makanan khas ambon
freepik.com

Makanan Khas Ambon: Nikmati Kelezatan Kuliner Nusantara

Posted on

Indonesia memiliki kekayaan kuliner yang beragam dan lezat. Salah satu yang tidak boleh dilewatkan adalah makanan khas Ambon.

Makanan Khas Ambon yang Lezat

Kota ini terkenal dengan keanekaragaman masakan yang menggugah selera. Berikut adalah beberapa makanan khas Ambon yang patut dicoba:

1. Papeda

Papeda salah satu makanan khas Maluku yang terbuat dari sagu. Biasanya disajikan dengan kuah ikan dan sayuran seperti kangkung, kacang panjang, dan daun singkong.

Rasanya gurih dan nikmat, terutama jika disajikan dengan ikan kuah kuning khas Maluku.

2. Nasi Lapola

Nasi Lapola adalah nasi yang dimasak dengan bumbu rempah-rempah khas Maluku, seperti cengkeh, kayu manis, dan kapulaga.

Nantinya akan disajikan dengan ayam goreng atau ikan asam pedas. Rasanya enak dan cukup pedas untuk memanjakan lidah Anda.

3. Bobara

Makanan khas Ambon ini terbuat dari singkong dan kelapa parut yang dicampur dengan gula merah. Umumnya disajikan sebagai camilan atau hidangan penutup.

4. Sagu Keju

Sagu Keju merupakan kue khas Ambon yang terbuat dari sagu, keju, dan telur. Kue ini disajikan sebagai cemilan atau hidangan penutup, sebab memiliki rasa gurih dan enak.

5. Roti Jahe

Roti Jahe adalah roti khas Ambon yang terbuat dari tepung terigu, jahe, dan gula. Biasanya disajikan sebagai hidangan penutup, sebab memiliki rasa manis dan aroma jahe yang khas.

6. Rawon Ambon

Makanan khas Ambon ini terbuat dari daging sapi dan rempah-rempah seperti kluwek dan kelapa parut. Nantinya akan dengan nasi putih dan sayur lodeh. Rasanya gurih dan sedikit pahit karena penggunaan kluwek.

Artikel Menarik:  Tari Kreasi Baru, kesenian dan Budaya yang Ada di Nusantara

7. Sayur Kelor

Sayur Kelor salah satu masakan khas Ambon yang terbuat dari daun kelor dan santan. Biasanya disajikan dengan ikan atau ayam goreng dan nasi putih.

8. Mie Titi

Mie khas Ambon ini terbuat dari tepung sagu yang akan disajikan dengan kuah kaldu ikan dan sayuran seperti kangkung dan daun singkong. Rasanya gurih dan kenyal, cocok disantap saat cuaca dingin.

9. Burasa

Makanan Ambon satu ini di buat dari ketan yang dibungkus dengan daun pisang dan dimasak dalam kukusan.

Biasanya disajikan sebagai camilan atau hidangan penutup. Rasanya manis dan lezat, dengan aroma daun pisang yang khas.

Kesimpulan

Makanan khas Ambon memiliki keunikan dan kelezatan yang tidak boleh dilewatkan. Dari berbagai jenis masakan yang terbuat dari ikan, rempah-rempah, dan kelapa.

Semua jenis makanan tersebut menawarkan cita rasa yang berbeda dari masakan Indonesia lainnya.

Selain itu, ada juga minuman khas Ambon seperti Es Pisang Ijo yang menyegarkan di tengah cuaca panas. Jangan lupa juga mencoba makanan pedas khas Ambon seperti Kapurung yang sangat cocok untuk penggemar pedas.