makanan khas papua
freepik.com

Makanan Khas Papua: Nikmatnya Kepunahan Budaya

Posted on

Papua, sebuah provinsi terluar Indonesia yang kaya akan keanekaragaman budaya, termasuk dalam bidang kuliner. Berbicara mengenai kuliner, Papua memiliki banyak sekali makanan khas yang sangat unik dan lezat.

Makanan tersebut rasa yang berbeda dengan makanan khas daerah lainnya di Indonesia, sehingga sayang jika tidak mencoba.

Berikut adalah beberapa makanan khas Papua yang patut Anda coba ketika berada di Papua.

Papeda

Papeda adalah makanan pokok khas Papua yang terbuat dari sagu. Sagu sendiri adalah hasil dari pohon sagu yang banyak tumbuh di hutan Papua.

Papeda biasanya disajikan dengan kuah ikan dan sayuran. Untuk menikmatinya, Anda bisa mencampurkan papeda dengan kuah ikan dan sayuran yang sudah tersedia di atas piring.

Pepes Ikan

Pepes ikan khas Papua ini terbuat dari ikan yang dibungkus dengan daun pisang dan dibakar.

Rasanya sangat lezat dan khas, terutama jika dimakan dengan nasi. Selain itu, pepes ikan juga mengandung banyak gizi yang baik untuk tubuh.

Sate Papua

Sate Papua adalah makanan khas Papua yang terbuat dari daging sapi atau babi yang ditusuk dan dibakar.

Rasa yang dimilikinya sangat khas, karena menggunakan bumbu yang berbeda dengan sate-sate pada umumnya. Sate Papua biasanya disajikan dengan bumbu kacang yang sangat lezat.

Papeda Kuah Kuning

Papeda kuah kuning adalah salah satu makanan khas Papua yang sangat lezat dan populer. Kuah kuning yang digunakan terbuat dari campuran bumbu dan santan.

Artikel Menarik:  Sejarah Perkembangan Islam di Nusantara

Biasanya makanan ini disajikan dengan ikan atau ayam goreng dan sayuran. Rasanya yang gurih dan kental  menjadi salah satu makanan khas yang wajib dicoba.

Sayur Nangka Muda

Sayur nangka muda khas Papua ini terbuat dari nangka muda yang dipotong-potong dan direbus dengan santan.

Biasanya disajikan dengan ikan atau ayam goreng dan papeda. Rasanya yang lezat dan sedap membuat sayur nangka muda menjadi salah satu makanan yang sangat populer di Papua.

Matoa

Matoa adalah buah yang tumbuh di hutan Papua. Buah ini sangat langka dan hanya tumbuh di Papua saja.

Biasanya dijadikan sebagai makanan ringan atau pencuci mulut. Rasanya manis dan segar, sehingga cocok untuk menghilangkan rasa lapar.

Kuah Asam

Kuah asam adalah kuah yang terbuat dari campuran bahan-bahan seperti asam, kunyit, dan bumbu-bumbu lainnya.

Biasanya disajikan dengan ikan atau ayam dan sayuran, serta papeda. Rasanya yang asam dan segar membuat kuah asam menjadi makanan khas yang sangat populer di Papua.

Ayam Bakar Wamena

Makanan khas Papua satu ini berasal dari daerah Wamena di Papua.

Ayam ini dibakar menggunakan kayu bakar dan bumbu-bumbu yang khas. Rasanya sangat lezat dan gurih, serta dagingnya empuk dan juicy.

Sup Tulang

Sup tulang adalah sup yang terbuat dari tulang sapi atau babi yang direbus dengan bumbu-bumbu dan sayuran.

Biasanya disajikan dengan nasi atau papeda. Rasanya yang kaya akan rempah dan gurih membuat sup tulang menjadi salah satu makanan khas yang wajib dicoba.

Timbungan

Timbungan adalah makanan khas Papua yang terbuat dari sagu dan daging babi. Biasanya dibungkus dengan daun pisang dan dimasak dengan cara dibakar.

Artikel Menarik:  Belum Tahu Alat Musik Gong? Ini Dia Jenis Serta Fungsinya

Rasanya yang lezat dan gurih menjadi salah satu makanan yang sangat populer di Papua.

Kue Gula

Kue gula adalah kue tradisional khas Papua yang terbuat dari gula aren.

Dimana, kue ini memiliki tekstur yang kenyal dan rasa yang manis. Kue gula biasanya dijadikan sebagai makanan ringan atau pencuci mulut.

Pepes Jamur

Pepes jamur khas Papua terbuat dari jamur yang dibungkus dengan daun pisang dan dibakar.

Rasanya yang khas dan lezat membuat pepes jamur menjadi salah satu makanan khas yang sangat populer di Papua.

Sate Maranggi

Sate maranggi adalah sate khas Papua yang terbuat dari daging ayam atau daging sapi yang dibakar dengan bumbu khas Papua.

Biasanya sate ini disajikan dengan saus kacang yang sangat lezat. Rasanya yang gurih dan khas membuat sate maranggi menjadi makanan yang wajib dicoba ketika berada di Papua.

Kesimpulan

Makanan khas Papua sangat beragam dan memiliki cita rasa yang khas dan unik. Semua makanan diatas memiliki keunikan dan kelezatan yang sulit untuk ditolak.

Tidak hanya itu, makanan tersebut juga memiliki nilai sejarah dan budaya yang sangat penting bagi masyarakat Papua.

Jika Anda ingin mencobanya, jangan ragu untuk mencari dan mencicipi berbagai jenis makanan yang ada di Papua. Nantinya Anda akan terkesima dengan cita rasa dan kelezatan makanan yang sulit untuk dilupakan.