makanan khas nganjuk
freepik.com

Makanan Khas Nganjuk Jawa Timur yang Menggugah Selera

Posted on

Nganjuk merupakan salah satu kabupaten di Jawa Timur yang terkenal dengan berbagai makanan khas nya.

Makanan khas ini tentu memiliki cita rasa yang khas dan unik, membuatnya sangat digemari oleh para pecinta kuliner di seluruh Indonesia. Berikut ini adalah beberapa makanan khas Nganjuk yang wajib dicoba:

Nasi Jamblang

Nasi jamblang salah satu makanan khas Nganjuk yang sudah terkenal sejak lama. Makanan ini terdiri dari nasi putih yang disajikan dengan berbagai lauk-pauk seperti ayam goreng, tahu, tempe, dan sambal.

Rasa yang dimilikinya cukup unik, sebab menggunakan beras jamblang dengan tekstur yang lebih kenyal dibandingkan dengan beras biasa.

Jangan lupa untuk mencoba makanan ini di warung-warung khas Nganjuk yang tersebar di berbagai tempat.

Lontong Kikil

Makanan khas Nganjuk ini terdiri dari lontong, kikil, dan sayuran yang dimasak dengan kuah kental yang gurih dan sedikit pedas.

Biasanya makanan ini disajikan dengan kerupuk dan sambal yang membuat rasanya semakin nikmat.

Sate Kere

Sate kere khas Nganjuk yang wajib dicoba. Makanan ini terdiri dari sate ayam yang disajikan dengan bumbu kacang yang lezat.

Rasa yang dimilikinya sangat unik dan gurih, jadi sangat cocok untuk dijadikan sebagai makanan ringan atau camilan di siang hari. Untuk mendapatkan sate ini menjadi lebih enak, tambahkan sedikit bawang goreng di bagian atasnya.

Tahu Tek

Tahu tek salah satu makanan khas Nganjuk yang terdiri dari tahu goreng yang disajikan dengan kuah kacang, potongan ketupat, dan sayuran seperti tauge dan kacang panjang.

Artikel Menarik:  Nikmati 10 Makanan Paling Enak di Dunia yang Tak Tertandingi

Makanan ini memiliki cita rasa yang unik dan gurih, sehingga cocok untuk disantap di siang hari atau sebagai menu makan siang.

Sate Gule

Sate gule khas Nganjuk ini wajib dicoba, sebab terdiri dari daging sapi yang dibakar dan disajikan dengan kuah gule yang kental dan lezat.

Makanan ini memiliki rasa yang unik dan gurih, cocok untuk disantap bersama nasi atau lontong. Jangan lupa untuk mencoba sate gule di warung-warung yang tersebar di berbagai tempat.

Kupat Glabed

Kupat glabed merupakan makanan khas Nganjuk yang terdiri dari ketupat yang diiris-iris dan disajikan dengan kuah kacang, suwir daging, dan sayuran seperti tauge dan kacang panjang.

Hidangan ini memiliki cita rasa yang unik dan gurih, cocok untuk disantap sebagai menu makan siang atau makan malam.

Soto Kudus

Soto kudus ini terdiri dari daging ayam yang dimasak dengan kuah bening yang gurih dan sedikit pedas. Biasanya disajikan dengan tambahan koya, potongan telur, dan daun seledri.

Cita rasa yang dimiliki soto ini cukup unik dan gurih, sehingga cocok disantap sebagai menu makan siang atau makan malam.

Lontong Kupang

Lontong kupang adalah makanan khas Nganjuk yang terdiri dari lontong yang disajikan dengan kuah kacang, suwiran daging, dan kupang (kerang kecil).

Makanan ini memiliki cita rasa yang gurih dan sedikit pedas, cocok untuk disantap sebagai menu makan siang atau makan malam.

Sate Tempe

Seperti namanya, yaitu dibuat dari tempe yang dibakar dan disajikan dengan bumbu kacang yang gurih dan sedikit pedas.

Sate tempe memiliki tekstur yang kenyal dan cita rasa yang lezat, cocok untuk disantap sebagai menu makan siang atau sebagai camilan.

Artikel Menarik:  Mengenal 6 Tari Aceh atau Dikenal Dengan Serambi Mekah

Ayam Goreng Kalasan

Ayam goreng kalasan merupakan makanan khas Nganjuk yang terdiri dari ayam yang dibumbui dengan bumbu rempah khas dan digoreng hingga renyah.

Biasanya disajikan dengan nasi, sambal, dan lalapan sebagai pendamping. Ayam goreng kalasan memiliki cita rasa yang lezat dan cocok untuk disantap sebagai menu makan siang maupun malam.

Kesimpulan

Makanan khas Nganjuk memiliki beragam variasi dan cita rasa yang khas dan unik. Semua makanan diatas patut dicoba, sebab memiliki rasa lezat yang berbeda-beda. Jangan lupa untuk mencicipi makanan khas lainnya saat berkunjung ke daerah tersebut.