kerajaan wajo
freepik.com

Menelusuri Sejarah Kerajaan Wajo di Sulawesi Selatan

Posted on

Kerajaan Wajo adalah sebuah kerajaan yang terletak di wilayah Sulawesi Selatan. Kerajaan ini dikenal sebagai salah satu kerajaan terbesar dan terkuat di wilayah tersebut pada masa lampau.

Selain itu, Kerajaan Wajo juga memiliki banyak warisan sejarah dan budaya yang masih dijaga dan dilestarikan oleh masyarakatnya hingga saat ini.

Asal-usul Kerajaan Wajo

Asal-usul Kerajaan Wajo masih menjadi perdebatan di kalangan sejarawan. Namun, menurut sejarah lisan yang beredar, Kerajaan Wajo didirikan oleh La Patau MatinroE ri Mappasessu pada abad ke-16.

La Patau Matinroe sendiri adalah seorang pangeran dari Kerajaan Luwu yang diasingkan oleh ayahnya karena perbedaan pandangan politik.

Setelah mengembara, La Patau Matinroe akhirnya tiba di wilayah Wajo dan mendirikan kerajaannya sendiri.

Selama masa pemerintahannya, Kerajaan Wajo berkembang pesat dan menjadi salah satu kerajaan terkuat di wilayah Sulawesi Selatan.

Sistem Pemerintahan Kerajaan Wajo

Sistem pemerintahan Kerajaan Wajo mengadopsi sistem monarki absolut. Raja Wajo adalah pemimpin tertinggi di dalam kerajaan dan memiliki kekuasaan mutlak atas rakyatnya.

Selain itu, raja juga dibantu oleh beberapa pejabat kerajaan, seperti Panglima La Tenrisong dan Amma Toa, yang bertanggung jawab dalam bidang militer dan perekonomian.

Sejarah Perang Wajo dan Gowa

Kerajaan Wajo pernah terlibat dalam konflik dengan Kerajaan Gowa pada abad ke-17. Perang antara dua kerajaan ini dikenal dengan nama Perang Wajo-Gowa.

Konflik ini bermula ketika Kerajaan Wajo menolak untuk membayar upeti kepada Kerajaan Gowa. Konflik ini berlangsung selama beberapa tahun dan mengakibatkan banyak korban jiwa di kedua belah pihak.

Artikel Menarik:  Mengenal Tari Sajojo yang Masih Dilestarikan Sampai Sekarang

Namun, pada akhirnya, Kerajaan Wajo berhasil mempertahankan kemerdekaannya dari Kerajaan Gowa.

Peninggalan Sejarah Kerajaan Wajo

Kerajaan Wajo memiliki banyak peninggalan sejarah dan budaya yang masih dijaga dan dilestarikan oleh masyarakatnya.

Salah satu peninggalan sejarah yang terkenal adalah Istana Wajo, sebuah bangunan bersejarah yang terletak di Kota Sengkang, Kabupaten Wajo. Selain itu, terdapat juga beberapa makam raja-raja Wajo yang terletak di berbagai wilayah di Sulawesi Selatan.

Budaya Kerajaan Wajo

Kerajaan Wajo memiliki kekayaan budaya yang beragam, mulai dari seni tari, musik,hingga tradisi adat. Salah satu contoh seni tari yang terkenal dari Kerajaan Wajo adalah tari Pakarena, yang biasa dipentaskan dalam acara-acara adat.

Selain itu, Kerajaan Wajo juga memiliki alat musik tradisional yang khas, seperti Gendang Mappadendang dan Keso-Keso.

Tradisi adat yang masih dijaga oleh masyarakat Kerajaan Wajo antara lain adalah Upacara Manre Padampo, sebuah upacara yang dilakukan dalam rangka merayakan panen padi.

Selain itu, terdapat juga tradisi Ma’badong, yaitu sebuah tradisi yang dilakukan untuk memperingati kematian seseorang.

Potensi Wisata di Kerajaan Wajo

Berbicara tentang wisata, Kerajaan Wajo memiliki banyak potensi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Salah satu tempat wisata yang terkenal adalah Danau Tempe, sebuah danau yang terletak di tengah Kota Sengkang.

Selain itu, terdapat juga Air Terjun Tingkara, sebuah air terjun yang terletak di Kecamatan Sabbang.

Tidak hanya itu, wisata sejarah juga menjadi daya tarik bagi wisatawan yang berkunjung ke Kerajaan Wajo. Wisatawan dapat mengunjungi Istana Wajo yang merupakan sebuah bangunan bersejarah yang terletak di Kota Sengkang.

Selain itu, wisatawan juga dapat mengunjungi beberapa makam raja-raja Wajo yang tersebar di berbagai wilayah di Sulawesi Selatan.

Artikel Menarik:  Tips Halal Bihalal Aman di Rumah Sesuai Protokol

Potensi Ekonomi Kerajaan Wajo

Kerajaan Wajo memiliki potensi ekonomi yang cukup besar, terutama dalam bidang pertanian. Banyak masyarakat di wilayah Kerajaan Wajo yang menggantungkan hidupnya dari sektor pertanian, terutama padi dan jagung.

Selain itu, Kerajaan Wajo juga memiliki potensi pariwisata yang dapat memberikan kontribusi besar terhadap perekonomian daerah.

Kesimpulan

Dari uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa Kerajaan Wajo memiliki sejarah dan budaya yang kaya, serta potensi wisata dan ekonomi yang besar.

Peninggalan sejarah dan budaya Kerajaan Wajo, seperti Istana Wajo dan tari Pakarena, menjadi bukti nyata kekayaan budaya yang dimiliki oleh masyarakatnya.

Selain itu, wisata sejarah dan wisata alam di Kerajaan Wajo menjadi daya tarik bagi wisatawan yang berkunjung ke wilayah tersebut.

Potensi ekonomi Kerajaan Wajo, terutama dalam bidang pertanian dan pariwisata, juga dapat memberikan kontribusi besar bagi perekonomian daerah.