makanan khas sulawesi barat
freepik.com

Makanan Khas Sulawesi Barat yang lezat di Setiap Gigitan

Posted on

Sulawesi Barat, salah satu provinsi yang terletak di Pulau Sulawesi, merupakan tempat yang kaya akan kebudayaan dan tradisi. Salah satu aspek kebudayaan yang sangat menonjol di Sulawesi Barat adalah makanan khas nya.

Makanan-makanan tradisional yang dihasilkan di daerah ini memiliki cita rasa unik dan menggugah selera. Dalam artikel ini, kita akan mengulas beberapa makanan khas Sulawesi Barat yang patut untuk dicoba.

Sate Kalosi

Sate Kalosi salah satu hidangan dari Sulawesi Barat yang terbuat dari daging sapi yang dipotong kecil-kecil dan ditusuk menggunakan tusuk sate bambu.

Perbedaan dari sate pada umumnya bisa dilihat dari bumbu khas yang digunakan. Untuk daging sate ini direndam dalam campuran bumbu pedas dan manis yang menghasilkan cita rasa yang lezat dan menggoda selera.

Biasanya sate kalosi disajikan dengan nasi putih dan disiram dengan kuah kacang.

Kapurung

Kapurung adalah makanan khas Sulawesi Barat yang terbuat dari sayuran segar yang dicampur dengan santan kelapa. Sayur yang digunakan terdiri dari daun singkong, kelapa muda, dan beberapa jenis sayuran lainnya.

Santan kelapa yang kental memberikan cita rasa gurih pada Kapurung. Tidak heran jika sering disajikan sebagai lauk pendamping nasi putih.

Pasang

Pasang merupakan makanan khas Sulawesi Barat berupa gulai ikan yang lezat. Ikan yang digunakan biasanya ikan kakap merah atau ikan tongkol.

Ikan tersebut dimasak dengan bumbu rempah yang kaya akan rasa, seperti serai, jahe, kunyit, dan cabai. Gulai Pasang memiliki cita rasa yang gurih dan pedas, cocok disantap dengan nasi putih hangat.

Artikel Menarik:  Kerajaan Malaka: Jejak Sejarah di Tanah Melayu

Pallu Basa Rica

Makanan khas Sulawesi Barat ini terbuat dari daging sapi yang dimasak dengan bumbu rica-rica. Bumbu rica yang digunakan terdiri dari cabai, bawang merah, bawang putih, dan beberapa rempah lainnya.

Daging sapi yang empuk dan bumbu rica yang meresap ke dalam daging membuat hidangan ini menjadi favorit di Sulawesi Barat.

Pallu Basa Rica biasanya disajikan dengan nasi putih dan lalapan segar seperti mentimun dan tomat.

Udang Balado

Hidangan ini menggabungkan kelezatan udang dengan cita rasa pedas khas Sambal Balado. Udang segar dimasak dengan bumbu Sambal Balado hingga meresap ke dalam daging udang.

Hidangan ini memiliki rasa pedas yang menggigit namun tetap menggugah selera. Biasanya disajikan dengan nasi putih hangat dan dilengkapi dengan irisan tomat serta daun bawang sebagai pelengkap.

Kaledo

Kaledo adalah sup khas Sulawesi Barat yang terbuat dari daging sapi yang direbus dengan berbagai bumbu dan rempah.

Sup ini sering disajikan saat cuaca dingin atau di malam hari untuk memberikan kehangatan dan kenyamanan.

Daging sapi yang dimasak dalam Kaledo menjadi lembut dan disajikan dengan kuah bening yang kaya rasa. Jadi, sering disajikan dengan nasi hangat dan ditaburi irisan daun bawang sebagai penambah cita rasa segar.

Pisang Epe

Pisang Epe merupakan makanan penutup khas Sulawesi Barat yang terbuat dari pisang kepok matang, kemudian dipipihkan dan dipanggang hingga matang.

Biasanya disajikan dengan taburan gula merah cair dan kelapa parut sebagai topping. Hidangan ini memiliki cita rasa manis yang lezat dan tekstur pisang yang lembut.

Tidak heran jika pisang epe sering menjadi camilan favorit di Sulawesi Barat.

Artikel Menarik:  8 Jenis Rumah Adat Joglo yang Banyak Dimiliki Para Bangsawan

Jalangkote

Jalangkote, sejenis pastel khas Sulawesi Barat yang terbuat dari adonan tepung terigu. Adonan tersebut diisi dengan campuran daging cincang, wortel, kentang, bawang merah, dan bumbu rempah

Kemudian pastel di goreng hingga kuning keemasan, sehingga memiliki tekstur renyah di luar dan isian yang lezat di dalamnya. Hidangan ini sering disajikan sebagai camilan atau makanan ringan di Sulawesi Barat.

Barongko

Barongko salah satu kue tradisional Sulawesi Barat yang memiliki rasa manis yang khas. Kue ini terbuat dari campuran tepung beras, kelapa parut, pisang, gula merah, kismis, dan rempah seperti kayu manis dan vanili.

Adonan kue kemudian dikukus hingga matang. Barongko memiliki tekstur yang kenyal dan aroma yang harum.

Satu kue Barongko biasanya terdiri dari delapan bagian dengan rasa yang berbeda-beda, seperti cokelat, pandan, kacang hijau, dan lainnya.

Kue ini sering disajikan sebagai hidangan penutup pada acara-acara khusus atau sebagai camilan di Sulawesi Barat.

Kesimpulan

Makanan khas Sulawesi Barat menawarkan kelezatan dan keunikan tersendiri bagi pecinta kuliner.

Dari hidangan berkuah seperti Coto Makassar dan Kaledo, hingga hidangan manis seperti Pisang Epe dan Barongko, setiap hidangan memberikan pengalaman kuliner yang tak terlupakan.

Jadi, jika Anda berkesempatan mengunjungi Sulawesi Barat, jangan lewatkan kesempatan untuk menikmati kelezatan makanan khasnya serta merasakan kehangatan dan keramahan penduduk setempat

Sulawesi Barat akan menjadi destinasi yang memuaskan untuk para pecinta kuliner dan penggemar budaya.

Artikel Menarik:  Makanan Khas Makassar: Kelezatan yang Memanjakan Lidah