makanan khas jember
freepik.com

Makanan Khas Jember: Nikmati Kelezatan Kuliner Tradisional

Posted on

Jember, sebuah kota yang terletak di ujung timur Jawa Timur, memiliki kekayaan budaya dan kuliner yang beragam. Makanan khas Jember tidak hanya lezat, tetapi juga unik dan penuh dengan nilai sejarah.

Dalam artikel ini, kami akan membahas beberapa hidangan khas Jember yang wajib dicicipi jika Anda berkunjung ke kota ini.

Rujak Soto

Rujak soto adalah makanan khas Jember yang terdiri dari campuran sayuran segar seperti mentimun, kol, kangkung, kacang panjang, dan taoge. Biasanya disajikan dengan soto yang gurih.

Sajian tersebut ditambahkan dengan petis dan sambal untuk memberikan rasa pedas dan gurih yang lebih kuat.

Nasi Pecel

Nasi pecel adalah makanan khas Jember yang terdiri dari nasi putih yang disajikan dengan sayuran pecel, tempe goreng, dan sambal pecel yang pedas.

Sayuran pecel ini terdiri dari daun singkong, kacang panjang, mentimun, dan kol. Nasi pecel biasanya dihidangkan dengan lauk tambahan seperti ayam atau ikan. Makanan ini sangat lezat dan sangat populer di seluruh Jawa Timur.

Sate Kelopo

Sate kelopo adalah makanan khas Jember yang terbuat dari daging sapi atau ayam yang dicampur dengan kelapa parut. Daging tersebut kemudian ditusuk dan dipanggang hingga matang.

Biasanya disajikan dengan saus kacang yang pedas. Makanan ini sangat lezat dan dapat ditemukan di banyak warung makan di Jember.

Ayam Kremes

Ayam kremes adalah makanan khas Jember yang terbuat dari ayam yang digoreng renyah dengan tepung kremes yang gurih. Biasanya disajikan dengan nasi putih dan sambal yang pedas.

Artikel Menarik:  Makanan Khas Papua: Nikmatnya Kepunahan Budaya

Makanan ini sangat populer di Jember, dan dapat ditemukan di banyak warung makan dan restoran di seluruh kota.

Pecel Madiun

Pecel Madiun adalah makanan khas Jember yang terdiri dari sayuran pecel, tahu goreng, tempe goreng, dan nasi putih. Sayuran pecel ini terdiri dari kacang panjang, daun singkong, mentimun, dan kol.

Biasanya disajikan dengan sambal kacang yang pedas. Makanan ini sangat lezat dan dapat ditemukan di banyak warung makan di Jember.

Nasi Jamblang

Makanan khas Jawa Barat ini terbuat dari nasi putih yang disajikan dengan berbagai macam lauk, seperti ayam goreng, tahu goreng, tempe goreng, dan sambal.

Makanan ini sangat lezat dan dapat ditemukan di banyak warung makan di Jember.

Tahu Tek-Tek

Tahu tek-tek adalah makanan khas Jember yang terbuat dari tahu goreng yang dicampur dengan mie, tauge, dan saus kacang yang pedas.

Biasanya dihidangkan dengan telur pindang dan kerupuk.

Nasi Rawon

Nasi rawon adalah makanan khas Jawa Timur yang juga populer di Jember. Dimana terbuat dari nasi putih yang disajikan dengan kuah rawon yang gurih dan pedas.

Kuah rawon tersebut terbuat dari bumbu rempah, daging sapi, dan kacang. Nasi rawon biasanya dihidangkan dengan tauge, telur asin, dan kerupuk.

Makanan ini sangat lezat dan dapat ditemukan di banyak warung makan di Jember.

Cwie Mie

Cwie mie adalah mie khas Jember yang terbuat dari tepung terigu dan telur yang diaduk hingga adonan tercampur rata.

Mie tersebut kemudian dipotong-potong dan dimasak dengan berbagai macam lauk, seperti daging ayam, udang, atau sosis. Mie ini sangat lezat dan dapat ditemukan di banyak warung makan dan restoran di Jember.

Artikel Menarik:  Kelezatan Makanan Khas Kalimantan Selatan yang Tak Tertandingi

Lontong Balap

Lontong balap adalah makanan khas Jember yang terdiri dari lontong, tauge, tahu goreng, dan sambal petis.

Makanan ini sangat populer di Jember, dan dapat ditemukan di banyak warung makan dan penjual kaki lima di seluruh kota.

Nasi Krawu

Nasi krawu adalah makanan khas Surabaya yang juga populer di Jember. Dimana terdiri dari nasi putih yang disajikan dengan potongan daging sapi yang empuk, irisan kol, dan sambal.

Makanan ini sangat lezat dan dapat ditemukan di banyak warung makan di Jember.

Kesimpulan

Jember memiliki banyak makanan khas yang lezat dan unik, yang dapat memanjakan lidah para wisatawan. Semua makanan tersebut memiliki rasa yang khas dan tidak dapat ditemukan di tempat lain.

Jika Anda berkunjung ke Jember, jangan lupa mencicipi makanan khasnya yang lezat dan menggugah selera. Anda dapat menemukan makanan Jember di berbagai tempat, seperti warung makan, restoran, atau penjual kaki lima di seluruh kota.