makanan khas jawa timur
pexels.com

Makanan Khas Jawa Timur yang Menggugah Selera

Posted on

Jawa Timur adalah salah satu provinsi di Indonesia yang kaya akan kuliner. Makanan khas Jawa Timur sangat beragam dan terkenal enak.

Provinsi ini memiliki banyak daerah dengan budaya dan tradisi yang berbeda-beda, yang membuat makanan khasnya juga berbeda-beda. Namun, kesemuanya memiliki cita rasa yang khas dan tidak dapat ditemukan di tempat lain.

Rendang Jengkol

Rendang jengkol adalah salah satu makanan khas Jawa Timur yang terbuat dari jengkol yang direbus dan dimasak dengan bumbu rendang.

Makanan ini memiliki aroma yang cukup kuat, namun rasa yang dihasilkan sangat lezat dan membuat ketagihan.

Nasi Rawon

Nasi rawon adalah makanan khas Jawa Timur yang sudah sangat terkenal di seluruh Indonesia.

Makanan ini terbuat dari nasi yang disajikan dengan kuah berwarna hitam yang terbuat dari bumbu khas dan daging sapi. Nasi rawon biasanya disajikan dengan irisan telur asin, emping, dan daun bawang.

Lontong Balap

Lontong balap adalah makanan Jawa Timur yang terdiri dari lontong, tahu, taoge, dan ceker ayam yang disajikan dengan kuah kacang yang kental.

Makanan ini sangat lezat dan cocok dijadikan sebagai makanan ringan atau sarapan.

Rujak Cingur

Rujak cingur terbuat dari sayur-sayuran seperti timun, kacang panjang, dan mangga yang disajikan dengan irisan cingur dan bumbu kacang yang kental. Dengan citarasa yang segar, sehingga cocok dijadikan sebagai hidangan pembuka.

Sate Madura

Sate Madura khas Jawa Timur ini sudah sangat terkenal di seluruh Indonesia. Dimana terbuat dari daging sapi atau ayam yang dipanggang dengan bumbu kacang yang kental.

Artikel Menarik:  Kerajaan Pajang: Sejarah dan Budaya

Biasanya disajikan dengan lontong, ketupat, atau nasi.

Soto Ayam Lamongan

Makanan khas Jawa Timur ini terbuat dari ayam rebus yang disajikan dengan kuah kaldu yang gurih dan bumbu yang khas. Soto ayam Lamongan biasanya disajikan dengan nasi putih, tauge, dan irisan daun seledri.

Nasi Krawu

Nasi krawu salah satu makanan khas Jawa Timur yang terbuat dari nasi yang disajikan dengan daging sapi dan paru sapi yang dimasak dengan bumbu. Makanan ini sangat lezat dan cocok dijadikan sebagai makanan berat.

Tahu Tek

Tahu tek terbuat dari tahu yang digoreng dan disajikan dengan kentang goreng, lontong, taoge, dan telur rebus.

Makanan ini disiram dengan bumbu petis yang kental dan gurih. Tahu tek sangat cocok dijadikan sebagai makanan ringan atau sarapan.

Bakso Malang

Bakso Malang adalah makanan khas Jawa Timur yang terbuat dari daging sapi yang diolah menjadi bola-bola kecil dan disajikan dengan mie dan kuah kaldu yang khas.

Rasanya sangat lezat dan cocok dijadikan sebagai makanan berat.

Nasi Pecel

Nasi pecel adalah hidangan khas Jawa Timur yang terdiri dari nasi, sayur-sayuran seperti kacang panjang dan tauge, serta sambal kacang yang pedas. Makanan ini sangat lezat dan cocok dijadikan sebagai makanan berat.

Kesimpulan

Jawa Timur memiliki beragam makanan khas yang sangat lezat dan menggugah selera. Mulai dari makanan berat hingga makanan ringan, semuanya memiliki citarasa yang khas dan unik.

Selain itu, banyak juga makanan yang masih menggunakan bahan-bahan alami dan tidak menggunakan bahan pengawet. Sehingga rasanya autentik dan membuat siapa saja yang mencobanya terpukau.