makanan khas jombang
freepik.com

Makanan Khas Jombang: Nikmati Kuliner dari Jawa Timur

Posted on

Jawa Timur memiliki beragam kuliner yang lezat dan menggugah selera. Salah satu daerah di Jawa Timur yang memiliki makanan khas yang terkenal adalah Jombang.

Kota kecil yang terletak di antara Kota Malang dan Surabaya ini memiliki beragam makanan khas yang wajib dicoba oleh pecinta kuliner.

Mulai dari makanan tradisional hingga makanan modern, semua makanan khas Jombang memiliki ciri khasnya sendiri yang membuatnya unik dan istimewa. Berikut ini adalah beberapa kuliner khas Jombang yang patut Anda coba.

Rawon Jombang

Rawon Jombang salah satu kuliner khas Jombang yang terkenal. Masakan ini berupa sup daging berwarna hitam yang dihasilkan dari kuah kaldu tulang sapi yang diberi bumbu rempah khas.

Biasanya disajikan dengan nasi, tauge, dan kerupuk. Kelezatannya terletak pada bumbu rempahnya yang menggugah selera dan daging sapi yang empuk.

Sate Kambing

Kuliner khas Jombang ini wajib dicoba, sebab terbuat dari daging kambing yang dipotong kecil-kecil dan ditusuk di atas tusukan bambu.

Kelezatan sate ini terletak pada bumbu kacang yang disajikan sebagai pelengkap dan biasanya disajikan dengan nasi atau lontong.

Soto Ayam Ambengan

Soto Ayam Ambengan khas Jombang memiliki cita rasa yang khas dan nikmat. Kuah kaldu ayam yang gurih disajikan dengan daging ayam yang empuk dan berbagai bahan pelengkap seperti tauge, kentang, dan telur rebus.

Kelezatan soto ayam Ambengan terletak pada bumbu koya yang merupakan campuran kerupuk, bawang goreng, dan cabe yang dihaluskan.

Tahu Campur Jombang

Tahu Campur Jombang salah satu makanan khas Jombang yang terbuat dari tahu yang digoreng dan kemudian disajikan dengan kuah kaldu daging sapi dan irisan kol, tauge, dan mie.

Artikel Menarik:  Temukan 10 Oleh-Oleh Khas Banjarmasin yang Lezatnya Autentik¬†

Kelezatan makanan ini terletak pada kuah kaldu yang kaya rasa dan tekstur tahu yang renyah.

Soto Babat

Soto babat khas Jombang terkenal dengan rasa kuahnya yang gurih dan pedas. Dimana terbuat dari babat sapi yang dimasak dengan bumbu rempah khas Jombang.

Selain babat, soto ini juga disajikan dengan daging ayam, tauge, dan kerupuk.

Gethuk Goreng

Gethuk Goreng Khas Jombang merupakan makanan khas yang terbuat dari ketela pohon yang dihaluskan dan kemudian dicetak.

Setelah itu, gethuk ini digoreng dan disajikan dengan parutan kelapa yang manis. Kelezatan dari gethuk goreng terletak pada teksturnya yang renyah dan aroma kelapa yang harum.

Empal Gentong

Empal Gentong terbuat dari daging sapi yang dimasak dengan bumbu rempah khas Jombang. Daging sapi ini kemudian disajikan dengan kuah yang kental dan pedas serta nasi putih.

Kelezatan dari empal gentong terletak pada kekentalan kuahnya dan kelezatan daging sapi yang empuk.

Kesimpulan

Makanan khas Jombang memang sangat beragam dan memikat lidah. Mulai dari sate ayam srempet, rawon setan, nasi liwet, gethuk goreng, tahu campur, empal gentong, hingga bakso kota cukir, semuanya mempunyai keunikan dan kelezatan tersendiri.

Jika anda berkunjung ke Jombang, jangan lupa mencicipi beberapa hidangan khas ini. Kelezatan dan citarasa yang diberikan oleh makanan-makanan khas Jombang pasti akan membuat anda merasa terpuaskan dan ingin mencoba lagi di waktu berikutnya.

Selain itu, kuliner khas Jombang juga dapat menjadi daya tarik wisata bagi wisatawan yang datang ke daerah tersebut.

Artikel Menarik:  Makanan Khas Demak: Nikmatnya Perpaduan Rasa dan Budaya