makanan khas myanmar
freepik.com

Makanan Khas Myanmar yang Wajib Kamu Cicipi

Posted on

Myanmar adalah negara yang kaya akan budaya dan tradisi, termasuk di dalamnya kuliner yang lezat dan unik.

Makanan khas Myanmar memiliki rasa yang berbeda dari masakan negara tetangga seperti Thailand dan India. Inilah daftar makanan khas Myanmar yang wajib kamu cicipi saat berkunjung ke sana!

Mohinga

Mohinga adalah hidangan sarapan yang populer di Myanmar. Ini adalah semacam sup ikan dengan mie beras dan rempah-rempah.

Biasanya, mohinga dihidangkan dengan bawang goreng, jeruk nipis, dan potongan telur rebus. Mohinga memiliki rasa yang kaya dan lezat, cocok untuk memulai hari yang sibuk.

Laphet Thohk

Laphet Thohk adalah salad khas Myanmar yang terbuat dari daun teh yang difermentasi dan dicampur dengan kacang, bawang putih, dan cabe merah.

Rasanya unik dan memberikan sensasi yang menyegarkan di lidah. Laphet Thohk biasanya dihidangkan sebagai makanan pembuka sebelum hidangan utama.

Onnokauswe

Onnokauswe salah satu hidangan mie khas Myanmar yang terbuat dari mie beras dengan kuah kacang yang kental dan pedas.

Biasanya dihidangkan dengan ayam atau daging sapi, sayuran, dan telur rebus. Onnokauswe sangat populer di Myanmar dan sering dijadikan sebagai hidangan utama dalam acara-acara besar seperti pernikahan.

Mohinga Kyaw

Makanan ringan satu ini terbuat dari mohinga yang digoreng dengan tepung roti. Mohinga Kyaw memiliki tekstur yang renyah di luar dan lembut di dalam.

Biasanya dihidangkan dengan saus cabai atau saus kecap. Ini adalah camilan yang sempurna saat kamu sedang kelaparan di antara waktu makan.

Artikel Menarik:  8 Contoh Alat Musik Melodis Tradisional dari Indonesia

Nan Gyi Thoke

Nan Gyi Thoke, sebuah hidangan mi khas Myanmar yang terbuat dari mi kuning dengan daging sapi atau ayam, sayuran, dan bumbu kacang yang pedas.

Hidangan ini biasanya dihidangkan dengan telur rebus dan irisan daun bawang. Nan Gyi Thoke memiliki rasa yang kuat dan kaya akan rempah-rempah.

Htamin Jin

Hidangan nasi khas Myanmar ini biasanya dihidangkan dengan beberapa lauk seperti ikan goreng, telur rebus, dan sayuran.

Nasi diaduk dengan bumbu kacang, bawang putih, dan kecap. Htamin Jin sangat populer di Myanmar dan sering dihidangkan dalam acara-acara keluarga dan pesta.

Moh Let Saung

Moh Let Saung adalah es krim khas Myanmar yang terbuat dari santan, gula kelapa, dan tepung mutiara.

Biasanya dihidangkan dengan roti panggang atau roti manis sebagai pengganti es krim cone. Moh Let Saung memberikan sensasi rasa yang manis dan segar, jadi cocok disantap saat cuaca sedang panas.

Gyn Thohk

Gyn Thohk merupakan sayuran yang terbuat dari mentimun, kacang hijau, bawang putih, dan rempah-rempah.

Biasanya dihidangkan sebagai pelengkap dalam makanan utama. Sayuran ini juga memberikan sensasi yang segar dan kriuk-kriuk di lidah.

Ohn No Khao Swè

Makanan khas ini terbuat dari mie kuning dengan kuah kari yang kental dan lezat.

Biasanya dihidangkan dengan ayam atau daging sapi, sayuran, dan telur rebus. Rasa yang dimiliki makanan ini un sangat pedas dan kaya akan rempah-rempah.

Pae Kyaw

Pae Kyaw salah satu camilan khas Myanmar yang terbuat dari ikan yang digoreng dengan tepung beras.

Biasanya dihidangkan dengan saus cabai atau saus kecap. Pae Kyaw memberikan sensasi rasa yang renyah dan gurih.

Artikel Menarik:  Tari Cendrawasih Bali, Memiliki Keindahan yang Menakjubkan

Ohn Htaus

Ohn Htaus merupakan makanan penutup khas Myanmar yang terbuat dari kacang hijau yang direbus dan dicampur dengan gula dan santan.

Biasanya dihidangkan dalam mangkuk dan disajikan dengan ketan hitam. Ohn Htaus memiliki rasa yang manis dan creamy di mulut.

Palata

Roti khas Myanmar ini terbuat dari adonan tepung terigu yang diuleni dengan mentega dan garam.

Biasanya dihidangkan dengan saus kari atau saus daging sapi. Palata memberikan sensasi rasa yang renyah dan gurih di mulut.

Kesimpulan

Makanan khas Myanmar sangatlah beragam dan unik, dengan pengaruh dari berbagai budaya dan tradisi di sekitar wilayahnya.

Hidangan-hidangan tersebut menawarkan sensasi rasa yang kaya akan rempah-rempah, manis, gurih, pedas, dan renyah di mulut. Jangan lupa untuk mencicipi dan menikmati makanan diatas saat berkunjung ke Myanmar.