makanan khas 34 provinsi

Makanan Khas 34 Provinsi Indonesia dari Sabang sampai Merauke

Posted on

Tengahviral.comMakanan Khas 34 Provinsi – Indonesia, sebagai negara kepulauan dengan kekayaan budaya yang melimpah, juga membanggakan beragam makanan khas dari 34 provinsinya.

Setiap provinsi memiliki keunikan dan cita rasa tersendiri dalam hidangan tradisionalnya, bahkan menjadi kebanggaan serta daya tarik kuliner yang tak terbantahkan.

Artikel ini akan membawa Anda dalam perjalanan memasuki dunia kelezatan dan keanekaragaman makanan khas 34 provinsi Indonesia yang menggugah selera.

Jenis-Jenis Makanan Khas 34 Provinsi Indonesia

Berikut adalah beberapa contoh makanan khas dari setiap provinsi di Indonesia.

Namun, perlu diingat bahwa daftar ini mungkin tidak mencakup semua makanan khas setiap provinsi dan hanya menyebutkan beberapa contoh populer.

1. Aceh

Di Provinsi Aceh, Anda akan menemukan makanan khas yang menggoda selera dengan cita rasa pedasnya.

Salah satu hidangan yang terkenal adalah nasi goreng Aceh, yang disajikan dengan bumbu khas seperti rempah-rempah dan cabai.

Selain itu, ada juga mie Aceh dengan kuah kental dan topping seperti daging sapi dan kerang.

2. Bali

Pulau Bali tidak hanya terkenal dengan pantainya yang indah, tetapi juga dengan kelezatan kuliner khasnya.

Makanan yang paling terkenal yaitu babi guling, dimana daging babi dipanggang dengan rempah-rempah hingga menjadi renyah di luar dan juicy di dalam.

3. Bangka Belitung

Provinsi ini memiliki makanan khas yang unik dan lezat seperti mie belitung atau mie kuning dengan kuah kental yang disajikan dengan potongan daging babi, seafood, dan sayuran segar.

Kemudian ada kemplang, berupa makanan ringan yang terbuat dari ikan tenggiri yang diolah menjadi kerupuk dengan rasa yang gurih.

4. Banten

Banten terkenal dengan wilayah pesisirnya, sehingga menawarkan berbagai hidangan laut segar yang menggugah selera.

Misalnya pesmol, ikan yang dimasak dengan bumbu kuning dan bahan tambahan seperti tomat, kemangi, dan cabai.

Selain itu, ada juga kue serabi, pancake yang terbuat dari tepung beras dan disajikan dengan kelapa parut dan gula merah.

5. Bengkulu

Di Provinsi Bengkulu, Anda dapat menikmati makanan tradisional dengan sentuhan pedas yang khas seperti dendeng batokok atau daging sapi yang digoreng kering dengan bumbu pedas.

6. Gorontalo

Provinsi Gorontalo terkenal dengan hidangan ikan bakarnya yang lezat.

Salah satu hidangan yang patut dicoba adalah ikan bakar kuah pindang, ikan yang dipanggang dengan bumbu kemiri, cabai, dan rempah-rempah, lalu disajikan dengan kuah pindang yang segar.

Selain itu, ada juga bubur tinutuan yang terbuat dari beragam biji-bijian dan disajikan dengan sayuran dan daging.

Artikel Menarik:  4 Cara Registrasi PUPNS Terbaru Lengkap dengan Persyaratannya

7. DKI Jakarta

DKI Jakarta, sebagai ibu kota Indonesia ini memiliki beragam makanan khas yang menggugah selera seperti ketoprak.

Ketoprak adalah hidangan berbahan dasar tahu, bihun, dan lontong yang disajikan dengan kuah kacang, irisan mentimun, tauge, dan kerupuk. 

8. Jambi

Jambi menyajikan kuliner dengan rasa manis yang menggoda, terutama hidangan berbahan dasar durian, seperti dodol durian dan gula kelapa.

Selain itu, Anda juga serabi yang diisi dengan potongan durian segar dan disajikan dengan gula merah cair di atasnya.

9. Jawa Barat

Provinsi ini memiliki beragam hidangan yang menggugah selera. Salah satunya nasi timbel yang dimasak dengan daun pisang dan disajikan dengan berbagai lauk seperti ikan bakar, ayam goreng, atau tahu tempe.

Selain itu, ada juga batagor, bakso tahu goreng yang disajikan dengan saus kacang dan kecap.

10. Jawa Tengah

Salah satu makanan khas dari Provinsi Jawa Tengah yang terkenal adalah Gudeg. Makanan ini berbahan dasar nangka muda yang dimasak dengan santan dan bumbu khas.

Rasa yang dimilikinya sangat gurih dan sering disajikan dengan nasi, ayam, telur, dan sambal krecek.

11. Jawa Timur

Jawa Timur memiliki makanan khas yang lezat seperti rawon, sup daging sapi dengan kuah hitam yang kaya rempah. Biasanya disajikan dengan nasi dan bumbu pelengkap seperti tauge, telur asin, dan sambal.

Selain itu, ada juga rujak cingur, salad buah dengan tambahan irisan cingur (mulut sapi) dan petis (saus ikan).

12. Kalimantan Barat

Provinsi ini memiliki makanan khas dengan aroma pedas yang menggugah selera seperti  ambuyat, hidangan tradisional yang terbuat dari sagu yang diolah menjadi bubur kental.

Selain itu, ada juga sambal lombok ijo yang terbuat dari cabai hijau dan dihaluskan dengan bumbu-bumbu lainnya. Biasanya disajikan sebagai pelengkap hidangan seperti nasi goreng atau ayam bakar.

13. Kalimantan Selatan

Kalimantan Selatan terkenal dengan kelezatan soto Banjar yang telah menjadi ikon kuliner daerah ini.

Soto ini memiliki kuah bening yang gurih dan disajikan dengan daging ayam atau daging sapi serta bumbu yang khas.

Selain itu, Anda juga dapat mencoba pindang patin, ikan patin yang dimasak dalam kuah pedas dengan bumbu rempah-rempah.

14. Kalimantan Tengah

Salah satu makanan yang patut dicoba di provinsi ini yaitu ampyang. Ampyang merupakan makanan ringan yang terbuat dari ketan, kemudian digoreng dengan tambahan kelapa parut dan gula merah.

Selain itu, ada juga makanan khas seperti keladi goreng, singkong rebus, atau pisang goreng yang memanjakan lidah.

15. Kalimantan Timur

Manuk Pansuh adalah makanan khas Kalimantan Timur, terbuat dari ayam yang dimasak dalam bambu dengan tambahan bumbu seperti serai, daun salam, daun jeruk, dan rempah-rempah lainnya.

Proses memasak dalam bambu memberikan aroma khas dan membuat daging ayam menjadi empuk serta bumbunya meresap dengan sempurna.

16. Kalimantan Utara

Di Kalimantan Utara, terdapat makanan khas yang lezat dan menggugah selera. Salah satunya woku belanga, hidangan ikan atau daging yang dimasak dengan bumbu woku (bumbu khas Manado) dan dimasak dalam belanga (periuk tanah liat).

Rasanya yang pedas dan segar membuat makanan ini menjadi hidangan yang disukai oleh banyak orang di Kalimantan Utara.

Artikel Menarik:  Makanan Khas Ngawi: Menikmati Kuliner yang Lezat dan Autentik

17. Kepulauan Riau

Kepulauan Riau memiliki makanan khas yang lezat dan beragam, terutama hidangan seafood. Namun makanan yang paling terkenal yaitu gonggong, sejenis siput laut yang dimasak dengan bumbu pedas dan disajikan sebagai hidangan pembuka.

Selain itu, ada juga makanan otak-otak yang terbuat dari ikan dan diolah menjadi adonan yang dibungkus dengan daun pisang sebelum dipanggang. 

18. Lampung

Provinsi ini memiliki hidangan Sunda yang aroma dan kelezatannya dapat menggugah selera. Contohnya seperti pepes ikan, ikan yang dibungkus dengan daun pisang dan dipanggang dengan bumbu rempah-rempah.

Selain itu, ada juga seruit, hidangan yang terbuat dari daun singkong yang direbus dan disajikan dengan saus kacang.

19. Maluku

Maluku terkenal sebagai surga rempah-rempah dan memiliki makanan yang menggugah selera. Salah satu hidangan yang terkenal adalah ikan bakar rica-rica.

Makanan ini berupa ikan yang dipanggang dengan bumbu rica-rica yang pedas dan aromatik.

Rasanya yang pedas, segar, dan gurih membuat ikan bakar rica-rica menjadi hidangan yang sangat nikmat.

20. Maluku Utara

Salah satu makanan yang kaya akan rempah dan paling terkenal di Maluku Utara yaitu papeda, terbuat dari sagu yang disajikan dengan kuah ikan.

Selain itu, Anda juga ikan kuah kuning yang dimasak dengan rempah-rempah seperti kunyit, jahe, dan lengkuas.

21. Nusa Tenggara Barat

Ayam taliwang merupakan makanan khas lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Makanan ini berupa ayam bakar yang diberi bumbu khas Lombok seperti cabai lombok, bawang merah, bawang putih, dan rempah-rempah lainnya.

Biasanya disajikan dengan nasi putih dan sambal terasi.  Namun ada juga makanan khas NTB lainnya seperti plecing, kangkung yang direbus dan disajikan dengan sambal terasi.

22. Nusa Tenggara Timur

Salah satu makanan Nusa Tenggara Timur adalah nasi kelapa, nasi yang dimasak dengan santan kelapa dan disajikan dengan lauk pauk seperti ikan, daging, atau sayuran.

Selain itu, ada juga jagung bose, hidangan yang terbuat dari jagung yang dipotong-potong dan dimasak dengan bumbu khas Timor seperti kelapa parut, kemiri, dan rempah-rempah.

23. Provinsi Papua

Papua, dengan kekayaan alamnya, memiliki makanan khas yang unik dan lezat seperti sago grub atau larva dari serangga yang hidup di pohon sagu.

Larva ini dimasak dengan bumbu rempah seperti bawang merah, bawang putih, dan cabai. Meskipun terdengar tidak lazim, namun makanan ini memiliki tekstur renyah dan rasa gurih yang cukup populer di kalangan masyarakat Papua.

24. Papua Barat

Hidangan yang populer di Papua Barat adalah ikan bakar rica-rica, berupa ikan yang dibakar dengan bumbu rica-rica pedas dan nikmat.

Bumbu tersebut terdiri dari cabai rawit, bawang merah, bawang putih, kemiri, dan rempah-rempah lainnya yang dihaluskan dan kemudian dioleskan ke ikan sebelum dibakar. 

25. Riau

Riau memiliki kuliner dengan aroma dan rasa yang khas seperti asam pedas. Hidangan ini menggunakan bahan dasar ikan atau ayam yang dimasak dengan bumbu asam pedas yang segar.

Selain itu, ada juga gonggong, hidangan dari kerang laut yang dimasak dengan bumbu pedas dan disajikan dengan sambal.

26. Sulawesi Barat

Provinsi ini menyajikan coto Makassar, hidangan yang terkenal dengan rasa gurih.

Artikel Menarik:  Tari Bedhaya Warisan Budaya dari Keraton Kasunanan Surakarta

Semangkuk sup daging dengan kuah kental yang dihasilkan dari proses perebusan jeroan dan rempah-rempah.

Selain itu, ada juga konro, iga sapi yang dimasak dengan bumbu khas Sulawesi Barat dan disajikan dengan kuah kental.

27. Sulawesi Selatan

Salah satu hidangan yang terkenal di Sulawesi Selatan adalah pallu basa. Palu basa merupakan ikan yang dimasak dengan bumbu kuning dan bahan tambahan seperti daun kemangi, daun bawang, dan asam.

Selain itu, ada juga pisang ijo, hidangan penutup yang terbuat dari pisang yang dibalut dengan adonan tepung dan disajikan dengan siraman kuah santan dan sirup.

28. Sulawesi Tengah

Sulawesi Tengah mempersembahkan kelezatan pa’piong, hidangan khas suku Toraja. Hidangan ini berupa daging yang dibungkus dengan daun pisang dan dipanggang dengan rempah-rempah khas Toraja.

Selain itu ada tinutuan, bubur nasi khas yang terbuat dari campuran beras, jagung, dan kacang hijau yang disajikan dengan berbagai lauk seperti ikan, sayur, dan daging.

29. Sulawesi Tenggara

Di Provinsi Sulawesi Tenggara, terdapat makanan khas yang disebut konro, hidangan iga sapi yang dimasak dengan bumbu rempah seperti lengkuas, serai, dan jahe.

Iga sapi dimasak sampai empuk dan bumbunya meresap sehingga menghasilkan cita rasa gurih yang lezat.

30. Sulawesi Utara

Tinutuan merupakan makanan khas Sulawesi Utara yang terkenal dengan kelezatannya. Hidangan ini berupa bubur nasi yang dimasak dengan berbagai jenis sayuran seperti kangkung, kacang panjang, labu siam, dan jagung.

31. Sumatera Barat

Provinsi Sumatera Barat terkenal dengan kelezatan hidangan Padang yang menggoda lidah, seperti rendang.

Rendang merupakan daging sapi yang dimasak dengan bumbu rempah-rempah kaya rasa hingga menghasilkan daging empuk dan bumbu yang kental.

Selain itu, ada juga sate Padang, sate dengan daging sapi yang disajikan dengan kuah gulai khas Padang.

32. Sumatera Selatan

Sumatera Selatan menawarkan variasi hidangan dengan aroma dan rasa yang khas. Salah satu hidangan yang terkenal adalah pempek, hidangan berbahan dasar ikan yang diolah menjadi bola-bola dan disajikan dengan kuah cuko yang pedas dan asam.

Selain itu, ada juga model, hidangan yang terbuat dari nangka muda yang direbus dan disajikan dengan kuah santan dan bumbu khas.

33. Sumatera Utara

Provinsi ini memikat selera dengan kelezatan hidangan Batak. Salah satu hidangan yang terkenal adalah saksang, hidangan daging babi atau anjing yang dimasak dengan bumbu khas Batak seperti andaliman dan daun salam.

Selain itu, ada juga arsik, hidangan ikan mas yang dimasak dengan bumbu kuning yang khas.

34. Yogyakarta

Yogyakarta memiliki makanan khas yang lezat dan beragam. Salah satunya gudeg, hidangan yang terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan santan dan rempah-rempah seperti daun salam, lengkuas, dan kelapa parut.

Biasanya disajikan dengan nasi, ayam, telur, dan sambal krecek. Selain gudeg, ada juga bakpia, kue yang terbuat dari adonan tepung dengan berbagai jenis isian seperti kacang hijau, coklat, dan keju.

Kesimpulan

Dengan melihat keberagaman makanan khas 34 provinsi, dapat disimpulkan bahwa Indonesia memiliki warisan kuliner yang luar biasa.

Setiap hidangan mencerminkan kekayaan alam, budaya, dan tradisi masyarakat setempat.

Makanan khas provinsi tidak hanya menggugah selera, tetapi juga menjadi sarana untuk memahami dan menghargai keberagaman Indonesia sebagai negara yang kaya akan budaya kuliner.

Sebagai bangsa Indonesia, marilah kita menjaga, mempromosikan, dan mengapresiasi makanan khas provinsi sebagai bagian integral dari identitas dan kekayaan budaya kita.

Dengan melakukan hal tersebut, kita dapat terus memperkuat citra Indonesia sebagai surga kuliner dunia dan menjadikan makanan khas provinsi sebagai warisan yang dapat dinikmati oleh generasi masa depan.