oleh oleh khas dieng

Cicipi 10 Oleh-Oleh Khas Dieng: Wisata Gunung yang Menggoda

Posted on

Tengahviral.comOleh-Oleh Khas Dieng – Dieng Plateau, sebuah wilayah pegunungan di Jawa Tengah, telah lama dikenal sebagai destinasi wisata alam yang menakjubkan.

Dengan pemandangan yang mempesona, udara yang sejuk, dan kehidupan kultural yang kaya, Dieng Plateau menjadi tempat yang tak boleh dilewatkan bagi para pelancong.

Selain keindahan alamnya, Dieng juga terkenal dengan oleh-oleh khasnya yang menggoda selera. Inilah beberapa oleh-oleh khas Dieng yang wajib Anda cicipi saat berkunjung ke sana.

Oleh-Oleh Khas Dieng Apa Saja?

Dieng memiliki beberapa oleh-oleh khas yang bisa Anda bawa pulang setelah berkunjung ke sana. Beberapa oleh-oleh tersebut, antara lain:

1. Beras Kencur

Beras kencur adalah oleh-oleh khas Dieng yang mengandung manfaat kesehatan. Ramuan tradisional ini terbuat dari beras yang dicampur dengan rempah kencur dan bahan alami lainnya.

Khasiatnya dipercaya dapat membantu meredakan masalah perut, menghangatkan tubuh, dan meningkatkan stamina.

Dieng memiliki produk beras kencur berkualitas tinggi yang telah menjadi favorit bagi wisatawan yang ingin membawa pulang oleh-oleh kesehatan.

2. Madu Perhutani

Salah satu oleh-oleh yang tak boleh dilewatkan saat berkunjung ke Dieng yaitu madu perhutani.

Madu ini dihasilkan dari lebah yang hidup di hutan-hutan rakyat, kemudian dikelola oleh perhutani atau badan usaha milik negara yang bertanggung jawab atas pengelolaan hutan.

Selain itu, madu ini juga memiliki kualitas yang terjaga dengan baik karena berasal dari lingkungan alami yang bersih dan sehat.

Artikel Menarik:  Makanan Khas Subang: Kuliner Ikonik yang Mengenyangkan

Rasanya yang manis dengan aroma alami dari hutan membuat madu perhutani menjadi pilihan oleh-oleh yang tepat dan menyenangkan untuk dibawa pulang.

3. Kerajinan Batik

Batik adalah warisan budaya Indonesia yang telah diakui oleh UNESCO sebagai warisan dunia. Saat mengunjungi Dieng, Anda dapat membeli oleh-oleh berupa kain batik dengan motif khas Dieng.

Batik Dieng memiliki pola-pola yang terinspirasi dari alam sekitar, seperti gunung, awan dan matahari terbit. Dengan keindahannya, kain batik ini sering digunakan sebagai kemeja, baju dress atau bahkan hiasan dinding.

Saat membeli kerajinan batik khas Dieng, Anda tidak hanya membawa pulang souvenir yang indah, tetapi juga turut mendukung para pengrajin lokal dalam melestarikan seni tradisional Indonesia.

4. Souvenir Gunung Prau

Bagi para pendaki gunung, pendakian ke gunung prau di Dieng merupakan pengalaman yang tak terlupakan.

Setelah mencapai puncak yang menakjubkan, Anda dapat membawa pulang oleh-oleh berupa souvenir gunung prau.

Souvenir ini bisa berupa gantungan kunci, pin atau kaos dengan logo gunung prau sebagai kenang-kenangan indah dari petualangan mendaki Anda.

Selain sebagai oleh-oleh pribadi, souvenir gunung prau juga dapat menjadi hadiah yang unik untuk teman atau keluarga yang senang berpetualang.

5. Telur Rebus Belut

Salah satu oleh-oleh khas Dieng yang cukup unik yaitu telur rebus belut. Belut merupakan hewan air yang hidup di daerah rawa dan sawah.

Namun di Dieng, belut diolah menjadi camilan dengan cara merebusnya hingga matang. Rasanya yang gurih dan teksturnya kenyal membuat makanan ini menjadi oleh-oleh yang paling dicari para wisatawan.

Selain itu, telur rebus belut juga dipercaya memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh.

Artikel Menarik:  Mengulik 4 Macam Tari Perjuangan Beserta Keunikannya

6. Cenil

Cenil adalah makanan ringan tradisional khas Jawa Tengah, termasuk Dieng. Makanan ini terbuat dari tepung ketan yang dicampur dengan gula dan kelapa parut.

Cenil memiliki tekstur yang kenyal dan lembut, dengan rasa gurih dari kelapa dan manis dari gula.

Selain itu, cenil juga hadir dalam berbagai warna dan bentuk, menambah daya tariknya sebagai oleh-oleh yang menarik untuk dibawa pulang.

7. Permen Jahe

Permen jahe merupakan oleh-oleh khas Dieng yang cocok untuk Anda yang menyukai sensasi pedas dan hangat.

Jahe adalah rempah yang telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional Indonesia. Permen ini dibuat dari jahe pilihan dengan tambahan gula, sehingga memiliki perpaduan rasa yang unik dan menghangatkan tenggorokan.

Selain sebagai oleh-oleh, permen jahe juga sering menjadi pilihan masyarakat setempat untuk membantu meredakan masalah tenggorokan dan pilek.

8. Carica Dieng

Carica atau sering juga disebut dengan carica manis, adalah oleh-oleh khas Dieng yang tidak boleh dilewatkan.

Pada umumnya, carica sejenis buah nangka yang telah difermentasi menggunakan gula aren dan diproses hingga menjadi manisan yang lezat.

Rasanya yang manis dengan sedikit rasa asam dan teksturnya yang kenyal membuatnya menjadi camilan yang menggoda selera.

Setiap gigitan dari carica Dieng akan membawa kenangan indah dari kawasan pegunungan ini.

9. Keripik Tempe

Salah satu oleh-oleh terpopuler dari Dieng adalah keripik tempe yang terbuat dari kacang kedelai fermentasi..

Keripik tempe salah satu makanan daerah yang dimodifikasi menjadi makanan tradisional yang banyak disukai disetiap kalangan. 

Makanan memiliki cita rasa yang gurih dan tekstur yang renyah, membuatnya menjadi camilan yang sempurna untuk menemani momen santai Anda.

Artikel Menarik:  Perbedaan Malam Lailatul Qadar dan Nuzulul Quran

Rasanya yang unik dan khas membuat keripik tempe ini sulit untuk ditolak oleh siapapun yang mencobanya.

10. Sarung Jagad

Sarung Jagad berupa kain tenun khas Dieng yang merupakan karya seni tradisional yang indah dan bernilai tinggi.

Tenun sarung ini memiliki motif khas yang menceritakan tentang alam, budaya, dan kearifan lokal Dieng. Proses pembuatannya dilakukan secara manual dan membutuhkan keahlian tinggi dari para pengrajin.

Membawa pulang sarung jagad sebagai oleh-oleh tidak hanya memberikan kesan estetika yang mendalam tetapi juga mendukung pelestarian budaya lokal.

Kesimpulan

Dieng Plateau adalah destinasi wisata alam yang menakjubkan di Jawa Tengah yang tidak hanya menawarkan keindahan pemandangan, tetapi juga berbagai oleh-oleh khas yang menggoda selera.

Selain memuaskan hasrat kuliner Anda, oleh-oleh khas Dieng juga dapat menjadi kenang-kenangan berharga dari petualangan seru Anda di dataran tinggi ini.

Jangan lupa untuk mencicipi dan membawa pulang beberapa oleh-oleh khas Dieng saat Anda berkunjung ke sana. Selamat berwisata dan selamat menikmati lezatnya kuliner dan keindahan alam Dieng Plateau!