makanan khas purbalingga
unsplash.com

Makanan Khas Purbalingga: Surga kuliner di Tengah Jawa Tengah

Posted on

Purbalingga, sebuah kota kecil yang terletak di tengah-tengah provinsi Jawa Tengah, bukan hanya terkenal dengan keindahan alamnya, tetapi juga dengan kelezatan makanan khas nya.

Setiap kali Anda mengunjungi Purbalingga, jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipi kuliner tradisional yang menggugah selera.

Tahu Gejrot

Jika Anda menggemari camilan gurih, Tahu Gejrot salah satu makanan khas Purbalingga yang wajib Anda coba.

Tahu ini terdiri dari potongan tahu yang digoreng hingga renyah dan disajikan dengan saus khas yang asam pedas. Sensasi gurih

dan segar dari tahu yang dipadukan dengan rasa pedas saus membuat cita rasa Tahu Gejrot begitu unik dan memikat. Biasanya, Tahu Gejrot disajikan dengan irisan mentimun dan bawang merah yang memberikan sentuhan segar dan renyah. Rasakan kelezatan camilan khas ini saat Anda berada di Purbalingga!

Sate Blengong

Bagi pecinta daging, Sate Blengong adalah pilihan yang tepat untuk dicoba. Makanan khas Purbalingga ini terkenal dengan bumbu yang kaya akan rempah dan menggoda selera.

Biasanya menggunakan daging burung elang laut yang memiliki tekstur yang lembut dan cita rasa yang khas. Kemudian daging dipotong kecil-kecil, ditusuk dengan bambu, serta dipanggang sampai matang sempurna.

Sate Blengong disajikan dengan bumbu kacang yang kaya akan rempah-rempah, seperti kacang tanah, bawang putih, kemiri, dan cabai.

Bumbu ini memberikan rasa gurih dan sedikit pedas yang menyatu sempurna dengan daging blengong yang lezat.

Jangan lupa untuk menambahkan kecap manis dan irisan bawang merah untuk menambahkan aroma dan kelezatan sate ini.

Nasi Gandul

Nasi Gandul merupakan makanan khas Purbalingga yang wajib dicicipi. Hidangan ini terdiri dari nasi yang dimasak dengan santan, rempah-rempah khusus, serta daging sapi yang dimasak dengan bumbu.

Artikel Menarik:  Oleh-oleh Khas Jakarta: Nikmati Kuliner dan Keunikan Souvenirnya

Rasanya yang gurih dan aromanya harum akan membuat lidah Anda bergoyang. Saat disajikan, biasanya dilengkapi dengan telur rebus, tauge, dan emping sebagai pelengkap.

Paduan antara nasi lezat, daging sapi yang empuk, dan bumbu rempah yang kaya membuat hidangan ini sangat menggugah selera.

Kue Putu Bambu

Jika Anda mencari camilan tradisional yang manis, Kue Putu Bambu salah satu pilihan yang sempurna.

Kue ini terbuat dari adonan tepung beras yang diisi dengan gula merah dan kemudian dikukus menggunakan bambu sebagai wadahnya.

Hasilnya kue berbentuk silinder dengan gula merah lezat di tengahnya. Rasa manis gula merah yang meleleh di dalam adonan beras membuat Kue Putu Bambu menjadi camilan yang sangat populer di Purbalingga.

Biasanya, kue ini disajikan dengan parutan kelapa sebagai pelengkap. Rasakan sensasi kelezatan manis dari Kue Putu Bambu yang meleleh di mulut Anda.

Tengkleng Kambing

Tengkleng Kambing merupakan hidangan yang terkenal di Purbalingga. Hidangan ini terbuat dari daging kambing yang dimasak dengan kuah kaya rempah-rempah, seperti serai, jahe, daun salam, dan rempah lainnya.

Kuah yang kental dan beraroma harum ini memberikan cita rasa yang sangat lezat pada daging kambing yang empuk dan berpadu sempurna.

Biasanya disajikan dengan nasi putih dan dilengkapi dengan sambal terasi, irisan jeruk nipis, serta daun bawang sebagai pelengkap.

Rasakan sensasi kuah rempah yang kaya dan daging kambing yang lezat yang meleleh di mulut Anda. Tengkleng Kambing adalah hidangan yang cocok dinikmati saat cuaca sedang dingin atau untuk menghangatkan perut di malam hari.

Kesimpulan

Purbalingga tidak hanya memiliki keindahan alam yang menakjubkan, tetapi juga menyajikan beragam makanan khas yang menggugah selera. Dalam perjalanan kuliner Anda, jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipi beberapa hidangan yang telah disebutkan di atas.

Artikel Menarik:  4 Rumah Adat Sulawesi Selatan Dengan Ciri Khasnya Sendiri