makanan khas kebumen
freepik.com

Makanan Khas Kebumen: Lezatnya Kuliner dari Jawa Tengah

Posted on

Siapa yang tidak kenal dengan makanan khas Kebumen? Sebagai sebuah kabupaten di Jawa Tengah, Kebumen memiliki banyak makanan yang terkenal enak dan lezat.

Berbagai jenis kuliner dari Kebumen bisa ditemukan di berbagai daerah di Indonesia. Makanan khas Kebumen memiliki cita rasa yang unik dan berbeda dari kuliner di daerah lainnya.

Nasi Jagung

Nasi Jagung adalah makanan khas Kebumen yang terbuat dari bahan dasar jagung. Makanan ini terkenal dengan rasa yang gurih dan kenyal.

Biasanya disajikan dengan sayur labu siam dan sambal khas Kebumen, jadi sangat cocok dikonsumsi sebagai makanan sehari-hari atau saat acara tertentu.

Bakso Tahu

Camilan khas Kebumen ini terbuat dari tahu dan bakso.  Biasanya disajikan dengan kuah kental yang terbuat dari bahan-bahan alami seperti bawang putih, merica, dan bawang bombai.

Rasa yang dimilikinya sangat gurih dan enak sehingga cocok dikonsumsi sebagai makanan ringan saat sedang. bersantai

Nasi Ponggol Setan

Nasi Ponggol Setan merupakan makanan khas Kebumen yang terbuat dari nasi yang dimasak dengan bumbu-bumbu seperti daun salam, lengkuas, dan serai.

Makanan ini terkenal dengan rasa yang pedas dan enak dan biasanya disajikan dengan lauk pauk seperti ayam goreng, tempe goreng, dan sayur asem.

Sate Telur Puyuh

Seperti namanya, dimana makanan khas ini terbuat dari telur puyuh yang diiris tipis dan dibalut dengan adonan tepung.

Sate ini memiliki cita rasa yang gurih dan renyah dan sering disajikan dengan sambal tomat yang pedas dan segar. Makanan ini juga cocok dikonsumsi sebagai makanan ringan atau hidangan utama.

Artikel Menarik:  Tari Caping Ngancak, Melambangkan Mata Pencaharian Petani 

Tahu Gejrot

Tahu Gejrot salah satu kuliner yang paling populer di Kebumen. Dimana terbuat dari tahu yang dipotong kecil-kecil dan disiram dengan bumbu kacang yang pedas dan segar.

Makanan ini cocok dikonsumsi sebagai makanan ringan atau sebagai hidangan pembuka. T

Tahu Gimbal

Makanan khas Kebumen selanjutnya yaitu tahu gimbal yang terbuat dari tahu dengan isian sayuran serta dimasak bersama bumbu kacang yang pedas dan gurih.

Biasanya disajikan dengan mie atau nasi dan sangat cocok dikonsumsi sebagai hidangan utama atau sebagai makanan ringan.

Ayam Bakar Kebumen

Makanan khas Kebumen ini terbuat dari daging ayam yang dipanggang dengan bumbu-bumbu alami seperti bawang putih, merica, dan kunyit.

Ayam Bakar ini memiliki cita rasa yang gurih dan enak. Biasanya disajikan dengan nasi dan lalapan seperti tomat, timun, dan daun kemangi.

Nasi Liwet

Nasi Liwet salah satu makanan khas Kebumen yang terbuat dari nasi yang dimasak dengan santan dan rempah-rempah seperti daun salam, serai, dan lengkuas.

Biasanya disajikan dengan lauk-pauk seperti ayam goreng atau sate sehingga rasa yang dimilikinya sangat lezat dan menggugah selera.

Sate Buntel

Sate Buntel terbuat dari daging sapi atau kambing yang dibungkus dengan lembaran lemak dan dipanggang dengan bumbu-bumbu alami seperti ketumbar, merica, dan bawang putih.

Makanan ini memiliki cita rasa yang gurih dan lezat dan biasanya disajikan dengan nasi atau lontong.

Lepet Kacang Hijau

Lepet Kacang Hijau salah satu hidangan penutup khas Kebumen yang terbuat dari ketan yang dibungkus dengan pasta kacang hijau dan dibungkus dengan daun pisang.

Rasa yang dimilikinya sangat manis dan lembut, jadi cocok sekali disajikan sebagai hidangan penutup.

Artikel Menarik:  Mengulik Sejarah Alat Musik Kalimba Khas Afrika dan Manfaatnya

Kesimpulan

Itulah beberapa makanan khas Kebumen yang patut dicoba. Kuliner-kuliner di atas memiliki cita rasa yang beragam dan unik. Jangan lupa untuk mencoba kuliner-kuliner tersebut ketika berkunjung ke Kebumen. Selamat mencoba dan semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda!