makanan khas probolinggo
freepik.com

Makanan Khas Probolinggo: Kelezatan yang Menggoda

Posted on

Probolinggo, sebuah kota yang terletak di Jawa Timur, tidak hanya terkenal dengan keindahan alamnya, tetapi juga dengan kelezatan makanan khas nya.

Wisata kuliner di Probolinggo akan membawa Anda dalam petualangan rasa yang menggugah selera. Setiap sudut kota ini menyajikan hidangan-hidangan tradisional yang lezat dan memikat hati.

Rujak Soto

Rujak soto salah satu makanan khas Probolinggo yang mencuri perhatian. Gabungan antara rujak dan soto menjadi paduan rasa yang unik dan menyegarkan.

Hidangan ini terdiri dari irisan buah-buahan segar yang disajikan dengan kuah soto yang gurih. Perpaduan rasa manis, asam, pedas, dan gurih menciptakan sensasi yang tak terlupakan di lidah Anda.

Nikmati rujak soto sebagai hidangan pembuka yang menyegarkan atau sebagai camilan di tengah hari. Namun, rasakan kelezatan perpaduan rasa yang segar dan unik ini yang menjadi daya tarik kuliner Probolinggo.

Sate Madura

Tidak dapat dipungkiri, sate Madura juga menjadi makanan khas yang sangat populer di Probolinggo. Daging ayam atau daging sapi yang dipotong kecil-kecil akan ditusuk menggunakan tusuk sate.

Kemudian, sate tersebut  dipanggang hingga matang sempurna. Biasanya, sate ini di taburi dengan bumbu kacang yang kaya rasa dan disajikan dengan lontong atau nasi empal sebagai pendamping.

Kelezatannya terletak pada bumbu kacang yang kaya akan rempah dan cita rasa yang gurih. Setiap gigitan, tentu akan memanjakan lidah Anda dengan tekstur daging yang lembut dan perpaduan rasa yang menggoda.

Tahu Campur

Tahu campur adalah makanan tradisional Probolinggo yang tidak boleh Anda lewatkan.

Makanan ini terdiri dari potongan tahu yang digoreng krispi, kemudian disajikan bersama dengan mie kuning, irisan telur, tauge, dan bumbu kacang kental yang gurih.

Artikel Menarik:  Pengertian dan Manfaat Belajar Peta Buta Indonesia

Tahu campur ini memiliki kombinasi rasa yang kaya dan tekstur yang beragam. Rasakan kelezatan gurihnya dan kenikmatan dalam setiap suapannya.

Pecel Rawon

Pecel rawon merupakan sebuah hidangan yang menggabungkan dua kelezatan dari Jawa Timur, yaitu pecel dan rawon.

Hidangan ini terdiri dari sayur-sayuran segar yang disiram dengan bumbu pecel khas Probolinggo, seperti kacang, petis, dan rempah-rempah.

Biasanya disajikan bersama dengan daging rawon, yaitu daging sapi yang dimasak dengan bumbu khas rawon yang kaya rempah.

Rasakan kombinasi unik rasa gurih, pedas, dan sedikit manis dalam setiap suapan pecel rawon Probolinggo.

Moti-Moti

Jika Anda mencari camilan manis khas Probolinggo, jangan lewatkan untuk mencicipi moti-moti.

Moti-moti adalah sejenis jajanan tradisional yang terbuat dari bahan dasar ketan yang dikukus, kemudian dibalut dengan parutan kelapa dan gula merah.

Rasanya yang manis dan tekstur yang kenyal menjadikan moti-moti sebagai camilan yang lezat dan menggoda selera. Nikmati kelezatan moti-moti sebagai camilan tradisional Probolinggo yang bisa Anda nikmati kapan saja.

Kepiting Olok

Kepiting olok salah satu makanan laut yang sangat terkenal di Probolinggo. Makanan ini terdiri dari kepiting segar yang dimasak dengan bumbu rempah khas Probolinggo.

Rasa gurih dan lezat dari daging yang juga dipadukan dengan rempah-rempah, membuat hidangan ini sangat disukai oleh pecinta makanan laut.

Kesimpulan

Probolinggo tidak hanya menawarkan keindahan alamnya, tetapi juga kelezatan makanan khas yang menggoda selera.

Nikmati kelezatan kuliner Probolinggo yang kaya rempah dan cita rasa autentik, serta rasakan kenikmatan dalam setiap gigitan. Keberagaman kuliner Probolinggo memberikan pengalaman kuliner yang tak terlupakan bagi pengunjung.

Selamat menikmati kelezatan makanan khas Probolinggo yang menggugah selera dan menjadikan perjalanan kuliner Anda lebih istimewa!

Artikel Menarik:  Makanan Khas Surabaya yang Lezat dan Menggugah Selera