak dengan bumbu asam manis yang khas.

Artikel Menarik:  Makanan Khas Dayak: Nikmati Kelezatan dan Khasiatnya

Udang tersebut akan disajikan dengan nasi hangat dan sayuran segar. Rasanya yang segar dan asam-asam membuat hidangan ini menjadi sangat cocok dijadikan sebagai makanan pelengkap saat makan siang atau malam.

Sayur Asem

Sayur asem adalah makanan khas Indonesia yang juga sangat populer di Kalimantan Barat. Makanan ini terbuat dari sayuran segar yang dicampur dengan tamarind yang memberikan rasa asam pada makanan tersebut.

Biasanya disajikan dengan nasi hangat dan sambal terasi. Rasanya yang segar dan asam membuat sayur asem cocok untuk disantap pada saat cuaca panas.

Pangsit Mie Pontianak

Makanan khas ini berasal dari Kota Pontianak, Kalimantan Barat. Dimana terdiri dari mie yang direbus dan disajikan dengan pangsit yang diisi dengan daging ayam cincang serta udang.

Pangsit mie biasanya disajikan dengan kuah yang kaya akan rasa dan aroma rempah. Dengan rasa yang lezat dan gurih membuat pangsit mie menjadi makanan yang wajib dicoba saat berada di Kalimantan Barat.

Kue Kering Lampit

Kue kering Lampit merupakan camilan khas Kalimantan Barat yang terbuat dari tepung ketan dan gula kelapa.

Bentuknya unik dan rasanya manis serta teksturnya yang kenyal membuat kue ini menjadi camilan yang sangat disukai semua orang. Biasanya disajikan pada saat lebaran atau acara khusus. Rasanya yang lezat dan

Laksa

Laksa adalah makanan khas yang populer di seluruh Indonesia, termasuk di Kalimantan Barat. Makanan ini terdiri dari mie yang direbus dan disajikan dengan kuah yang kaya akan rasa dan aroma rempah.

Biasanya disajikan dengan irisan daging ayam, udang, atau telur rebus. Rasanya yang lezat membuat Laksa menjadi salah satu makanan yang paling disukai di Kalimantan Barat.

Artikel Menarik:  Makanan Khas Jawa Timur yang Menggugah Selera

Pisang Molen

Camilan khas Kalimantan Barat ini terbuat dari pisang yang dibalut dengan adonan tepung dan kemudian digoreng hingga matang.

Rasanya manis dan teksturnya yang renyah membuat pisang molen menjadi makanan yang sangat disukai di Kalimantan Barat.

Kesimpulan

Secara keseluruhan, makanan khas Kalimantan Barat memiliki beragam jenis dan rasa yang sangat khas dan nikmat. Makanan-makanan tersebut terbuat dari bahan-bahan alami yang diolah dengan cara tradisional sehingga memiliki cita rasa yang unik dan autentik.

Untuk para pecinta kuliner, Kalimantan Barat adalah tempat yang tepat untuk menikmati makanan-makanan yang tidak bisa ditemukan di tempat lain.