makanan khas blora
freepik.com

Makanan Khas Blora: Kelezatan yang Tidak Boleh Dilewatkan

Posted on

Jika Anda berkunjung ke Blora, Jawa Tengah, ada satu hal yang tidak boleh Anda lewatkan yaitu mencicipi makanan khas Blora.

Daerah yang terkenal dengan keindahan alamnya ini juga menyimpan kekayaan kuliner yang menggugah selera. Berikut adalah beberapa makanan khas Blora yang wajib Anda coba.

Sate Ayam Khusus Blora

Sate Ayam Khusus Blora merupakan makanan khas yang sangat populer di Blora. Bedanya dengan sate ayam pada umumnya adalah bumbu kacangnya yang lebih kental dan gurih.

Ditambah dengan daging ayam yang empuk dan cita rasa yang begitu menggugah selera, membuat sate ayam khusus Blora menjadi makanan yang wajib dicoba bagi pecinta kuliner.

Gethuk Goreng

Gethuk Goreng adalah salah satu makanan khas Blora yang cukup unik. Makanan ini terbuat dari ketela pohon yang dihaluskan dan dicampur dengan kelapa parut, gula merah, dan garam.

Setelah itu, adonan tersebut digoreng hingga matang. Rasanya yang gurih dan manis membuat Gethuk Goreng menjadi makanan yang cocok untuk dinikmati saat santai bersama keluarga atau teman.

Nasi Liwet Blora

Bagi pecinta nasi liwet, Blora juga memiliki makanan khas yang satu ini. Nasi Liwet Blora terbuat dari beras yang dimasak dengan bumbu rempah yang khas. Kemudian, nasi tersebut dicampur dengan irisan telur, ayam, dan sayuran.

Rasanya yang gurih dan lezat membuat Nasi Liwet Blora menjadi makanan yang cocok untuk dijadikan sebagai hidangan utama.

Soto Ayam Lamongan

Walaupun namanya berasal dari Lamongan, tapi Soto Ayam ini juga menjadi salah satu makanan khas yang cukup populer di Blora. Soto Ayam Lamongan ini terdiri dari ayam yang dimasak dengan kuah kaldu yang kaya akan rempah.

Artikel Menarik:  Bumbu Ikan Bakar yang Lezat dan Bikin Lidah Bergoyang

Ditambah dengan pelengkap seperti tauge, daun seledri, dan kerupuk membuat Soto Ayam Lamongan menjadi hidangan yang cocok untuk dinikmati saat cuaca dingin atau saat perut sedang keroncongan.

Mie Ayam Jamur

Mie Ayam Jamur juga menjadi salah satu makanan khas Blora yang wajib dicoba. Dimana terbuat dari mie kuning yang dicampur dengan irisan daging ayam dan jamur kancing yang dipadukan dengan kuah kaldu.

Rasanya yang gurih dan lezat membuat Mie Ayam Jamur menjadi hidangan yang cocok untuk dinikmati di siang atau malam hari.

Bakmi Jawa

Selain Mie Ayam Jamur, Blora juga memiliki makanan khas lainnya yang tak kalah lezat, yaitu Bakmi Jawa. Seperti namanya, Bakmi Jawa ini terbuat dari mie kuning yang dimasak dengan bumbu rempah khas Jawa.

Kemudian, mie tersebut disajikan dengan daging ayam atau sapi yang diiris tipis, tauge, dan pelengkap lainnya seperti telur rebus dan kerupuk.

Rasanya yang gurih dan sedikit pedas membuat Bakmi Jawa menjadi hidangan yang cocok untuk dinikmati sebagai makan siang atau makan malam.

Soto Kudus

Walau tidak berasal dari Blora, Soto Kudus juga menjadi salah satu makanan khas yang banyak ditemukan di daerah ini. Soto Kudus terdiri dari daging ayam atau sapi yang dimasak dengan kuah kaldu yang kaya akan rempah.

Ditambah dengan pelengkap seperti tauge, telur rebus, dan bawang goreng, membuat Soto Kudus menjadi hidangan yang nikmat untuk dinikmati di siang atau malam hari.

Es Gempol Plered

Jika Anda mencari minuman segar yang bisa menyejukkan tenggorokan di Blora, cobalah Es Gempol Plered. Minuman ini terbuat dari campuran air gula, kelapa muda, dan potongan buah nangka.

Artikel Menarik:  Makanan Khas Mesir: Nikmati Kuliner yang Kaya Rasa

Kemudian, es serut dan sirup jeruk ditambahkan untuk memberikan sensasi rasa yang lebih segar. Es Gempol Plered sangat cocok untuk dinikmati saat cuaca panas.

Pecel

Pecel merupakan makanan khas Indonesia yang juga bisa ditemukan di Blora. Makanan ini terdiri dari sayuran seperti kangkung, kacang panjang, dan tauge yang dicampur dengan bumbu kacang yang gurih dan pedas.

Pecel biasanya disajikan dengan nasi dan rempeyek sebagai pelengkapnya. Rasanya yang enak dan segar membuat Pecel menjadi makanan yang cocok untuk dinikmati sebagai makan siang atau makan malam.

Nasi Gandul

Nasi Gandul merupakan makanan khas Blora yang terbuat dari nasi yang dimasak dengan bumbu kacang, kelapa parut, dan daging sapi atau kambing.

Biasanya, Nasi Gandul disajikan dengan pelengkap seperti tauge, emping, dan bawang goreng. Rasanya yang gurih dan kaya akan rempah membuat Nasi Gandul menjadi hidangan yang cocok untuk dijadikan sebagai makan malam.

Sego Kucing

Sego Kucing adalah makanan khas Blora yang cukup unik. Makanan ini terdiri dari nasi yang dibungkus dengan daun pisang dan diisi dengan berbagai macam lauk-pauk seperti sate ayam, tempe goreng, dan kerupuk.

Biasanya, Sego Kucing dijual dalam porsi kecil sehingga cocok untuk dinikmati sebagai camilan atau sarapan.

Kesimpulan

Blora memang terkenal sebagai kota yang kaya akan warisan budaya dan kuliner. Banyak makanan khas Blora yang memiliki cita rasa yang lezat dan unik, seperti Sate Blora, Bakmi Jawa, Soto Kudus, Es Gempol Plered, Pecel, Nasi Gandul, Sego Kucing, dan Nasi Tumpang.

Setiap hidangan tersebut memiliki bumbu dan cara memasak yang berbeda-beda, sehingga memberikan sensasi rasa yang beragam. Tak heran jika makanan Blora menjadi incaran para wisatawan yang berkunjung ke kota ini.

Artikel Menarik:  Makanan Khas Turki yang Nikmat dan Menggugah Selera

Jika Anda sedang berkunjung ke Blora, jangan lupa mencoba makanan khasnya yang lezat dan unik. Selain memuaskan lidah, mencicipi makanan khas Blora juga bisa menjadi pengalaman kuliner yang tidak terlupakan. Semoga artikel ini dapat memberikan informasi yang bermanfaat untuk Anda. Terima kasih telah membaca!