oleh oleh khas cianjur

Lezatnya 10 Oleh-Oleh Khas Cianjur yang Menggugah Selera

Posted on

Tengahviral.comOleh-Oleh Khas Cianjur – Jika Anda mengunjungi kota Cianjur, Jawa Barat, jangan lewatkan untuk membawa pulang oleh-oleh khasnya. Cianjur dikenal sebagai surganya kuliner dengan beragam hidangan lezat yang siap memanjakan lidah Anda.

Dari makanan ringan, makanan berat, hingga minuman tradisional, ada banyak pilihan yang dapat Anda jadikan oleh-oleh untuk keluarga dan teman. Berikut beberapa oleh-oleh khas Cianjur yang patut Anda coba.

Beragam Pilihan Oleh-Oleh Khas Cianjur

Ada banyak pilihan oleh-oleh khas Cianjur yang dapat Anda pilih, di antaranya yaitu:

1. Manisan Cilembu

Jika Anda mencari oleh-oleh manis dari Cianjur, manisan cilembu adalah pilihan yang sempurna. Cilembu adalah daerah Cianjur yang terkenal dengan buah-buah manisnya, terutama buah pisang.

Manisan cilembu terbuat dari pisang yang dipotong tipis-tipis dan dikeringkan, kemudian diberi taburan gula pasir.

Hasilnya menjadi manisan pisang yang renyah dan manis. Rasanya yang lezat dan kekenyalan pisangnya akan membuat Anda ketagihan.

2. Keripik Tempe

Di Cianjur, Anda juga dapat menemukan oleh-oleh berupa keripik tempe. Tempe merupakan makanan tradisional Indonesia yang terbuat dari kedelai yang difermentasi.

Keripik tempe adalah tempe yang digoreng hingga kering dan renyah. Rasanya yang gurih dan renyah membuatnya menjadi camilan yang sangat disukai.

Keripik Tempe dapat menjadi pilihan oleh-oleh yang praktis dan lezat untuk dibawa pulang sebagai cemilan di rumah atau oleh-oleh untuk teman-teman Anda.

Artikel Menarik:  Makanan Khas Sumbawa: Kuliner Sederhana yang Memikat

3. Bandros

Tak lengkap rasanya jika tidak menyebutkan bandros ketika berbicara tentang oleh-oleh khas Cianjur. Bandros adalah roti tradisional yang terbuat dari campuran tepung terigu, kelapa parut, dan gula merah.

Roti ini dipanggang dengan cara yang khusus sehingga menghasilkan tekstur yang lembut dan aroma yang harum. Bandros sering disajikan dengan taburan kelapa parut di atasnya.

Kelezatan dan kenikmatan bandros membuatnya menjadi salah satu oleh-oleh yang sangat populer dan banyak dicari oleh wisatawan.

4. Cimol

Cimol adalah makanan ringan khas Cianjur yang terbuat dari adonan tepung tapioka yang dicampur dengan bawang putih, bawang merah, dan berbagai bumbu lainnya.

Adonan tersebut kemudian digoreng hingga matang dan menghasilkan tekstur yang kenyal dan renyah. Cimol memiliki rasa gurih dan sedikit pedas yang membuatnya menjadi camilan yang sangat disukai oleh banyak orang.

Jika Anda mencari oleh-oleh khas Cianjur yang unik dan lezat, jangan lewatkan untuk mencicipi cimol.

5. Talas Bogor

Talas Bogor adalah oleh-oleh khas Cianjur yang terbuat dari talas yang dipanggang atau direbus hingga matang, kemudian diberi siraman gula merah cair.

Makanan ini memiliki rasa manis, tekstur lembut, dan aroma yang menggugah selera. Selain sebagai oleh-oleh, talas Bogor juga bisa menjadi pilihan yang tepat sebagai cemilan atau pencuci mulut setelah makan.

Rasakan kelezatan talas yang diolah dengan cara tradisional ini dan Anda akan merasakan kenikmatan yang tiada duanya.

6. Manisan Kolang Kaling

Manisan kolang kaling adalah oleh-oleh khas Cianjur yang terbuat dari buah kolang kaling yang direndam dalam air gula hingga mengental.

Makanan ini memiliki rasa manis yang khas dan tekstur kenyal yang membuatnya menjadi camilan yang menyegarkan.

Biasanya dinikmati saat cuaca panas atau sebagai penyegar tenggorokan setelah makan. Jika Anda mengunjungi Cianjur, jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipi kelezatan manisan kolang kaling.

7. Leunca Goreng

Leunca goreng adalah oleh-oleh khas Cianjur yang terbuat dari leunca, yaitu jenis sayuran yang memiliki rasa sedikit pahit.

Dimana, leunca tersebut kemudian digoreng hingga renyah sehingga memiliki rasa gurih yang khas dan tekstur yang renyah, menjadikannya camilan yang cocok untuk dinikmati kapan saja.

Leunca Goreng juga kaya akan serat dan nutrisi, sehingga menjadi pilihan camilan yang sehat untuk Anda.

8. Kue Lumpur

Kue lumpur terbuat dari adonan tepung beras, santan, gula, dan telur. Adonan tersebut kemudian dipanggang atau dikukus hingga matang.

Biasanya, kue ini ditaburi dengan kelapa parut sebagai pelengkap. Kue lumpur memiliki tekstur yang lembut dan kenyal dengan rasa manis yang lezat, jadi sangat cocok di jadikan sebagai ide jualan makanan online.

9. Laksa Cianjur

Hidangan khas Cianjur ini terdiri dari mi beras yang dimasak dalam kuah santan kental yang gurih. Kuah santan tersebut diberi tambahan rempah-rempah seperti serai, daun jeruk, dan bumbu khas.

Biasanya disajikan dengan irisan telur, potongan ayam, dan taburan bawang goreng sebagai pelengkapnya.

Rasakan kelezatan kuah santan yang gurih dan mi beras yang kenyal dalam setiap gigitan laksa Cianjur yang menghangatkan perut dan hati.

10. Wedang Ronde

Wedang ronde adalah minuman hangat yang terkenal di Cianjur. Terbuat dari campuran bola-bola tepung ketan yang direbus dalam air jahe, serta diberi tambahan gula merah cair dan kelapa parut,.

Wedang ronde memberikan sensasi rasa yang unik dan menghangatkan tubuh. Biasanya disajikan dalam mangkuk kecil dan bisa dinikmati bersama keluarga atau teman.

Artikel Menarik:  Kerajaan Pontianak: Sejarah dan Kebudayaan yang Menarik

Bawa pulang wedang ronde sebagai oleh-oleh untuk memanjakan diri sendiri di rumah.

Kesimpulan

Oleh-oleh khas Cianjur merupakan bagian tak terpisahkan dari pengalaman wisata di Cianjur. Keunikan dan kelezatannya akan memanjakan lidah Anda dan menjadi bukti autentisitas budaya kota ini.

Dengan beragam pilihan makanan ringan, kue tradisional, dan minuman khas, Anda dapat memilih oleh-oleh yang sesuai dengan selera Anda atau sebagai hadiah untuk orang terkasih.

Jadi, jangan lupa untuk mencicipi oleh-oleh khas Cianjur saat Anda mengunjungi kota ini!