makanan khas blitar
freepik.com

Makanan Khas Blitar: Menikmati Kelezatan Kuliner Nusantara

Posted on

Sejarah Makanan Khas Blitar

Makanan khas Blitar merupakan warisan kuliner Nusantara yang memiliki cita rasa yang khas dan unik. Blitar sendiri terkenal dengan sejarah panjangnya dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia dan juga dikenal dengan kekayaan kuliner yang dimilikinya.

Salah satu makanan khas Blitar yang terkenal adalah sate Blitar. Sate ini terbuat dari daging sapi atau ayam yang dipotong kecil-kecil dan ditusuk dengan bambu.

Kemudian, sate tersebut dibakar dengan arang dan disajikan dengan bumbu kacang yang gurih dan pedas.

Sensasi Rasa Makanan Khas Blitar

Makanan Blitar tidak hanya terkenal dengan sate Blitarnya, tetapi juga dengan beragam hidangan lainnya. Salah satu hidangan yang patut dicoba adalah nasi pecel Blitar.

Nasi pecel ini disajikan dengan sayuran seperti kacang panjang, tauge, dan daun singkong yang direbus dan diberi bumbu kacang yang lezat. Rasanya sangat lezat dan cocok untuk makan siang.

Selain itu, ada juga nasi bebek Blitar yang terkenal dengan citarasa yang gurih dan sedap. Nasi ini disajikan dengan bebek yang dimasak dengan bumbu khas Blitar dan disajikan dengan sayuran seperti kangkung dan tauge.

Bagi pecinta makanan pedas, ada juga sambal tempe petis yang cukup terkenal di Blitar.

Tempat Makan Khas Blitar

Jika kamu ingin mencicipi makanan khas Blitar, kamu bisa berkunjung ke beberapa tempat makan terkenal di Blitar. Salah satunya adalah Rumah Makan Sate Blitar.

Tempat makan ini menyajikan sate Blitar yang nikmat dengan bumbu kacang yang khas. Selain sate, ada juga menu lain seperti nasi pecel Blitar dan nasi bebek Blitar yang juga terkenal.

Artikel Menarik:  Kerajaan Sriwijaya: Sejarah, Budaya dan Peninggalan yang Menakjubkan

Selain Rumah Makan Sate Blitar, ada juga tempat makan lainnya seperti Warung Mbok Kar, Warung Ibu Nunuk, dan Restoran Bebek Jambul Blitar yang menyajikan hidangan bebek khas Blitar yang nikmat.

Cara Membuat Makanan Khas Blitar di Rumah

Jika kamu ingin mencoba membuat makanan khas Blitar di rumah, kamu bisa mencoba resep sederhana seperti sate Blitar.

Caranya cukup mudah, potong daging sapi atau ayam kecil-kecil dan tumbuk dengan bumbu kacang yang terdiri dari kacang tanah, bawang putih, cabai merah, gula merah, garam, dan air asam jawa.

Kemudian tusuk daging tersebut dengan bambu dan bakar hingga matang. Untuk nasi pecel Blitar, resepnya cukup mudah dengan merebus sayuran seperti kacang panjang, tauge, dan daun singkong.

Setelah itu, haluskan bumbu kacang dengan bawang putih, gula merah, garam, dan air asam jawa. Campurkan sayuran dengan bumbu kacang dan nasi putih, sajikan dengan kerupuk dan sambal.

Untuk nasi bebek Blitar, pertama-tama cuci bersih bebek dan potong menjadi beberapa bagian. Kemudian tumis bumbu seperti bawang merah, bawang putih, dan cabai merah.

Setelah itu, masukkan bebek ke dalam tumisan bumbu dan tambahkan air secukupnya. Tambahkan bumbu seperti gula merah, garam, dan terasi. Masak hingga air menyusut dan bebek matang.

Kelezatan yang Tak Terlupakan

Makanan khas Blitar memang memiliki citarasa yang khas dan tak terlupakan. Bahkan sudah menjadi identitas dari kota Blitar itu sendiri.

Dalam perjalanan menuju kota Blitar, kamu bisa mencicipi beberapa hidangan khas Blitar yang dijual di sepanjang jalan. Makanan yang enak dan nikmat juga bisa menjadi oleh-oleh yang pas untuk dibawa pulang.

Artikel Menarik:  Mengulas Seni Pertunjukan Tari Reog Ponorogo Asal Jawa Timur

Ada beberapa tempat yang menyediakan makanan Blitar dalam kemasan siap bawa pulang seperti Rumah Makan Sate Blitar dan Bebek Jambul Blitar.

Kesimpulan

Makanan khas Blitar memang memiliki cita rasa yang khas dan unik. Selain itu, keberadaannya juga menjadi bagian dari identitas kota Blitar itu sendiri.

Berbagai hidangan khas Blitar seperti sate Blitar, nasi pecel Blitar, nasi bebek Blitar, dan sambal tempe petis sangat cocok untuk dicoba dan dijadikan pilihan untuk makanan sehari-hari. Jika kamu pernah berkunjung ke kota Blitar, jangan lupa untuk mencicipi makanan khasnya yang tak terlupakan ini.