makanan khas pontianak
pixabay.com

Makanan Khas Pontianak: Lezatnya Aroma Kuliner Tradisional

Posted on

Pontianak, kota yang terletak di tepian Sungai Kapuas, terkenal dengan kelezatan makanan khas nya memanjakan lidah. Wisata kuliner di Pontianak merupakan pengalaman yang tak boleh Anda lewatkan.

Di setiap sudut kota ini, Anda akan menemukan hidangan-hidangan tradisional yang menggugah selera dan memberikan kenikmatan kuliner yang tak terlupakan.

Mie Kepiting Pontianak

Mie kepiting Pontianak salah satu hidangan yang menjadi kebanggaan kota ini. Biasanya, mie ini terbuat dari adonan tepung yang diolah dengan teknik khusus dan dicampur dengan daging kepiting segar.

Rasanya yang gurih dan aromanya yang menggoda akan membuat lidah Anda bergoyang.

Mie kepiting biasanya disajikan dengan kuah kaldu yang kaya rempah, daging kepiting yang lezat, dan tambahan potongan tauge, daun bawang, serta irisan telur.

Setiap suapan mie kepiting akan memanjakan lidah Anda dengan perpaduan sempurna aroma dan rasa yang lezat.

Soto Betawi

Tidak hanya terkenal dengan mie kepiting, Pontianak juga memiliki soto Betawi yang menjadi favorit para pecinta kuliner.

Soto ini terbuat dari daging sapi yang dimasak dengan kuah kaldu yang kaya akan rempah. Biasanya disajikan dengan tambahan kentang, tomat, daun bawang, dan emping sebagai pelengkap.

Rasakan kenikmatan dari kuah kaldu yang gurih dan lezat, serta daging sapi yang empuk, membuat perut Anda merasa puas.

Selain itu, makanan khas Pontianak ini salah satu hidangan yang tepat untuk menghangatkan tubuh dan mengenyangkan perut.

Pempek Pontianak

Pempek, makanan yang berasal dari Sumatera Selatan dan menjadi sangat populer di Pontianak.

Makanan ini terbuat dari adonan ikan yang dicampur dengan sagu, bumbu khas sehingga memiliki tekstur kenyal dan cita rasa yang lezat.

Artikel Menarik:  Syarat, Prosedur, dan Biaya Balik Nama Mobil

Biasanya makanan ini disajikan dengan kuah cuko yang pedas dan asam, serta tambahan irisan ketimun dan ebi sebagai pelengkap.

Nikmati kelezatan pempek Pontianak yang gurih dan segar, serta rasakan kombinasi rasa dari adonan ikan ianak, disertai dengan berbagai pelengkap seperti tahu goreng, telur, dan emping.

Apam Balik

Apam Balik merupakan camilan manis yang terkenal di Pontianak. Camilan ini mirip seperti pancake yang terbuat dari adonan tepung yang dibalik dan diisi dengan campuran gula merah, kacang, dan susu.

Kemudian, apam tersebut dipanggang hingga matang dengan tekstur yang renyah di luar dan lembut di dalam. Nikmati sensasi manis dan gurih dari Apam Balik yang menjadi camilan favorit masyarakat Pontianak.

Ikan Asam Pedas

Kota Pontianak yang berada di tepian Sungai Kapuas menyediakan beragam hidangan laut yang lezat, salah satunya adalah ikan asam pedas.

Makanan khas Pontianak ini terdiri dari ikan segar yang dimasak dengan bumbu asam pedas yang khas. Rasa pedas dan segar dari bumbu asam menciptakan harmoni rasa yang memanjakan lidah.

Biasanya ikan ini disajikan dengan nasi hangat dan sayuran sebagai pelengkap. Rasakan kegurihan dan kelezatan ikan asam pedas Pontianak yang menggoyang lidah Anda.

Kesimpulan

Pontianak, kota yang kaya akan budaya dan tradisi, juga memanjakan lidah dengan makanan khas yang lezat dan menggoda.

Dari mie kepiting yang gurih, soto Betawi yang mengenyangkan, hingga pempek yang kenyal, setiap hidangan khas Pontianak tersebut memiliki cita rasa yang unik dan memikat.

Wisata kuliner di Pontianak akan memberikan pengalaman kuliner yang tak terlupakan, sehingga menjadikan perjalanan Anda lebih istimewa.

Artikel Menarik:  Mengenal Tari Rangguk Ayak Sebagai Kebanggaan Masyarakat Jambi