makanan khas thailand
freepik.com

Makanan Khas Thailand: Nikmati Kelezatan yang Memikat Selera

Posted on

Thailand, negeri gajah putih yang terkenal dengan keindahan alamnya, juga memiliki kekayaan kuliner yang tidak kalah menarik. Makanan khas Thailand menggabungkan cita rasa unik dengan penggunaan rempah-rempah dan bahan segar yang melimpah.

Dari hidangan pedas yang meledak-ledak hingga hidangan manis yang lezat, Thailand memiliki segalanya untuk memanjakan lidah para penikmat kuliner. Mari kita jelajahi beberapa makanan khas Thailand yang patut Anda coba!

Tom Yum

Jika Anda menyukai sensasi pedas, maka Tom Yum adalah hidangan yang wajib Anda cicipi saat berada di Thailand.

Tom Yum adalah sup pedas yang terbuat dari kaldu tulang dengan campuran bumbu seperti sereh, daun jeruk, jahe, cabai, dan kecombrang.

Sensasi pedas dan segar dari Tom Yum akan membuat lidah bergoyang dan memberikan kenikmatan tersendiri bagi pecinta hidangan pedas.

Pad Thai

Pad Thai salah satu hidangan ikonik Thailand yang telah terkenal di seluruh dunia.

Hidangan ini terdiri dari mie beras yang digoreng dengan bumbu khas Thailand, seperti tamarind, udang, tauge, telur, dan kacang.

Pad Thai memiliki perpaduan rasa yang unik, mulai dari manis, asam, gurih, hingga pedas, yang membuatnya menjadi favorit banyak orang.

Mango Sticky Rice

Jika Anda menyukai manis dan ingin mencicipi makanan penutup yang lezat, jangan lewatkan Mango Sticky Rice.

Hidangan ini terdiri dari nasi ketan yang dimasak dengan santan dan gula, disajikan dengan potongan mangga segar di atasnya.

Perpaduan tekstur kenyal dari ketan dan manisnya mangga segar menciptakan harmoni sempurna di mulut Anda.

Artikel Menarik:  Mengenal Tari Rangguk Ayak Sebagai Kebanggaan Masyarakat Jambi

Green Curry

Makanan khas Thailand selanjutnya yang patut dicoba adalah Green Curry.

Hidangan ini terdiri dari daging atau sayuran yang dimasak dalam kuah kental berwarna hijau, yang terbuat dari campuran cabai hijau, daun jeruk, kemiri, dan rempah-rempah lainnya.

Green Curry memiliki rasa pedas yang khas dan aroma harum yang menggugah selera.

Som Tam

Som Tam adalah salad khas Thailand yang terkenal dengan rasa segar dan pedasnya.

Hidangan ini terbuat dari irisan mentimun, wortel, tomat ceri, dan paprika yang dicampur dengan saus cabai pedas,gula, garam, dan cuka.

Som Tam memiliki perpaduan rasa yang unik, antara manis, asam, pedas, dan sedikit gurih. Rasanya yang menyegarkan membuatnya menjadi hidangan yang cocok untuk dinikmati di cuaca panas.

Pad Kra Pao

Bagi pecinta makanan pedas, Pad Kra Pao adalah pilihan yang sempurna. Hidangan ini terdiri dari daging cincang yang digoreng dengan bawang putih, cabai, dan daun basil.

Rasa pedas yang kuat dan aroma harum daun basil membuat Pad Kra Pao menjadi hidangan yang menggugah selera dan nikmat disantap bersama nasi hangat.

Khao Soi

Jika Anda mengunjungi wilayah utara Thailand, jangan lewatkan untuk mencicipi Khao Soi.

Hidangan ini terdiri dari mie kuning yang disajikan dengan kuah kental berbumbu, daging (biasanya ayam atau sapi), dan potongan sayuran.

Rasa gurih dan kaya rempah Khao Soi akan membuat Anda ketagihan dan menginginkan lebih banyak lagi.

Massaman Curry

Salah satu hidangan khas Thailand yang unik adalah Massaman Curry. Hidangan ini merupakan perpaduan antara rempah-rempah khas Timur Tengah dengan sentuhan khas Thailand.

Massaman Curry memiliki rasa kaya, gurih, dan sedikit manis. Daging dan kentang dimasak dalam kuah kental yang menggugah selera. Rasanya yang lezat membuatnya menjadi salah satu hidangan favorit di Thailand.

Artikel Menarik:  Interpretasi Adalah Tafsiran, Bagaimana Cara Tepat Melakukannya?

Satay

Satay adalah hidangan daging panggang yang terkenal di seluruh Asia Tenggara, termasuk Thailand.

Potongan daging ditusuk menggunakan tusuk sate, kemudian dipanggang dengan api hingga matang.

Biasanya disajikan dengan saus kacang kental yang memiliki rasa gurih dan manis. Hidangan ini merupakan kombinasi sempurna antara rasa daging yang juicy dan saus kacang yang lezat.

Khao Pad

Jika Anda mencari hidangan yang sederhana namun lezat, Khao Pad adalah pilihan yang tepat.

Khao Pad adalah nasi goreng ala Thailand yang disajikan dengan daging ayam, udang, sapi, telur, dan potongan sayuran.

Rasa gurih dari nasi yang digoreng dengan bumbu khas Thailand membuat Khao Pad menjadi hidangan yang cocok untuk dijadikan menu sehari-hari.

Kanom Krok

Kanom Krok adalah pancake khas Thailand yang memiliki tekstur kenyal di dalam dan renyah di luar.

Makanan ini terbuat dari campuran tepung beras, santan, gula kelapa, dan jagung manis, sehingga cocok menjadi hidangan penutup yang manis dan lezat.

Dapat dinikmati hangat atau dingin, hidangan ini sangat cocok untuk menemani secangkir teh atau kopi di sore hari.

Kesimpulan

Dari hidangan pedas yang menggugah selera hingga hidangan penutup manis yang memanjakan lidah, makanan khas Thailand menawarkan beragam kelezatan yang patut untuk dijelajahi.

Dengan perpaduan unik dari rempah-rempah, bahan segar, dan teknik memasak tradisional, makanan khas Thailand memberikan pengalaman kuliner yang tak terlupakan.

Jika Anda berkesempatan mengunjungi Thailand, pastikan untuk mencoba berbagai hidangan di atas!

Artikel Menarik:  Makanan Khas Medan yang Lezat dan Menggugah selera