makanan khas aceh
freepik.com

Makanan Khas Aceh: Nikmati Sensasi Kuliner yang Berbeda

Posted on

Makanan khas Aceh merupakan salah satu kekayaan kuliner Indonesia yang tidak boleh terlewatkan. Aceh terletak di ujung barat Pulau Sumatera yang memiliki banyak makanan khas dan menggugah selera.

Artikel ini akan membahas beberapa makanan khas Aceh yang patut dicoba.

Nasi Goreng Aceh

Jangan lewatkan kesempatan untuk mencoba nasi goreng Aceh yang kaya rempah ini. Biasanya disajikan dengan tambahan telur, daging, dan kerupuk sebagai topping-nya.

Rasanya yang gurih dan pedas akan membuat Anda ketagihan.

Mie Aceh

Mie Aceh salah satu makanan yang paling terkenal dari Aceh. Biasanya disajikan dengan kuah kental dan pedas yang terbuat dari bumbu rempah khas Aceh.

Anda juga dapat menambahkan daging, udang, atau sayuran sesuai selera.

Ayam Tangkap

Makanan khas Aceh satu ini terbuat dari ayam goreng yang disiram dengan bumbu kacang yang lezat. Rasanya yang kaya dan lezat membuat ayam tangkap menjadi salah satu hidangan favorit di Aceh.

Sate Matang

Sate Matang adalah salah satu hidangan Aceh yang terbuat dari daging sapi atau kambing dan dimasak dengan bumbu rempah khas Aceh, kemudian disajikan dengan kuah kacang.

Martabak Aceh

Martabak Aceh yang lezat ini terbuat dari adonan tepung yang diisi dengan daging cincang, telur, dan sayuran. Rasanya yang lezat dan kaya rempah membuat Martabak Aceh menjadi makanan yang wajib dicoba di Aceh.

Kuah Beulangong

Kuah Beulangong salah satu hidangan khas Aceh yang terbuat dari daging sapi atau kambing dan dimasak dengan rempah khas Aceh. Biasanya disajikan dengan ketupat dan sambal untuk memberikan rasa yang lebih lezat.

Artikel Menarik:  Makanan Khas Sumatera Barat yang lezat dan autentik

Gulai Kambing

Hidangan khas Aceh ini terbuat dari daging kambing yang dimasak dengan bumbu rempah dan santan. Biasanya disajikan dengan nasi atau ketupat dan rasanya yang lezat akan membuat Anda ketagihan.

Nasi Briyani Aceh

Nasi briyani Aceh salah satu makanan khas Aceh, pembuatannya dari nasi yang dimasak dengan rempah khas Aceh.

Biasanya disajikan dengan daging atau ayam dan dilengkapi dengan acar dan sambal. Rasanya yang gurih dan rempah membuat hidangan ini menjadi salah satu makanan yang harus dicoba di Aceh.

Tumis Kangkung Aceh

Makanan khas ini salah satu hidangan sayuran yang lezat di Aceh. Kangkung yang dimasak dengan bumbu rempah khas Aceh dan disajikan dengan sambal dan nasi, akan memberikan rasa yang lezat dan pedas.

Roti Cane

Roti cane merupakan makanan ringan yang populer di Aceh. Dimana terbuat dari adonan tepung yang diaduk dengan telur dan margarin, kemudian digoreng.

Rasanya yang gurih dan renyah membuat roti cane menjadi hidangan yang cocok untuk sarapan atau camilan.

Kuah Pliek U

Kuah pliek U salah satu hidangan khas Aceh yang terbuat dari ikan tuna yang dimasak dengan bumbu rempah khas Aceh.

Biasanya disajikan dengan ketupat dan sayuran sebagai pelengkapnya. Rasanya yang lezat dan pedas akan membuat Anda ketagihan.

Mi Rebus Aceh

Mi rebus Aceh adalah hidangan mi yang dimasak dengan kuah kental dan pedas yang terbuat dari bumbu rempah khas Aceh.

Biasanya disajikan dengan daging sapi atau kambing dan sayuran sebagai toppingnya. Rasanya yang pedas dan gurih akan membuat Anda ketagihan.

Lemang

Lemang khas Aceh ini terbuat dari ketan yang dimasak dengan santan dalam bambu.

Artikel Menarik:  Kerajaan Banjar: Sejarah, Budaya, dan Peninggalannya

Biasanya disajikan dengan ayam atau daging rendang sebagai pelengkapnya. Rasanya yang lezat dan gurih membuat hidangan ini menjadi salah satu makanan yang harus dicoba di Aceh.

Kesimpulan

Setiap daerah di Indonesia memiliki keunikan dan kekhasan masing-masing dalam hal makanan. Begitu juga dengan Aceh yang memiliki banyak makanan yang lezat dan beragam.

Semua hidangan khas Aceh memiliki ciri khas rempah yang kuat dan unik, sehingga membuatnya sangat lezat dan nikmat untuk disantap.