makanan khas purwakarta
pexels.com

Makanan Khas Purwakarta: Nikmati Kelezatan Kuliner Tradisional

Posted on

Purwakarta, sebuah kota kecil yang terletak di Provinsi Jawa Barat, tidak hanya terkenal dengan keindahan alamnya, namun kelezatan makanan khas nya.

Makanan tradisional Purwakarta menawarkan cita rasa unik yang menggugah selera. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi berbagai hidangan lezat yang membuat wisatawan dan penduduk setempat terpesona.

Dari makanan berat hingga makanan ringan, Purwakarta memiliki segalanya untuk memuaskan selera Anda.

Tumis Oyong

Tumis Oyong adalah hidangan sayuran khas Purwakarta yang lezat dan sehat. Oyong, dikenal juga sebagai labu jipang yang memiliki tekstur renyah dan rasa manis.

Biasanya, oyong diiris tipis dan ditumis dengan bumbu rempah-rempah seperti bawang putih, cabai, dan terasi.

Tumis Oyong menjadi hidangan yang sempurna sebagai pelengkap nasi atau lauk pauk lainnya. Selain lezat, tumis oyong juga kaya akan serat dan nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh.

Pisang Molen

Tidak lengkap rasanya jika berkunjung ke Purwakarta tanpa mencicipi Pisang Molen, sejenis kue yang terbuat dari pisang dan kulit kue yang renyah.

Biasanya dibuat menggunakan pisang tanduk yang matang, kemudian dibalut dengan kulit kue tipis. Setelah itu, digoreng hingga kecokelatan dan menghasilkan tekstur yang renyah di luar serta lembut di dalam.

Rasanya manis dan aroma pisang yang khas membuat Pisang Molen menjadi camilan favorit di Purwakarta.

Laksa Purwakarta

Laksa Purwakarta adalah hidangan mie khas Purwakarta yang memiliki rasa dan tekstur unik. Mie laksa ini berbeda dengan mie laksa pada umumnya.

Hal ini karena mie yang digunakan berbahan dasar tepung kanji yang dibentuk pipih dan direbus. Mie tersebut disajikan dengan kuah santan yang kaya rempah, potongan ayam atau ikan, tauge, dan daun selada sebagai garnis.

Artikel Menarik:  Makanan Khas Boyolali: Nikmatnya Gurihnya Kuliner Nusantara

Makanan ini tentu memiliki cita rasa yang gurih, segar, dan sedikit pedas. Hidangan ini cocok dinikmati di waktu makan siang atau malam sebagai penghangat perut.

Serabi

Serabi salah satu jajanan tradisional khas Purwakarta yang terbuat dari adonan tepung beras yang dituangkan ke dalam cetakan dan dipanggang hingga matang.

Jajanan ini memiliki tekstur lembut di dalam dengan lapisan luar yang renyah. Rasanya yang manis dan aroma kelapa parut yang menggoda membuat Serabi menjadi camilan yang sangat disukai oleh penduduk setempat.

Doclang

Makanan khas Purwakarta ini terbuat dari singkong yang diolah menjadi adonan, kemudian digoreng hingga berwarna kecoklatan.

Tekstur yang dimilikinya sangat renyah di luar namun lembut di dalam. Biasanya disajikan dengan sambal khas Purwakarta sebagai pelengkap.

Rasanya yang gurih dan kaya akan karbohidrat membuat Doclang menjadi pilihan camilan yang populer di Purwakarta.

Buntil

Buntil adalah makanan khas Purwakarta yang terbuat dari daun pepaya sebagai pembungkus, lalu diisi dengan campuran kelapa parut yang dicampur dengan rempah-rempah serta ikan atau daging yang sudah dimasak.

Daun pepaya yang digunakan memberikan aroma khas pada hidangan ini. Biasanya dikukus hingga matang dan disajikan dengan sambal sebagai pelengkap.

Hidangan ini memiliki rasa yang unik dan merupakan pilihan yang populer di acara-acara spesial di Purwakarta.

Pisang Gapit

Makanan khas Purwakarta ini terbuat dari pisang yang dibalut dengan adonan tepung beras, kemudian digoreng hingga matang.

Makanan ini memiliki lapisan luar yang renyah dan lumer di dalamnya. Rasanya manis dan teksturnya yang unik membuat Pisang Gapit menjadi camilan yang lezat untuk dinikmati kapan saja.

Artikel Menarik:  Makanan Khas Salatiga: Nikmati Kelezatan Kuliner yang Unik

Cimplung

Cimplung adalah jajanan tradisional Purwakarta yang terbuat dari adonan tepung beras yang diisi dengan campuran kelapa parut, gula, dan rempah-rempah.

Adonan tersebut kemudian digoreng hingga matang. Cimplung memiliki tekstur yang renyah di luar dan lembut di dalam

Rasanya yang manis dan aroma rempah yang khas membuat Cimplung menjadi camilan yang disukai oleh penduduk setempat dan wisatawan.

Kesimpulan

Keberagaman kuliner Purwakarta memberikan pengalaman gastronomi yang memuaskan bagi para pengunjung. Dari hidangan berat hingga makanan ringan, Purwakarta memiliki berbagai macam makanan khas yang dapat memanjakan lidah Anda.

Jika Anda berkunjung ke Purwakarta, jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipi makanan khas yang telah disebutkan di atas. Rasakan kenikmatan kuliner tradisional yang unik dan nikmati pengalaman yang tak terlupakan.