makanan khas jepara
freepik.com

Makanan Khas Jepara: Nikmati Kelezatan dan Khasiatnya

Posted on

Jepara, sebuah kabupaten yang terletak di Provinsi Jawa Tengah, terkenal dengan beragam kuliner khasnya yang menggoda selera. Makanan khas Jepara pun memiliki keunikan tersendiri, yang membuatnya menjadi tujuan wisata kuliner yang populer di kalangan wisatawan lokal maupun mancanegara.

Beberapa makanan khas Jepara yang wajib dicoba antara lain nasi pindang, soto Jepara, pindang serani, sate kuda, dan masih banyak lagi.

Nasi Pindang

Nasi pindang salah satu hidangan ikonik Jepara yang terbuat dari beras yang dimasak dengan kuah kaldu ikan dan rempah-rempah.

Biasanya kuah tersebut dicampur dengan santan dan kemudian dituangkan ke atas nasi yang sudah ditaruh di piring. Hidangan ini biasanya disajikan dengan ikan pindang, telur pindang, dan sayur labu siam.

Soto Jepara

Soto Jepara merupakan hidangan khas Jepara berupa sup atau kuah berbahan dasar daging yang disajikan dengan irisan ketupat, telur rebus, dan daun seledri.

Karena bumbu rempahnya cukup banyak, maka kuahnya pun kental dan beraroma harum. Biasanya disajikan dengan sambal terasi dan perasan jeruk nipis untuk memberikan rasa segar yang khas.

Sate Kuda

Sate kuda salah satu makanan khas Jepara yang menarik untuk dicoba. Seperti namanya, dimana terbuat dari daging kuda yang diiris tipis dan ditusuk dengan tusuk sate.

Biasanya menggunakan daging kuda pilihan yang memiliki tekstur empuk dan lezat. Biasanya disajikan dengan sambal kacang yang pedas dan irisan ketupat.

Nasi Grombyang

Makanan khas Jepara ini terbuat dari nasi yang dicampur dengan irisan daging sapi atau ayam, telur dadar, tahu, tempe, dan rempah-rempah lainnya.

Artikel Menarik:  Tari Manipuren, Gabungan dari Gerakan India dan Jawa¬†

Hidangan ini disajikan dengan sambal terasi dan irisan mentimun serta tomat sebagai pelengkapnya. Nasi grombyang menjadi salah satu hidangan yang nikmat dan mudah ditemukan di Jepara.

Pecel Lele

Kuliner pedas satu ini terbuat dari lele yang digoreng dan disajikan dengan sambal pecel. Sambal tersebut dibuat dari kacang tanah, cabai, bawang putih, dan bawang merah yang dihaluskan dan dicampur dengan air asam.

Hidangan ini biasanya disajikan dengan nasi putih, sayur-sayuran, dan kerupuk sebagai pelengkapnya.

Tahu Gimbal, Camilan Khas Jepara

Tahu gimbal salah satu camilan khas Jepara yang terbuat dari tahu goreng yang dicampur dengan mie, telur rebus, dan sayur-sayuran seperti kol dan timun.

Camilan ini disajikan dengan saus kacang yang pedas dan kuah bumbu kacang yang gurih. Biasanya dijual oleh pedagang kaki lima di sepanjang jalan protokol Jepara dan menjadi camilan yang populer di kalangan masyarakat lokal.

Nasi Krawu

Nasi krawu merupakan makanan khas Jawa Timur yang juga populer di Jepara. Hidangan ini terbuat dari nasi yang dicampur dengan irisan daging sapi atau kambing, serta bumbu-bumbu seperti serai, daun jeruk, dan lengkuas.

Bisanya makanan ini disajikan dengan sambal petis dan irisan mentimun serta tomat sebagai pelengkapnya.

Kesimpulan

Makanan khas Jepara merupakan kekayaan kuliner yang sangat beragam dan menggugah selera. Tak hanya itu, hidangan khas Jepara juga memiliki ciri khas dalam penggunaan rempah-rempah dan bumbu-bumbu yang sangat kaya akan cita rasa.

Berbagai hidangan khas Jepara seperti soto Jepara, nasi klenting, nasi grombyang, dan tahu gimbal merupakan makanan yang banyak disukai oleh masyarakat lokal maupun wisatawan.

Artikel Menarik:  Kerajaan Blambangan: Keindahan Alam dan Keunikan Kuliner yang Menakjubkan

Selain itu, minuman segar seperti es puter dan wedang uwuh juga menjadi pilihan yang tepat untuk menghilangkan dahaga di cuaca panas.