makanan khas mojokerto
pexels.com

Makanan Khas Mojokerto: Kelezatan yang Menggoyang Lidah

Posted on

Mojokerto, sebuah kota kecil di Jawa Timur, memiliki kekayaan kuliner yang sangat lezat dan unik. Seiring dengan sejarah kota ini yang panjang, makanan khas Mojokerto juga menjadi semakin populer.

Makanan-makanan tersebut sudah terkenal sejak zaman dahulu dan hingga saat ini masih dapat dinikmati oleh para wisatawan maupun masyarakat setempat.

Rendang Daging

Salah satu makanan khas Mojokerto yang paling terkenal adalah rendang daging. Makanan ini disajikan dengan daging sapi yang dimasak dengan santan dan bumbu rendang yang kaya akan rempah-rempah.

Rasanya yang kaya dan pedas ini pasti akan menggugah selera, jadi sangat cocok untuk disajikan dalam acara-acara besar seperti pernikahan, khitanan, dan lain sebagainya.

Sate Ayam

Selain rendang, sate ayam khas Mojokerto juga tidak kalah terkenal. Sate ayam ini memiliki cita rasa yang sangat khas dan lezat. Daging ayam yang diiris tipis kemudian ditusuk dan dibakar dengan arang.

Biasanya disajikan dengan bumbu kacang yang gurih dan pedas.

Nasi Goreng Jancuk Khas Mojokerto

Nasi goreng jancuk merupakan makanan khas Mojokerto yang patut dicoba. Makanan ini memiliki cita rasa yang unik, dengan rasa pedas dan gurih yang sangat kuat.

Biasanya nasi ini disajikan dengan telur mata sapi dan kerupuk yang renyah.

Soto Ayam

Soto ayam khas Mojokerto juga tidak kalah terkenalnya dengan soto dari daerah lain. Kuah yang dimiliki soto ini cukup kental dan gurih, kemudian terdapat tambahan ayam dan potongan ketupat.

Artikel Menarik:  Inilah Kesenian Tari Dolalak Khas Purworejo Jawa Tengah

Selain itu disajikan juga dengan bumbu sambal yang pedas dan segar.

Semanggi Goreng

Semanggi goreng merupakan makanan khas Mojokerto yang sangat unik dan langka.

Hal ini karena semanggi direbus dan digoreng dengan tepung hingga renyah. Saat dimakan rasanya pun sangat gurih dan kriuk-kriuk.

Kue Khas Mojokerto

Kota Mojokerto juga memiliki kue-kue yang sangat lezat dan unik. Salah satunya adalah kue bantal yang bentuknya seperti bantal dan memiliki rasa yang manis dan gurih.

Selain itu, ada juga kue rangi yang dibuat dari tepung ketan dan gula jawa sehingga lezat dan nikmat saat di makan.

Mie Ayam

Mie ayam khas Mojokerto juga salah satu makanan yang tidak boleh dilewatkan. Cita rasanya khas dengan kuah yang kental dan daging ayam yang empuk.

Biasanya mie ayam ini disajikan dengan pangsit goreng dan bakso.

Tahu Campur

Makanan khas ini juga cukup terkenal, sebab terdiri dari tahu yang dipotong kecil-kecil dan disajikan dengan kuah yang kental dan segar.

Biasanya tahu ini juga disajikan dengan potongan telur, mie, dan irisan ketupat.

Kupat Tahu

Kupat tahu khas Mojokerto juga menjadi makanan yang sangat terkenal. Makanan ini terdiri dari ketupat yang disajikan dengan tahu goreng,daging sapi yang empuk, bawang goreng, dan kuah kacang yang gurih.

Makanan ini juga memiliki cita rasa yang khas dan pasti akan memanjakan lidah Anda.

Keripik Tempe Khas Mojokerto

Keripik tempe khas Mojokerto menjadi camilan yang cukup populer di semua kalangan. Camilan ini terbuat dari tempe yang digoreng dengan tepung yang renyah dan rasanya yang gurih.

Biasanya keripik tempe disajikan sebagai camilan yang cocok untuk menemani waktu luang Anda.

Artikel Menarik:  Kerajaan Aceh: Kisah Legendaris di Tanah Rencong

Brem Khas Mojokerto

Brem khas Mojokerto juga menjadi makanan yang sangat terkenal. Dimana terbuat dari ketan yang difermentasi dan memiliki aroma yang khas.

Biasanya makanan ini disajikan sebagai camilan atau oleh-oleh yang cocok untuk dibawa pulang.

Klepon Khas Mojokerto

Klepon juga menjadi makanan yang tidak boleh dilewatkan saat sedang berkunjung ke Mojokerto.

Makanan ini terdiri dari bola ketan yang diisi dengan gula merah dan dilapisi dengan parutan kelapa. Rasanya yang manis dan kenyal pasti akan membuat Anda ketagihan.

Kesimpulan

Mojokerto adalah kota yang memiliki banyak makanan khas yang patut untuk dicoba. Semua makanan di atas memiliki cita rasa yang khas dan pasti akan memanjakan lidah Anda.

Selain itu, makanan tersebut juga memiliki nilai sejarah dan budaya yang tinggi. Sehingga menjadi warisan kuliner yang harus dijaga dan dilestarikan agar tetap ada untuk dinikmati oleh generasi selanjutnya.

Jadi, jika Anda berkunjung ke Mojokerto, jangan lupa untuk mencoba makanan khasnya yang lezat dan menggugah selera. Selamat mencicipi!