Makanan Khas Bali Halal

10 Makanan Khas Bali Halal: Lezatnya Kuliner di Pulau Dewata

Posted on

Tengahviral.comMakanan Khas Bali Halal – Pulau Bali salah satu destinasi wisata terpopuler di Indonesia yang terkenal dengan keindahan alamnya.

Selain itu, Bali juga dikenal dengan ragam makanan khasnya yang menggugah selera. Bagi wisatawan Muslim, mencari makanan halal menjadi prioritas saat mengunjungi Bali.

Beruntungnya, Bali menyediakan banyak pilihan makanan khas yang halal. Simak artikel ini, untuk menjelajahi beberapa makanan khas Bali yang lezat dan halal.

Jenis-Jenis Makanan Khas Bali Halal

Ada beberapa jenis makanan khas Bali yang umumnya halal dan cocok dikonsumsi oleh umat Muslim. Berikut adalah beberapa contoh makanan khas Bali yang halal:

1. Nasi Campur Bali

Salah satu makanan khas Bali yang sangat terkenal adalah Nasi Campur Bali. Makanan ini dilengkapi dengan nasi putih, daging sapi atau ayam, sayuran, telur, sambal matah, dan kerupuk.

Rasanya yang lezat dan gurih membuatnya menjadi hidangan favorit banyak orang, baik masyarakat lokal maupun turis.

Untuk wisatawan Muslim, tak perlu khawatir karena nasi campur Bali juga tersedia dalam versi halal dengan menggunakan daging halal dan bumbu-bumbu yang bebas dari unsur haram.

2. Sate Lilit Bali

Sate Lilit adalah salah satu hidangan lezat Bali dari tepi pantai yang sangat populer di kalangan wisatawan.

Dimana terbuat dari daging ikan atau daging ayam yang dihaluskan dan dibumbui dengan rempah-rempah khas, hingga memiliki cita rasa yang unik.

Artikel Menarik:  2 Jenis Rumah Adat Nias Dengan Ciri Khas yang Berbeda - Beda

Biasanya hidangan ini disajikan dengan nasi putih, sayuran, dan sambal matah.

Bagi wisatawan Muslim, banyak restoran atau warung di Bali yang menyajikan sate lilit halal, sehingga mereka juga bisa menikmati kelezatannya tanpa ragu.

3. Jaje Bali

Berbicara tentang makanan khas Bali, tidak lengkap rasanya jika tidak menyebutkan Jaje Bali, sejenis kue tradisional yang terbuat dari ketan, kelapa parut, gula merah dan pisang.

Kelezatannya terletak pada tekstur yang kenyal dan rasa manis gula merah yang terasa saat menggigitnya. Biasanya banyak dijumpai di berbagai perayaan adat atau upacara di Bali.

Untuk wisatawan Muslim yang ingin mencicipi Jaje Bali, banyak toko kue atau warung tradisional yang menyediakannya dalam versi halal.

4. Ayam Betutu

Ayam Betutu salah satu hidangan khas Bali yang sangat terkenal dengan kelezatan rempah-rempahnya.

Hidangan ini berupa ayam utuh yang dimasak dengan bumbu rempah-rempah seperti bawang merah, bawang putih, cabai, jahe, kunyit, dan rempah lainnya.

Proses memasaknya memakan waktu yang lama agar bumbu meresap dan menghasilkan cita rasa yang lezat.

5. Pesinggahan

Bagi pecinta seafood, pesinggahan adalah hidangan yang wajib dicoba saat berkunjung ke Bali.

Pesinggahan adalah olahan ikan segar yang dibumbui dengan rempah-rempah khas Bali, kemudian dibungkus dengan daun pisang dan dipanggang.

Hidangan ini memberikan sensasi rasa yang unik dan menampilkan kelezatan ikan segar yang terasa dalam setiap gigitan.

6. Rujak Bulung

Rujak bulung adalah makanan khas Bali yang unik dan menggugah selera. 

Makanan ini terdiri dari campuran buah-buahan segar seperti mangga, jambu biji, nanas, dan kedondong yang disiram dengan bumbu rujak yang terbuat dari campuran gula, cabai, tamarind, dan bumbu rempah lainnya.

Artikel Menarik:  Belum Tahu Alat Musik Gong? Ini Dia Jenis Serta Fungsinya

Kombinasi antara manisnya buah-buahan dan kepedasan bumbu rujak memberikan sensasi rasa yang menyegarkan.

Jadi, cukup banyak wisatawan Muslim yang menikmati rujak bulung sebagai makanan ringan saat siang hari.

7. Lawar

Makanan khas daerah Bali ini terbuat dari campuran sayuran segar, daging cincang, kelapa parut, dan rempah-rempah.

Lawar memiliki rasa yang unik dan segar, dengan sentuhan bumbu khas Bali yang memberikan cita rasa yang istimewa. Ada berbagai jenis lawar di Bali, seperti lawar ayam, bebek, dan awar babat.

8. Bubur Mengguh

Bubur Mengguh merupakan hidangan bubur tradisional Bali yang terbuat dari beras ketan hitam yang dimasak dengan santan dan gula kelapa.

Hidangan ini memiliki tekstur yang kental dan rasa yang manis, jadi sering dihidangkan saat upacara adat atau perayaan tertentu di Bali.

Bagi wisatawan Muslim, Bubur Mengguh dapat dinikmati dengan aman karena bahan-bahannya yang halal dan terbebas dari unsur haram.

9. Tum Ayam

Hidangan unik ini terbuat dari daging ayam yang dibumbui dengan rempah-rempah khas Bali, kemudian dibungkus dengan daun pisang dan dikukus.

Proses pengukusan membuat rempah-rempah meresap ke dalam daging ayam, hingga menghasilkan aroma harum yang menggugah selera.

Biasanya hidangan ini disajikan dengan nasi putih dan sambal matah.

10. Pisang Rai

Pisang Rai adalah Makanan penutup tradisional Bali, terbuat dari pisang yang dikukus, kemudian dilapisi dengan adonan tepung beras dan kelapa parut yang dicampur gula merah.

Makanan ini memiliki rasa manis yang lezat dan tekstur yang kenyal. Biasanya dijumpai dalam acara perayaan atau upacara adat di Bali.

Bagi wisatawan Muslim, pisang rai halal dapat dinikmati sebab bahan-bahan yang digunakan adalah halal.

Artikel Menarik:  Makanan Khas Makassar: Kelezatan yang Memanjakan Lidah

Kesimpulan

Makanan khas Bali yang halal tidak hanya melimpah dalam kelezatan, tetapi juga mencerminkan keragaman kuliner pulau ini. 

Dalam petualangan kuliner di Bali, wisatawan Muslim dapat menemukan hidangan-hidangan yang sesuai dengan kebutuhan dan keyakinan mereka.

Dengan memastikan bahan-bahan dan bumbu yang digunakan adalah halal, wisatawan Muslim dapat merasakan kelezatan dan keunikan kuliner Bali tanpa khawatir.