makanan khas perancis
pixabay.com

Makanan Khas Perancis yang Lezat dan Populer di Seluruh Dunia

Posted on

Perancis dikenal sebagai salah satu negara dengan masakan terbaik di dunia. Makanan khas Perancis sangat terkenal di seluruh dunia, dan bisa ditemukan di restoran di berbagai negara.

Masakan Perancis memiliki ciri khas tersendiri, seperti rasa yang kaya dan bahan-bahan berkualitas tinggi. Di artikel ini, kami akan membahas beberapa makanan khas Perancis yang patut dicoba.

Escargot

Salah satu makanan khas Perancis yang terkenal adalah escargot. Escargot berupa siput yang dimasak dengan bumbu khas Perancis seperti bawang putih, mentega, dan parsley.

Siput ini biasanya dihidangkan dalam cangkangnya sendiri, dan disajikan dengan roti panggang. Meskipun terdengar aneh, escargot sangat lezat dan menjadi hidangan favorit di Perancis.

Coq Au Vin

Coq Au Vin merupakan ayam panggang yang dimasak dengan bahan-bahan seperti wine merah, bawang putih, dan jamur.

Hidangan ini berasal dari daerah Burgundy di Perancis dan menjadi sangat populer di seluruh dunia. Ayamnya sangat lembut dan bumbunya sangat kaya akan rempah, jadi sangat cocok dihidangkan pada acara-acara istimewa.

Ratatouille

Hidangan sayur khas Perancis ini terdiri dari bahan-bahan seperti tomat, terong, paprika, dan bawang putih.

Ratatouille sangat populer di seluruh Perancis, bahkan merupakan hidangan yang cocok untuk vegetarian. Rasanya sangat segar dan sangat pas disantap di musim panas.

Quiche

Quiche salah satu makanan khas Perancis yang terbuat dari bahan-bahan seperti telur, keju, dan sayuran.

Biasanya dimakan saat sarapan atau brunch di Perancis. Quiche bisa dibuat dengan berbagai macam isian, seperti bayam, jamur, atau daging. Rasanya sangat lezat dan cocok untuk disantap kapan saja.

Artikel Menarik:  Makanan Khas Nganjuk Jawa Timur yang Menggugah Selera

Croissant

Croissant merupakan roti khas Perancis yang terbuat dari adonan tipis dan dipanggang hingga kecoklatan.

Roti ini diisi dengan berbagai macam seperti selai, mentega, atau keju. Jadi Croissant sangat populer di seluruh dunia dan menjadi simbol dari masakan Perancis.

Bouillabaisse

Bouillabaisse adalah sup khas Perancis yang terdiri dari berbagai macam ikan, udang, dan kerang.

Hidangan ini berasal dari daerah Provence di Perancis, dan biasanya dimakan dengan roti panggang. Rasanya sangat segar dan cocok untuk disantap di musim panas.

Crème Brûlée

Makanan khas Perancis yang menjadi hidangan pencuci mulut ini terbuat dari custard yang dibakar dengan gula di atas nya hingga menghasilkan kerak yang renyah.

Hidangan ini sangat populer di seluruh Perancis, sebab memiliki tekstur yang lembut dan rasa yang manis, sehingga cocok untuk disantap setelah makan.

Baguette

Baguette adalah makanan khas Perancis berupa roti tipis yang terbuat dari adonan tepung terigu, ragi, air, dan garam.

Biasanya roti ini dimakan pada waktu sarapan di Perancis, dan bisa dimakan dengan berbagai macam isian seperti selai, mentega, atau keju.

Salade Niçoise

Salade Niçoise adalah hidangan salad yang terdiri dari bahan-bahan seperti tuna, kentang, telur rebus, dan tomat.

Makanan khas ini berasal dari daerah Nice di Perancis, dan biasanya disajikan dengan saus salad vinaigrette.

Tarte Tatin

Tarte Tatin salah satu makanan khas Perancis yang tepatnya dari daerah Loire. Makanan ini terbuat dari apel yang dimasak dengan mentega dan gula di atas adonan tipis yang dipanggang hingga kecoklatan.

Hidangan ini sangat populer di restoran-restoran Perancis di seluruh dunia, sebab memiliki rasa yang manis dan cocok untuk disantap setelah makan.

Artikel Menarik:  Makanan Khas Purworejo: Kelezatan yang Menggugah Selera

Kesimpulan

Makanan khas Perancis di atas tentu memiliki rasa dan aroma yang khas, sehingga menjadi daya tarik bagi para pengunjung yang ingin mencicipi hidangan tersebut.

Bagi Anda yang ingin mencoba hidangan khas Perancis, sebaiknya kunjungi restoran Perancis atau warung makan yang menyajikan hidangan khas Perancis di kota Anda. Selamat mencicipi dan menikmati kelezatan masakan Perancis!