makanan khas bima
pexels.com

Makanan Khas Bima yang Menggugah Selera

Posted on

Bima merupakan kota kecil yang terletak di Provinsi Nusa Tenggara Barat. Meski tergolong kecil, Bima memiliki banyak sekali kuliner yang sangat menggugah selera dan nikmat untuk disantap. Berikut adalah beberapa hidangan makanan khas Bima yang wajib dicicipi jika kamu berkunjung ke sana.

Ayam Taliwang

Ayam Taliwang merupakan hidangan khas Bima yang sangat terkenal. Hidangan ini terbuat dari ayam panggang yang dilumuri bumbu pedas khas Bima.

Ayam Taliwang disajikan dengan nasi putih dan lalapan seperti tomat dan mentimun. Rasanya sangat lezat dan pedas, cocok bagi kamu yang menyukai makanan pedas.

Sate Bulayak

Sate Bulayak adalah hidangan sate yang terbuat dari daging sapi atau kambing yang dicampur dengan rempah-rempah khas Bima. Biasanya disajikan dengan bumbu kacang yang sangat nikmat.

Hidangan ini seringkali disajikan pada acara-acara khusus, seperti pernikahan atau acara keluarga.

Pecel Mbojo

Pecel Mbojo adalah hidangan sayur khas Bima yang terbuat dari berbagai macam sayuran seperti kacang panjang, tauge, daun singkong, dan sayuran lainnya yang direbus dan dicampur dengan bumbu kacang. Biasanya disajikan dengan nasi putih dan sambal terasi.

Sate Buntel

Sate Buntel adalah hidangan sate yang terbuat dari daging sapi atau kambing yang dibalut dengan daun pepaya dan dimasak dengan bumbu khas Bima.

Hidangan ini disajikan dengan bumbu kacang yang sangat nikmat. Sate Buntel biasanya disajikan pada acara-acara khusus seperti pernikahan atau acara keluarga.

Artikel Menarik:  Rasakan Kelezatan 10 Makanan Tradisional Bali yang Memukau¬†

Mie Colok

Mie Colok adalah hidangan mie khas Bima yang terbuat dari mie kuning yang direbus dan dicampur dengan bumbu rempah-rempah dan irisan daging sapi atau kambing.

Hidangan ini biasanya disajikan dengan kuah kaldu yang gurih dan disajikan bersamaan dengan lalapan.

Sate Masohi

Sate Masohi adalah hidangan sate kambing yang terbuat dari daging kambing yang dicampur dengan bumbu rempah khas Bima. Hidangan ini biasanya disajikan dengan nasi putih dan bumbu kacang yang sangat nikmat.

Ayam Bakar Kecap

Ayam Bakar Kecap adalah hidangan ayam panggang yang dibalur dengan saus kecap khas Bima. Hidangan ini biasanya disajikan dengan nasi putih dan lalapan seperti tomat dan mentimun.

Kalio Kambing

Kalio Kambing adalah hidangan kambing yang dimasak dengan santan dan bumbu rempah khas Bima. Hidangan ini memiliki rasa yang kaya dan gurih. Biasanya disajikan dengan nasi putih dan lalapan.

Bebek Goreng

Bebek Goreng khas Bima memiliki ciri khas karena menggunakan rempah-rempah yang berbeda dari bebek goreng pada umumnya. Makanan ini digoreng hingga matang dan garing, lalu disajikan dengan sambal terasi dan nasi putih.

Nasi Campur Bima

Nasi Campur Bima adalah hidangan nasi yang dicampur dengan berbagai macam lauk-pauk seperti ayam goreng, sate, atau rendang. Biasanya disajikan dengan lalapan dan sambal terasi.

Sate Kampung

Sate Kampung adalah hidangan sate yang terbuat dari daging sapi atau kambing yang dicampur dengan rempah-rempah khas Bima.

Hidangan ini disajikan dengan bumbu kacang yang sangat nikmat. Biasanya disajikan pada acara-acara khusus seperti pernikahan atau acara keluarga.

Sop Kambing

Sop Kambing adalah hidangan sup kambing yang dimasak dengan bumbu rempah khas Bima. Hidangan ini biasanya disajikan dengan nasi putih dan lalapan.

Artikel Menarik:  10 Makanan Tradisional Indonesia dan Asalnya yang Menarik

Sate Bulus

Sate Bulus adalah hidangan sate yang terbuat dari daging bulus yang dicampur dengan rempah-rempah khas Bima. Hidangan ini biasanya disajikan dengan bumbu kacang yang sangat nikmat.

Biasanya disajikan pada acara-acara khusus seperti pernikahan atau acara keluarga.

Gule Kambing

Gule Kambing adalah hidangan kambing yang dimasak dengan santan dan bumbu rempah khas Bima. Hidangan ini memiliki rasa yang kaya dan gurih. Biasanya disajikan dengan nasi putih dan lalapan.

Sate Lemid

Sate Lemid adalah hidangan sate yang terbuat dari daging sapi atau kambing yang dicampur dengan rempah-rempah khas Bima.

Hidangan ini biasanya disajikan dengan bumbu kacang yang sangat nikmat. Biasanya disajikan pada acara-acara khusus seperti pernikahan atau acara keluarga.

Ayam Goreng Bumbu Kuning

Ayam Goreng Bumbu Kuning adalah hidangan ayam goreng yang dibalur dengan bumbu kuning khas Bima. Hidangan ini biasanya disajikan dengan nasi putih dan lalapan seperti tomat dan mentimun.

Sate Jamur

Sate Jamur adalah hidangan sate yang terbuat dari jamur yang dicampur dengan rempah-rempah khas Bima. Hidangan ini biasanya disajikan dengan bumbu kacang yang sangat nikmat. Cocok untuk kamu yang vegetarian.

kesimpulan

Makanan khas Bima memiliki cita rasa yang khas dan beragam. Dari hidangan daging hingga vegetarian, semuanya memiliki bumbu rempah yang khas dan nikmat.

Makanan khas Bima juga biasanya disajikan dengan nasi putih dan lalapan. Jika kamu berkesempatan berkunjung ke Bima, jangan lupa mencoba hidangan-hidangan yang sudah disebutkan di atas ya!

Artikel Menarik:  Nikmati 10 Makanan Ringan Kekinian yang Gurih di Setiap Gigitan