makanan khas australia
unsplash.com

Makanan Khas Australia yang Wajib Dicoba

Posted on

Australia adalah negara yang terkenal dengan keindahan alamnya, termasuk juga makanan khas yang unik dan lezat.

Mulai dari daging kanguru hingga Vegemite, ada banyak makanan khas Australia yang patut dicoba saat berkunjung ke sana. Berikut adalah beberapa makanan  Australia yang wajib dicicipi.

Vegemite

Siapa sih yang tidak kenal dengan makanan ikonik Australia ini? Vegemite adalah selai yang terbuat dari ragi dan sayuran yang sangat populer di negara kanguru.

Biasanya disajikan dengan roti dan mentega, rasa yang asin dan pahit mungkin tidak disukai oleh semua orang, tapi bagi banyak orang Australia, Vegemite adalah suatu keharusan untuk sarapan.

Lamington

Jika kamu ingin mencicipi makanan manis tradisional Australia, maka harus mencoba Lamington.

Lamington adalah kue yang terbuat dari sponge cake yang dipotong menjadi kotak-kotak kecil dan dicelupkan ke dalam cokelat dan taburan kelapa.

Rasanya yang manis dan lembut membuatnya menjadi camilan yang sangat populer di seluruh Australia.

Meat Pie

Makanan khas Australia ini pasti tidak akan membuat kamu kecewa. Meat Pie adalah pai isi daging sapi atau daging cincang yang disajikan dengan saus tomat.

Biasanya dimakan pada acara olahraga atau piknik di luar ruangan, bahkan menjadi salah satu makanan yang paling disukai oleh orang Australia.

Barramundi

Barramundi adalah ikan air tawar yang dijadikan hidangan utama di restoran-restoran Australia. Ikan ini biasanya dipanggang atau dijadikan steak dan disajikan dengan kentang goreng serta salad segar.

Dengan tekstur yang lembut dan rasa yang kaya, Barramundi pilihan yang sangat baik bagi mereka yang ingin mencicipi makanan laut di Australia.

Artikel Menarik:  Kenali, 6 Jenis Tari Kelompok Beserta Ciri Khas dan Keunikannya

Tim Tam

Tim Tam yaitu biskuit cokelat yang sangat terkenal di Australia. Dimana terbuat dari dua lapis biskuit dengan krim cokelat di tengahnya.

Beberapa orang Australia bahkan memiliki ritual khusus saat makan Tim Tam, seperti mencelupkannya ke dalam teh atau kopi.

Pavlova

Kue ini terbuat dari putih telur yang dikocok kaku dan gula, kemudian dipanggang hingga kering dan renyah. Biasanya disajikan dengan whipped cream dan buah-buahan segar, seperti strawberry dan kiwi.

Rasanya yang manis dan segar membuat Pavlova menjadi pilihan yang sempurna untuk makanan penutup.

Kangaroo Steak

Jika kamu ingin mencicipi makanan yang benar-benar khas Australia, maka harus mencoba Kangaroo Steak. Daging kanguru adalah sumber protein yang sangat populer di negara ini, sebab diolah menjadi steak atau burger.

Dengan tekstur yang mirip dengan daging sapi, makanan ini memiliki rasa yang unik dan sangat lezat.

Chiko Roll

Chiko Roll merupakan makanan cepat saji yang populer di Australia. Dimana terdiri dari daging cincang, sayuran, dan saus, yang dibungkus dengan kulit goreng.

Biasanya disajikan dengan saus tomat atau saus cabe, dan menjadi makanan favorit orang Australia untuk makan siang atau camilan di sore hari.

Anzac Biscuits

Anzac Biscuits adalah sejenis biskuit kering yang terbuat dari oat, kelapa, dan gula.

Awalnya dibuat untuk menghormati para tentara Australia dan Selandia Baru yang bertempur di Perang Dunia I, dan sekarang menjadi makanan penutup yang populer di seluruh Australia.

Fairy Bread

Fairy Bread sejenis camilan tradisional Australia yang terdiri dari roti putih yang diolesi mentega dan ditaburi gula warna-warni.

Artikel Menarik:  Tari Ronggeng, Kesenian Peninggalan Jawa Barat

Meski terlihat sederhana, Fairy Bread adalah camilan yang sangat populer di kalangan anak-anak Australia, bahkan sering disajikan pada pesta ulang tahun atau acara anak-anak lainnya.

Kesimpulan

Australia memiliki kekayaan kuliner yang sangat beragam, mulai dari makanan laut hingga daging merah. Makanan khas Australia di atas hanya beberapa dari banyaknya makanan yang bisa kamu nikmati saat berkunjung ke Australia.

Jika kamu ingin mencicipi makanan khas Australia, ada baiknya untuk mencoba beberapa makanan yang disebutkan di atas. Selain itu, kamu juga bisa mencari makanan khas Australia lainnya di restoran atau kafe lokal di seluruh Australia.

Nikmati kekayaan kuliner Australia dan jangan lupa untuk menikmati pengalaman kuliner yang unik dan berbeda selama kamu berada di Australia!